Tips Memilih Influencer untuk Bisnismu

Tips Memilih Influencer untuk Bisnismu – Beberapa tahun terakhir, tren influencer atau selebgram memang sedang marak. Mulai dari usaha kecil hingga brand besar gencar melakukan promosi  atau endorse dengan cara ini. Namun, dengan banyaknya pilihan influencer di luar sana, kamu harus cermat memilih, karena terkenal dan banyak followers saja gak cukup untuk dijadikan pertimbangan.

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

Simak beberapa tips di bawah untuk tau cara menentukan influencer yang tepat buat bisnismu:

Tips Memilih Influencer untuk Bisnismu

  • Sesuaikan karakter influencer dengan produkmu

Kamu wajib memperhatikan karakter influencer yang ingin kamu gaet, apakah sesuai dengan bisnis atau produk yang ingin kamu promosikan? Contohnya, produk kosmetik cocok diberikan kepada beauty influencer atau mereka yang sering kasih tips soal make-up. Kalau produkmu adalah produk fashion pria, maka carilah influencer pria yang sering bikin konten terkait dunia fashion. Hal ini penting untuk memastikan promosimu sampai ke audiens yang tepat.

Baca juga: Yuk, Cari Inspirasi Produk untuk Dipromosikan Lebih Banyak Affiliate!

  • Lihat cara influencer mempromosikan produk

Influencer yang baik adalah mereka yang bisa membuat audiens percaya dengan produk yang dipromosikan. Sayangnya, gak semua influencer mampu menghasilkan konten yang persuasif. Pilihlah influencer yang mampu membuat caption dan/atau ulasan produk yang “natural”. Perhatikan ulasan mereka, baik yang berupa tulisan maupun video, apakah membuatmu percaya kalau dia benar menggunakan produknya? Apakah kamu jadi terdorong untuk mencoba produknya?

  • Perhatikan tingkat engagement

Untuk mengetahui tingkat engagement, tidak cukup hanya melihat jumlah followers. Kamu juga perlu cek jumlah likes dan comment di setiap postingan mereka sebagai tolak ukur keterlibatan atau engagement atas produk dan jasa yang dipromosikan. Postingan dengan tingkat engagement yang organik dan baik biasanya memiliki jumlah likes dan comment yang proporsional terhadap jumlah followers. Biasanya, micro influencer (1.000 – 10.000 pengikut) adalah pilihan ideal bagi bisnis-bisnis kecil karena mereka cenderung memiliki audiens yang lebih aktif dan solid dengan biaya promosi yang relatif lebih murah.

  • Pilih influencer dengan reputasi baik

Tentu kamu ingin memiliki image produk yang baik di mata audiens. Maka dari itu, hindari mengasosiasikan produkmu dengan influencer yang sering menuai kontroversi karena hal ini dapat melekat pada brand atau produkmu. Pilihlah influencer yang memiliki citra diri positif dan kredibilitas tinggi.

Itu dia tips memilih influencer untuk bisnismu! Jangan lupa perhatikan tips diatas agar promosi bisnismu lebih maksimal. Selamat mencoba, Sellers!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller