Tips dan Trik Cara Berjualan Produk Souvenir, Kado, dan Hadiah

Tips Jualan Souvenir, Kado, Hadiah – Saat ini banyak menjamur usaha terkait dengan souvenir, kado, dan hadiah. Mulai dari kemasannya sampai produk hadiah itu sendiri. Budaya orang Indonesia sering kali memberi bingkisan dalam banyak hal, seperti saat ibu baru melahirkan, ulang tahun, anniversary, graduation, dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi peluang untuk anda membuka bisnis souvenir. Simak tips dan trik berjualan produk souvenir, kado, dan hadiah berikut ini.

Tips Jualan Produk Souvenir, Kado, & Hadiah

Persiapan sebelum memulai usaha

  • Barang apa yang harus saya jual?

Selain perayaan ulang tahun, saat ini orang-orang juga merayakan hari spesial lain, seperti anniversary, farewell party, bridal shower, dan baby shower. Perayaan seperti ini tidak lepas dari kebutuhan perlengkapan pesta, misalnya balon, lilin, peralatan makan plastik, dan dekorasi. Anda bisa mulai berjualan perlengkapan pesta yang sedang tren dan banyak dicari seperti balon foil, bunting flag, dan sebagainya.

Bagi Anda yang hobi berkreasi, hasil kerajinan tangan Anda juga dapat menjadi peluang usaha. Anda bisa membuat hadiah, aksesoris, hingga kotak penyimpanan dengan menggunakan bahan baru ataupun bekas, contohnya botol, kain flanel, koran, dan bambu. Apabila Anda berjualan produk buatan sendiri, pastikan produk tersebut ready stock atau proses pembuatannya tidak terlalu lama karena produk Anda sudah harus dikirim ke customer dalam waktu 5 hari.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online Minim Resiko yang Bisa Anda Coba

  • Adakah tips untuk foto produk yang baik?

Foto produk yang berkualitas bisa membuat customer jatuh cinta pada pandangan pertama dengan produk Anda! Cara mendapatkan foto yang baik sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari dan latar belakang putih untuk memancarkan warna asli produk.

Ambil foto bagian depan, samping, belakang, dan detail yang membedakan produk Anda dengan produk lain. Pastikan bahwa foto produk Anda sama persis dengan produk asli yang akan diterima customer. Jika Anda ingin mencegah foto produk Anda diambil dan digunakan orang lain, tambahkan watermark dengan nama toko Anda pada setiap foto produk.

Baca juga: Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

Penjualan

  • Bagaimana caranya agar produk saya dilihat banyak orang?

Saat Anda mengunggah foto produk, perhatikan penamaan produk, karena hal ini akan berpengaruh pada muncul atau tidaknya produk Anda di halaman pencarian. Misalnya untuk produk toples hias, Anda dapat menamainya “Souvenir Toples Hias Flanel Handmade”.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan produk dilihat adalah dengan rajin mempromosikannya. Anda dapat memanfaatkan fitur TopAds untuk berpromosi.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Tokomu dengan TopAds!

  • Bagaimana cara menarik perhatian customer?

Foto yang baik dapat merepresentasikan sebuah produk, tapi deskripsi yang baik dapat menentukan laku atau tidaknya produk tersebut. Selain memberikan informasi tentang detail bahan, warna, dimensi, dan kegunaan produk, jelaskan juga apakah produk perlu perawatan khusus atau tidak, bagaimana cara menggunakannya, keunggulan produk tersebut, dan seterusnya.

Di samping itu, karena customer tidak bisa melihat produk Anda secara langsung, menulis deskripsi produk secara detail begitu penting. Dengan mencantumkan deskripsi yang lengkap, maka Anda akan mencegah timbulnya komplain pembeli mengenai ketidaksesuaian produk yang diterima.

  • Adakah cara untuk meningkatkan potensi pembelian dari customer?

Customer yang tertarik dengan produk Anda akan bertanya seputar detail dan ketersediaan produk pada fitur “Diskusi Produk”. Kecepatan dan keramahan dalam menjawab pertanyaan akan menjadi nilai tambah bagi toko Anda.

Hasil ulasan dari customer yang berhasil bertransaksi di toko Anda juga dapat menjadi pertimbangan bagi para customer baru yang berkunjung ke toko Anda. Pastikan mereka memiliki pengalaman berbelanja yang memuaskan di toko Anda.

After Sales

  • Akhirnya ada yang memesan produk saya, bisa berikan tips dalam pengemasan dan pengiriman produk?

Kemas produk Anda dengan rapi. Untuk produk pecah belah, sebaiknya tambahkan bubble wrap atau gunakan packing kayu untuk mengurangi risiko barang rusak di perjalanan. Sertakan pula sentuhan personal dalam produk yang Anda kirim seperti memberi bonus, ucapan terima kasih, atau lainnya sesuai kreativitas Anda.

Selain itu, pengemasan dengan plastik atau kotak bertuliskan nama toko atau brand Anda juga bisa menjadi poin plus di mata customer. Jangan lupa, jika Anda mendapatkan pesanan baru, Anda memiliki waktu 2 hari untuk meresponnya dan 3 hari untuk mengirim pesanan serta memasukkan nomor resi.

  • Bagaimana agar customer yang telah bertransaksi di toko saya tertarik untuk berbelanja kembali?

Setelah berbelanja, customer dapat memberikan ulasan/review terhadap produk Anda. Sebagai penjual, Anda juga dapat memberikan feedback berupa penilaian serta komentar terhadap ulasan pembeli. Berikan penilaian positif serta ucapan terima kasih kepada customer yang telah bertransaksi di toko Anda agar mereka merasa dihargai dan mempertimbangkan untuk kembali berbelanja di toko Anda.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online di bidang souvenir, kado, dan hadiah. Selamat mencoba dan selamat berjualan!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller