Buat Pesanan Custom untuk Wujudkan Keinginan Pelanggan

Tahukan Anda? Pada saat berinteraksi dengan pelanggan sebenarnya terdapat keinginan terpendam yang bisa menjadi peluang besar untuk bisnis Anda! Pernahkah Anda mendapat pesanan namun kostumer memberi masukan agar pesanannya dibuat secara custom? Itu adalah salah satu peluang bisnis yang perlu Anda kembangkan melalui Pesanan Custom.

Custom Order atau Pesanan Custom adalah pembuatan produk yang disesuaikan dengan pesanan atau keinginan pelanggan Anda. Dalam menciptakan kepuasan pelanggan salah satu indikator yang harus diperhatikan adalah bagaimana bisnis Anda dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dengan menyediakan pesanan custom, Anda tidak hanya merealisasikan keinginan pelanggan, tetapi juga dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda, memperluas inventory bisnis Anda, bahkan dapat menjadi sumber ide untuk bisnis Anda kedepannya. Oleh karena itu, Tokopedia menyediakan fitur Pre Order untuk dapat mempermudah Anda dalam melakukan transaksi penjualan dalam bentuk pesanan custom.

Nah, setelah mengetahui lebih jauh mengenai pesanan custom, berikut merupakan tips untuk mengelola pesanan custom dalam bisnis Anda.

Tips Memenuhi Pesanan Custom

  1. Dengarkan baik-baik pelanggan Anda

Setiap pesanan custom pastinya dimulai dari sebuah interaksi. Sebagai penjual, pastikan Anda mendengar dan memahami setiap detail keinginan pelanggan. Pastikan interaksi tersebut berisi informasi yang lengkap, sehingga Anda mampu mewujudkan keinginan mereka secara tepat.  

  1. Sediakan format order atau ketentuan pembelian yang jelas dan rinci

Anda sebagai penjual pastinya akan merasa kesal kalau pembeli terus menanyakan hal yang sama secara berulang-ulang. Untuk menghindari hal tersebut cobalah membuat format order yang jelas dan lengkap pada deskripsi produk Anda sehingga lebih mudah dipahami oleh pembeli.

  1. Sesuaikan dengan kemampuan Anda

Dalam membuat pesanan custom, sesuaikan dengan kemampuan bisnis Anda. Jangan takut menolak pesanan bila memang pesanan tersebut tidak dapat terpenuhi karena Anda sendiri yang mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam menghasilkan produk tersebut.

  1. Tunjukkan ciri khas Anda

Jangan pernah lupa menambahkan ciri khas atau nilai tambah pada produk Anda. Hal tersebut yang akan membuat produk Anda berbeda dengan produk pesaing lainnya. Dengan menambahkan ciri khas tersebut, produk Anda akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh pelanggan.

  1. Selalu update

Dalam memenuhi pesanan custom, usahakan untuk terus melakukan update setiap prosesnya kepada pelanggan, agar mereka merasa aman saat berbelanja dengan Anda. Beri tahu dengan jelas berapa lama waktu pengerjaannya, pengiriman, material yang digunakan, membuat prototype (contoh awal) atau tidak, dan lainnya. Apabila terjadi perubahan, informasikan kepada pelanggan setiap detail perubahan tersebut.

  1. Belajar dari pengalaman

Jadikan setiap kesalahan sebelumnya sebagai pelajaran bagi Anda untuk memperbaiki dan meningkatkan performa produk Anda. Gunakan setiap feedback atau masukan yang diberikan oleh pelanggan sebagai motivasi untuk terus memajukan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.  

Jadi siapkah Anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani?

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller