Tips dan Trik Jualan Produk Fashion & Aksesoris

Tips dan Trik Berjualan Produk Fashion & AksesorisFashion bukan cuma bicara soal pakaian saja, tapi juga aksesoris. Saat ini, peminat aksesoris nggak kalah banyaknya dari pakaian lho. Bahkan trend aksesoris terus berubah dengan sangat cepat. Makanya, jualan produk fashion dan aksesoris bisa menjadi ladang keuanganmu lho. Yuk simak bagaimana tips dan trik jualan produk fashion dan aksesoris.

Tips dan Trik Berjualan Produk Fashion & Aksesoris

Penelitian Kecil untuk Produk Kamu

  • Pantau Tren Terkini

Sumber gambar: Google

Selalu update informasi mengenai tren aksesoris terbaru yang dapat kamu temukan di berbagai majalah fashion, media sosial, atau dengan memantau gaya terbaru selebriti yang sedang naik daun. Kamu juga bisa memantau aksesoris ini di Google trend lho.

  • Pantau Perkembangan Pasar di Tokopedia

Sumber gambar: Tokopedia

Setelah mengetahui apa yang sedang menjadi tren, saatnya kamu memantau pasar di media penjualan. Di Tokopedia, kamu bisa melihat produk yang sedang dibahas para calon pembeli dengan mengurutkan tampilan produk berdasarkan menu “diskusi terbanyak”. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui produk-produk apa saja yang baru diunggah oleh para penjual lain dengan mengurutkan tampilan produk berdasarkan menu “terbaru”. Nah, selagi memantau produk yang menarik di Tokopedia, jangan mengabaikan harga jual yang ditawarkan oleh para penjual lainnya. Karena dari sana kamu bisa mendapat gambaran mengenai target pasar serta harga penawaran terbaik yang bisa diberikan. Yuk, mulai pantau pasar kamu!

Tampilkan Produk Anda Secara Menarik!

  • Dari Mata, Turun ke Hati

Sumber gambar: tokopedia.com/fordza-shoes

Hal utama yang dilihat pembeli sebelum membeli produk kamu adalah tampilan produk. Agar calon pembeli lebih tertarik, sebaiknya kamu menggunakan latar belakang polos dengan warna putih untuk setiap produk agar warna asli produk lebih terpancar. Akan lebih baik juga bila kamu menggunakan konsep On Model Photo agar konsumen mendapat gambaran mengenai tampilan produk saat digunakan.

  • Keyword dan Deskripsi Produk

Penamaan produk sangat penting untuk meningkatkan transaksi penjualan di toko kamu. Penamaan produk akan mempengaruhi muncul atau tidaknya produk kamu saat dicari oleh calon pembeli melalui search engine Tokopedia. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menuliskan nama brand, jenis, atau varian produk agar mudah dicari calon pembeli. Rumus membuat penamaan produk yang baik adalah:

Sumber gambar: tokopedia.com/fordza-shoes

Jenis Produk/Kategori Produk + Merek + Keterangan

Contoh: Sepatu Pria Pantofel Formal Sepatu Kerja Kulit Asli Model LV 076HT – Hitam, 38

Selain itu, deskripsi produk juga sangat penting karena pembeli biasanya membaca deskripsi produk terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan mencantumkan detail yang lengkap, proses transaksi bisa jadi lebih mudah dan mencegah kamu mendapatkan komplain di kemudian hari.

Sumber gambar: tokopedia.com/fordza-shoes

  • Cepat Membalas Diskusi Produk

Sumber gambar: tokopedia.com/sneackersori

Pesatnya perkembangan tren fashion & aksesoris memacu para penjualnya untuk menawarkan berbagai produk terbaru yang akan “memanjakan” pembeli. Hal ini secara tidak langsung akan memancing banyaknya pertanyaan dari pembeli pada produk yang memikat hari mereka. Untuk itu, sebaiknya kamu terus meningkatkan pelayanan toko kamu, terutama dalam hal kecepatan membalas diskusi/pesan sehingga pembeli tidak “melirik” toko sebelah.

  • Maksimalkan Fitur Etalase

Sumber gambar: tokopedia.com/cocoajewelry

Usahakan untuk selalu memperbarui Etalase toko kamu. Etalase bisa kamu modifikasi sedemikian rupa untuk memberikan informasi yang jelas dan terorganisir dari segi varian produk terbaru di toko kamu atau dari segi penawaran harga spesial untuk produk-produk pilihan kamu.

Pertahankan Konsumen kamu!

  • Pengemasan Terbaik dari Toko Kamu

 

Sumber gambar: Shutterstock.com/rido

Tidak hanya kualitas produk yang penting untuk diperhatikan dan menjadi titik pertimbangan pembeli untuk bertransaksi kembali di toko kamu, bagaimana kamu “mengantarkan” produk juga memegang peran penting. Kemaslah produk kamu semaksimal mungkin. Kertas kado, kardus polos, atau kertas koran (untuk konsep go green) yang dilipat dengan rapi bisa menjadi alternatif kemasan untuk membuat konsumen kamu merasa senang dan “tersanjung” saat menerima pesanannya tersebut.

  • Berikan Bonus/Hadiah untuk Konsumen yang Loyal

Sumber gambar: Shutterstock.com/oatawa

Berikan hadiah sebagai penghargaan atas segala curahan waktu dan biaya yang telah mereka berikan untuk tetap memilih toko kamu. Hal ini mungkin bisa menjadi nilai tambah bagi kamu sebagai penjual yang bersahabat sehingga mereka tidak merasa sia-sia berlangganan di toko kamu. Sebagai bentuk promosi, kamu juga bisa menghadiahi mereka salah satu produk terbaru atau produk cuci gudang.

Sekarang, kamu tidak perlu ragu lagi untuk terjun dalam persaingan yang ketat di kalangan penjual Fashion & Aksesoris. Jika pembeli sudah merasakan pelayanan terbaik, kamu hanya perlu menunggu mereka kembali berbelanja di toko kamu dan membuat transaksi di toko kamu mampu bersaing dengan para penjual lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan dirimu untuk mempraktekkannya!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller