Tips Mudah Live Streaming untuk Pemula

Live Streaming untuk kemajuan bisnismu

Hai Seller, tahukah kamu jika calon pembeli lebih tertarik menonton video Live Streaming daripada membaca? Penelitian terbaru dari Livestream.com menemukan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada membaca tulisan dari brand tersebut. Jika kamu belum pernah coba Live Streaming, inilah kesempatanmu!

Apa itu live streaming?

Live Streaming adalah jenis konten video siaran langsung yang diunggah di media internet seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan Tokopedia Live Streaming tanpa direkam dan disimpan terlebih dahulu. 

Keuntungan melakukan live streaming untuk bisnis online

1. Menghubungkan brand dengan penonton

Live Streaming dapat digunakan untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Live Streaming pun dapat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk membangun engagement secara langsung.

Selain itu, Live Streaming juga dapat memberikan masukan atau pengalaman baru tentang persepsi calon pembeli terhadap tokomu. Saat Live Streaming, selalu berikan tanggapan atas respon penonton, agar proses engagement berjalan dengan efektif.

2. Memberikan konten yang fresh

Dengan live streaming, kamu dapat memberikan konten terbaru dan spontan. Selain itu, kamu juga dapat berbagi kabar menarik seperti diskon, promosi, atau info produk baru secara langsung. 

3. Membangun brand awareness

Kamu tidak hanya menarik perhatian followers, tapi menjangkau followers baru juga. Live streaming juga terasa lebih authentic dibanding jenis marketing lainnya seperti tulisan atau blog karena penonton akan lebih paham dan mengenali karakter dari live streaming-mu.

Baca juga: Baru! Promosiin Produkmu Lewat Live Streaming di Tokopedia Play

Tips live streaming untuk pemula

1. Persiapkan peralatan live streaming

  • Handphone

Nggak perlu menggunakan kamera mahal dan canggih, kamu bisa menggunakan handphone juga kok Seller. Pastikan baterai handphone-mu penuh dan internet lancar agar tidak ada kendala di tengah-tengah live streaming.

  • Tripod

Gunakan tripod agar kamu dapat menyesuaikan posisi kamera sesuai keinginanmu. Jika kamu ingin membuat video yang dinamis, disarankan menggunakan Gorillapod yang dapat kamu atur dengan lebih fleksibel.

  • Mikrofon

Gunakan mikrofon clip on jika kamu ingin membuat video yang dinamis dan bergerak. Kamu juga bisa menggunakan mikrofon jika kamu ingin membuat video yang statis.

  1. Mikrofon Lapel: Mikrofon ini dapat dipasang di baju kamu, biasanya di dekat kerah baju, dan dicolokkan ke jack headphone milikmu. 
  2. Mikrofon Directional: Seperti namanya, mikrofon ini menangkap suara yang diarahkannya. Itu juga terhubung ke jack headphone. Biasanya digunakan oleh presenter.
  • Background dan pencahayaan cukup

Perhatikan background dan pencahayaan yang kamu gunakan agar calon pembeli terpukau. Disarankan menggunakan background yang polos dan bersih serta pencahayaan yang terang agar wajah dan produkmu terlihat jelas. Jika perlu, kamu bisa menggunakan ring light untuk meningkatkan kualitas gambar.

2. Konsisten dengan konten dan visual

  • Lakukan live streaming dengan konsisten

Untuk meningkatkan brand awareness tokomu, pastikan kamu melakukan Live Streaming secara rutin dan konsisten. Lakukan beberapa hal berikut.

    • Umumnya 1-2 kali dalam 1 minggu agar produk atau tokomu semakin diingat oleh pembeli. 
    • Gunakan tema atau format yang konsisten agar memudahkan penonton mengingat brand atau merek tokomu.
    • Selalu berinteraksi dengan penonton agar terjalin komunikasi 2 arah
  • Buat judul menarik agar banyak yang nonton

Bukan hanya memperhatikan kualitas video, membuat konten dan judul yang menarik juga penting dilakukan. Untuk membuat konten yang menarik, kamu perlu memperhatikan jenis-jenis konten terlebih dahulu seperti tutorial penggunaan produk, launching produk terbaru, tanya jawab, atau promosi bersama influencer. Setelah itu, buatlah judul yang dapat mengundang rasa penasaran calon pembeli seperti “Obral sepatu di bawah 100k”, “Pertama kalinya ada di toko”, atau “Diskon Baju Hingga 50% Cuma Hari Ini”.

  • Perhatikan tampilan visualmu di depan kamera

Ketika asik menjelaskan produk atau promo tokomu, sesekali kamu harus melihat bagaimana tampilan visualmu di depan kamera. Jangan sampai, wajah dan produkmu tidak masuk ke layar kamera ya.

3. Berinteraksi dengan penonton

Saat melakukan live streaming interaksi dengan penonton juga dibutuhkan. Pembawaan yang santai juga akan membuat penonton lebih nyaman lho Seller. Dengan berinteraksi, dapat membangun hubungan yang erat antara penonton denganmu. Akrab dengan penonton juga bisa ikut mendongkrak jumlah penonton. Kamu cukup menyapa calon penonton atau membaca komentar mereka. 

Dari sejumlah komentar, tentu akan ada yang kamu sukai. Entah komentarnya lucu, menarik atau inspiratif. Kamu bisa mengapresiasi penonton yang memberikan komentar dengan membacakannya saat live berlangsung.

4. Promosikan Live Streaming di media sebelum mulai

Untuk menarik jumlah penonton lebih banyak, kamu perlu membuat promosi tentang live streaming-mu di berbagai channel media sosial agar mereka mempersiapkan waktu untuk menontonnya. Siapkan promo eksklusif untuk menarik minat mereka ya.

Nah, itulah tips mudah melakukan Live Streaming untuk pemula. Kini kamu bisa jadikan Live Streaming sebagai media untuk promosi produkmu ya, Seller.  Jangan lupa untuk daftarkan diri kamu di Live Streaming Tokopedia Play dan promosikan produkmu ke ribuan pengguna. Selamat mencoba!

Daftar Sekarang

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller