Penting! 3 Tips Logistik Biar Jadi Seller Cerdik

Salah satu cara membuat pelangganmu puas saat belanja di tokomu adalah dengan meningkatkan pelayanan, termasuk soal logistik pengiriman. Sebagai seller yang cerdik, kamu harus bisa mengelola logistik pengiriman dengan benar. Berikut ini 3 tips mengenai logistik yang bisa membuat jualanmu lebih lancar.

Tips Logistik Seller Cerdik

1. Pastikan kamu menginput resi dengan benar

1. Pastikan untuk input resi dengan benar

Periksa kembali bahwa kamu tidak melakukan kesalahan saat mengetik nomor resi. Apabila kamu salah mengetik nomor resi, nantinya akan muncul notifikasi “AWB Tidak Terlacak” atau “AWB Tidak  Valid”. Jika hal itu terjadi, penjual harus melakukan perubahan resi. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur AWB otomatis supaya kamu tidak perlu repot memasukkan nomor resi satu per satu. Penjelasan AWB Otomatis yang lebih lengkap bisa kamu baca di sini. Partner logistik yang sudah menyediakan fitur ini adalah seluruh partner pick up (SiCepat, AnterAja, Gojek, Grab, Ninja Express, dan REX), serta partner drop gerai (JNE, J&T, dan SiCepat).

2. Pastikan untuk kirim barang 1×24 jam setelah konfirmasi pesanan

2. Pastikan untuk kirim barang 1x24 jam setelah konfirmasi pesanan

Kapan konfirmasi pengiriman terjadi?

  • Apabila seller menggunakan partner logistik Pick Up, pengiriman akan terkonfirmasi setelah tombol “Request Pick Up” dipilih di platform Tokopedia.
  • Apabila seller menggunakan partner logistik Antar ke Agen/Drop Off, pengiriman akan terkonfirmasi saat AWB sudah ter-input di platform Tokopedia (baik menggunakan metode konvensional maupun menggunakan AWB otomatis).
  • Untuk pengiriman dengan metode AWB Otomatis, diharapkan seller melakukan drop off paket minimal 3 jam sebelum batas waktu pengiriman habis. Hal ini diperlukan karena proses pengiriman AWB ke sistem Tokopedia terkadang membutuhkan waktu.

3. Jika seller menggunakan kurir yang berbeda dari yang dipilih pembeli, seller cukup memasukkan resi terbaru

Jika terjadi perubahan kurir yang dilakukan oleh seller, sistem Tokopedia akan mengubah catatan kurir sesuai resi yang baru secara otomatis.

Meskipun bisa diganti secara otomatis, seller disarankan tetap menggunakan kurir yang sudah dipilih oleh pembeli dan tidak melakukan perubahan kurir. Apabila dilakukan perubahan kurir dan terjadi permasalahan saat pengiriman, dikhawatirkan pihak seller akan mendapatkan ulasan kurang baik atau komplain dari pembeli. Namun, apabila kurir pengiriman yang dipilih oleh pembeli sedang tidak beroperasi, seller diperbolehkan untuk melakukan perubahan kurir.

Perubahan kurir itu sendiri bisa dilakukan dengan dua cara:

  • Manual oleh seller dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

3. Jika kamu menggunakan kurir yang berbeda dari yang dipilih pembeli, kamu cukup masukkan resi yang baru. Nantinya, sistem Tokopedia bisa otomatis mengubah catatan kurir sesuai resi yang baru

  • Fitur Ubah Kurir Otomatis: Seller tidak perlu melakukan perubahan kurir secara manual di Seller Order Management, melainkan hanya perlu menginput resi tanpa perlu mengubah kurir pengiriman secara manual. Nantinya sistem dari Tokopedia akan mengubah kurir pengiriman atas resi yang ditulis secara otomatis.

Itu tadi 3 tips jitu yang bisa membuat jualanmu lebih lancar dan tidak mendapatkan komplain dari pembeli. Pembeli yang puas adalah salah satu keberhasilan bagi seller. Disimak baik-baik ya tips di atas, semoga tokomu semakin laris.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller