Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2021
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller Advance

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Panduan Berjualan
  2. 6 Tips dan Cara Jualan Barang Bekas

6 Tips dan Cara Jualan Barang Bekas

Menjual barang bekas atau yang sering dikenal sebagai preloved …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Menjual barang bekas atau yang sering dikenal sebagai preloved pastinya memiliki strategi dan cara yang berbeda jika dibandingkan dengan menjual barang baru karena seseorang memiliki pertimbangan yang matang dalam membeli barang bekas. Walaupun harganya mungkin saja lebih murah, pasti orang tetap mencari kualitas yang sama seperti barang baru. Nah, untuk kamu yang ingin menjual barang bekas, ada baiknya terapkan tips jualan barang bekas ini yuk agar produk kamu laku dan cepat terjual!

7 Tips Jualan Barang Bekas

  1. Berikan Foto Detail

Hal ini penting apabila kamu menjual barang bekas secara online. Calon pembeli pasti ingin melihat detail-nya, mulai dari warna, detail jahitan, defect dan sebagainya. Ambil foto produk dengan latar belakang putih untuk hasil yang lebih terlihat bersih dan profesional. Kamu juga bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan foto yang jernih. Usahakan foto produk dari segala sisi beserta segala kekurangan produknya apabila ada untuk jualan barang bekas yang sukses.

Baca juga: Tips Membuat Foto Produk Lebih Menarik

  1. Foto Asli

Kamu harus mencantumkan foto barang sebenarnya yang kamu jual, jangan mengambil dari internet. Kondisi barang bekas milik kamu pasti akan berbeda dengan foto produk baru yang diambil dari internet. Dengan menggunakan foto produk kamu sendiri, hal itu akan membuat konsumen berpikir kamu adalah penjual yang jujur. Pembeli pun akan lebih nyaman untuk membeli barang bekas-mu.

  1. Sesuaikan Harga Dengan Barang

Semua barang bekas pasti ada yang masih bagus atau ada cacat. Apabila masih memiliki kualitas yang sama dengan barang baru, kamu tidak bisa memasang harga yang sama atau diatas harga barang baru, karena akan membuat calon pembeli tidak tertarik dan akan lebih memilih barang baru. Untuk barang yang sudah memiliki kekurangan atau cacat, kamu juga harus sesuaikan harga dengan kondisi yang ada.

Baca juga: Cara Menentukan Harga yang Tepat untuk Produkmu

  1. Deskripsi Yang Jelas

Berbeda dengan barang baru yang semua informasinya tersedia secara lengkap di internet, barang bekas memiliki kondisi yang berbeda. Hanya kamu sebagai penjual yang tahu kualitas barang bekas tersebut. Beri deskripsi yang jelas misalnya mengenai cacat pada barang, umur barang tersebut, ukuran, dan lain-lain. Yang terpenting berikan catatan plus dan minusnya dari barang tersebut.

  1. Cantumkan Alasan Dijual

Berikan alasan mengapa barang tersebut dijual, misalnya karena salah ukuran, salah warna, dan alasan lainnya, sehingga calon pembeli jadi paham mengenai produk yang akan dibelinya. Jangan lupa berikan alasan yang jujur demi mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap toko kamu.

  1. Rapikan Produk

Apabila kamu menjual baju, cuci bersih terlebih dahulu sehingga calon pembeli akan merasa puas dan merasa kamu menjual produk yang berkualitas walaupun bekas. Begitu juga jika kamu menjual sepatu, cuci bersih terlebih dahulu. Jangan jual dalam keadaan kotor karena akan membuat toko kamu punya citra yang buruk dimata pembeli.

Yuk, mulai jual barang bekasmu untuk uang tambahan di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

5 Cara Mengatasi Keluhan Customer dengan Baik

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

Pentingnya Branding Design untuk Marketing Bisnis Online

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

Tools untuk Tracking Keuangan Bisnis Anda

Panduan BerjualanDiperbarui 08 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual