Tips dan Trik Jualan Produk Gadget

Tahukah kamu bahwa gadget seakan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia? Di jalan, di kantor, bahkan di kamar mandi, semua orang nampaknya enggan lepas dari perangkat elektronik satu ini. Hampir setiap bulan dirilis jenis ponsel/tablet terbaru, baik yang benar-benar inovasi baru maupun berupa update dari tipe sebelumnya.

Menariknya, sebagaimana hukum ekonomi universal berjalan, penawaran tidak akan datang tanpa adanya permintaan. Sama halnya dengan kemunculan beragam model ponsel dan tablet dari berbagai merek di seluruh dunia. Sesering dan sebanyak apapun ponsel dan tablet bermunculan, peminatnya seolah tidak pernah habis. Faktanya tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu ponsel atau bahkan rela mengeluarkan budget lebih agar bisa selalu update dengan ponsel-ponsel keluaran terbaru. Di Tokopedia sendiri, ponsel dan tablet berada dalam jajaran produk favorit dengan angka transaksi terbaik.

Jadikan ini sebagai peluang Anda untuk menjangkau pasar yang begitu luas. Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia siap menjadi mitra Anda dengan menyediakan sistem jual-beli online yang mudah dan aman. Ayo segera jual gadget di Tokopedia!

Tips dan Trik Jualan Produk Gadget

Bagaimana Saya Memulai?

  1. Lakukan riset pasar. Pelajari produk ponsel dan tablet seperti apa yang dibutuhkan oleh pasar Anda: apakah  smartphone atau feature phone, ponsel dengan harga terjangkau atau ponsel eksklusif, ponsel dengan kamera bagus atau ponsel yang unggul dalam hal game serta aplikasi, dan sebagainya. Jika sudah memutuskan, Anda bisa mulai membangun brand dari toko Anda. Atau jika ingin menyediakan semua jenis ponsel, Anda bisa memikirkan trik penataan toko yang rapi tanpa melewatkan sisi lengkapnya.
  2. Setelah selesai melakukan riset, bergabunglah dengan marketplace terpercaya, salah satunya Tokopedia. Di Tokopedia, sudah ada ratusan ribu penjual yang sukses melakukan transaksi hingga ke seluruh Indonesia.
  3. Unggah produk ke toko Anda. Berikan sentuhan personal di setiap produk Anda melalui foto dan deskripsi. Agar terkesan profesional, buatlah nama produk yang efektif dan efisien.
  4. Berikan penjelasan kepada calon pembeli mengenai apa saja yang akan mereka dapatkan jika membeli gadget tersebut di toko Anda, baik yang ada di dalam kotak/paket dari pabrik, maupun yang Anda berikan secara cuma-cuma sebagai bonus (ya, pembeli menyukai bonus!). Jangan lupa juga sertakan bagaimana bentuk pelayanan yang akan Anda berikan setelah mereka membeli produk tersebut, seperti bantuan klaim garansi dan sebagainya.
  5. Manfaatkan katalog! Tokopedia memiliki katalog khusus untuk memudahkan penjual gadget memasarkan produknya. Lewat katalog, pembeli bisa mencari gadget yang diinginkan berdasarkan filter yang bisa diatur, seperti merk ponsel, sistem operasi yang digunakan, fitur-fitur yang tersedia, hingga filter berdasarkan harga jual yang ditawarkan. Jadi penting banget untuk selalu memastikan produk Anda masuk ke dalam katalog yang sesuai agar pembeli bisa menemukannya di hasil pencarian katalog.

Bagaimana Saya Bisa Menjual?

  1. Promosikan produk Anda! Tokopedia menyediakan fitur promosi dan iklan agar produk Anda berpeluang muncul di halaman depan pada hasil pencarian. Lakukan promosi di jam yang tepat dan jangan lupa share di media sosial Anda. Promosi yang tepat sasaran tentu akan meningkatkan transaksi di toko Anda.
  2. Jawab semua pertanyaan. Pasti melelahkan menjawab semua pertanyaan pembeli yang jawabannya mungkin sudah ada di informasi yang Anda berikan. Namun, pastikan Anda tetap menjawab setiap pertanyaan dengan ramah dan cepat. Hal ini sangat penting karena memberikan kesan profesional yang membuat calon pembeli nyaman dan mempercayai Anda.
  3. Respon secepat mungkin. Jangan kecewakan pembeli dengan membuat mereka cemas menunggu Anda memproses pesanannya.
  4. Kemas dan kirimkan barang sebaik mungkin. Gadget adalah barang yang sangat rentan, jadi sebaiknya Anda mewajibkan calon pembeli membayar biaya asuransi (atau Anda bisa bayarkan untuk mereka demi pelayanan terbaik). Kemas ponsel dan tablet seaman mungkin untuk menghindari kerusakan saat pengiriman dan keluhan ketika barang sampai ke tangan pembeli.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelahnya?

  1. Jangan lupa ucapkan terima kasih. Pembeli akan merasa dihargai dengan hal sesederhana ucapan terima kasih. Dengan demikian, Anda juga membangun hubungan personal dengan pembeli sehingga tidak menutup kemungkinan ia akan menjadi pelanggan setia Anda.
  2. Jawab setiap respon dan komplain dari pembeli (jangan lakukan hit and run). Layani transaksi di toko Anda sampai benar-benar selesai. Melarikan diri dari komplain negatif hanya memperburuk citra toko Anda. Mungkin Anda berpikir bahwa beberapa pembeli sangat menyebalkan, namun perlu diingat bahwa bagaimana sikap Anda nantinya akan menentukan integritas Anda sebagai penjual.

Dari semua hal yang telah dijabarkan di atas, jangan lupakan bahwa komunikasi adalah satu-satunya cara terbaik untuk membangun bisnis. Selalu berpikir dari sudut pandang pembeli Anda. Bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh penjual, bagaimana Anda ingin dilayani sebaik mungkin, dan hal-hal kecil lainnya yang mungkin Anda lupakan lewatkan sebagai penjual.

Jadi, tunggu apalagi? Segera mulai bisnis gadget Anda di Tokopedia!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller