Halaman Toko Menarik, Rahasia Bikin Pembeli Kalap Belanja!

Tips Membuat Halaman Toko Menarik – Tahukah kamu? Faktanya, orang cenderung memutuskan sesuatu berdasarkan perasaan atau sisi emosionalnya, termasuk ketika berbelanja online. Tak jarang pembeli yang niatnya hanya membeli satu barang, justru membeli lebih dari satu barang.

Pertanyaannya, apa yang membuat pembeli tertarik membeli barang-barang lain? Sebagai Seller, kamu pasti mau dong pembeli kalap belanja di tokomu? Simak rahasianya. 

Rahasia Bikin Pembeli Kalap Belanja

Ternyata oh ternyata! Setelah mencari barang di halaman pencarian Tokopedia dan menemukan produk yang dicari, pembeli tidak langsung membeli. Kebanyakan dari pembeli akan mengunjungi tokomu dan melihat tampilan tokomu secara keseluruhan. 

Ayo buat halaman tokomu semenarik mungkin!

Jangan hanya fokus memperbaiki deskripsi setiap produk yang kamu jual, tapi perhatikan juga halaman toko secara keseluruhan. Apakah tampilannya sudah menarik, bisa dipercaya, dan terlihat meyakinkan? Apakah ada produk lain yang bisa menarik hati pembeli? Pelajari tampilan halaman toko yang terbaru dan maksimalkan penggunaannya!

Tampilan terbaru halaman toko

Ada beberapa tab baru pada halaman toko yang perlu kamu ketahui.

1. Home

Khusus untuk Official Store, kamu memiliki satu tab tambahan, yakni tab ‘Home’ atau beranda. Di tab ‘Home’ ini kamu bisa menambahkan banner tokomu atau pun foto-foto menarik seputar bisnismu. Branding yang tepat bisa membuat tokomu semakin dikenal dan dipercaya pembeli, lho!

2. Produk

Di bagian ini, kamu bisa mengatur segala macam produk yang ada di tokomu. Agar terkesan rapi, gunakan pilihan etalase toko sehingga kamu bisa mengelompokkan produk sesuai kategorinya. Tampilan halaman produk yang baru memungkinkan kamu untuk mengatur dan melihat tampilan produk sesuai perspektif pembeli. Jadi kamu bisa merasakan buyer experience atau gimana sih rasanya jadi pembeli saat mereka belanja di tokomu.

Catatan: Setelah buka toko, segera upload produkmu! Jika dalam 90 hari sejak membuat toko kamu tidak mengupload produk, link tokomu akan dihapus secara permanen. Jika produkmu dihapus permanen, kamu harus mengulang langkah buka toko dari awal.

3. Feed

Di bagian ini, kamu bisa posting konten yang berkaitan dengan produk atau tokomu, misalnya promo toko, produk terbaru, ataupun konten edukasi seputar produkmu.

4. Ulasan Pembeli

Di bagian ulasan pembeli yang bentuknya seperti bintang, baik Seller maupun pembeli bisa melihat ulasan yang masuk untuk produk yang sudah terjual. Usahakan kamu mendapatkan ulasan bagus agar pembeli semakin yakin berbelanja di tokomu.

Selain empat tab utama tadi, di bagian atas halaman toko, ada bagian ‘Search’ dan ‘Pengaturan’.

5. Search atau kolom pencarian

Di bagian ini, pembeli bisa langsung menuliskan produk yang ingin mereka cari sehingga dapat lebih cepat menemukan produk dari tokomu.

6. Pengaturan

Di bagian pengaturan toko ini, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui untuk lebih memudahkan proses jual beli:

a. Dashboard Toko

Dari halaman toko, kamu bisa kembali ke halaman Dashboard Toko. Halaman ini berguna untuk mengawasi dan mengatur segala proses penjualan tokomu.

b. Ubah profil toko

Halaman profil toko sangat penting untuk diperhatikan karena berguna untuk mengenalkan tokomu dan lebih meyakinkan calon pembeli untuk belanja di tokomu. Pembeli bisa melihat badge tokomu, jumlah followers, serta beberapa keterangan seperti deskripsi toko.

c. Ubah catatan toko

Bagian catatan toko ini bisa kamu isi dengan informasi tambahan tentang tokomu, misalnya jam operasional toko, peluang untuk kerja sama sebagai supplier atau peraturan toko.

d. Ubah jam buka toko

Di halaman status toko, kamu bisa mengatur jadwal buka tutup tokomu. Ini berguna agar tidak ada pesanan masuk saat tokomu tutup atau sedang libur. Dengan begitu, kamu tidak harus melakukan pembatalan pesanan.

Ketika kamu klik tombol “Jadwalkan Tutup Toko”,  tokomu tidak langsung otomatis tutup saat itu juga. Kamu perlu mengatur “Tanggal Mulai Tutup” dan “Tanggal Berakhir”. 

Misalnya kamu ingin menutup toko di tanggal 6 Februari 2020 hingga 8 Februari 2020, maka di bagian “Tanggal Mulai Tutup” masukkan tanggal “6 Februari 2020” dan di bagian “Tanggal Berakhir” masukkan 9 Februari 2020.

e. Daftar Produk

Di bagian ini kamu bisa melihat daftar produk yang sudah kamu upload. Kamu bisa mengawasi apakah tampilan produkmu secara keseluruhan sudah baik atau belum.

f. Tambah dan edit koleksi

Kamu bisa menambah produk atau mengedit produk yang sudah ada. Masukkan produkmu ke dalam etalase agar lebih tertata rapi dan memudahkan pembeli belanja.

Tips buat halaman toko menarik

  1. Buat logo toko yang menarik dan meyakinkan pembeli. 
  2. Upload beragam produk dan pastikan kualitas fotonya baik.
  3. Sesuaikan tampilan halaman toko dengan branding tokomu.
  4. Isi bagian info toko dengan baik (berisi deskripsi toko, alamat toko, layanan pengiriman yang digunakan).
  5. Responsif dalam membalas diskusi dan ulasan yang masuk agar tab “Ulasan” tokomu bisa membuat pembeli yakin belanja di tokomu.
  6. Maksimalkan penggunaan etalase toko.

Ayo maksimalkan lagi tampilan halaman tokomu dan buat pembeli beli lebih banyak saat mengunjungi tokomu!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller