Tips & Trik agar Bisnis Anda Tidak Bangkrut

Tips Hindari Bangkrut – Bisnis seperti layaknya roda yang berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Oleh karena itu, kamu harus selalu sedia dan bisa antisipasi jika sedang berada di bawah. Nah, untuk itu, cek tips dan trik hindari bangkrut berikut ini agar kamu siap sedia menghadapi kemungkinan surut dalam bisnis.

Tips Hindari Bangkrut

Siapkan Modal Awal Bisnis

Tips hindari bangkrut yang pertama adalah kamu harus mempunyai modal awal yang sudah jelas dan cukup untuk mendanai bisnis online kamu kedepannya. Dengan modal awal yang cukup sesuai planning, pastinya kamu akan lebih mudah untuk me-manage uang kamu dan tahu kemana dananya mengalir. Untuk itu, kamu harus mempunyai dana dan rencana yang jelas agar kedepannya tidak gambling ataupun salah langkah.

Kelola Keuangan Bisnis Kamu dengan Baik

Manajemen yang baik pastinya akan membantu kamu agar kamu dapat mengelola pengeluaran dan pemasukan kamu agar lebih baik. Perencanaan serta pengambilan keputusan juga menentukan masa depan bisnismu.

Tips keuangan lainnya, jangan pernah kamu mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis karena hal ini beresiko besar. Selain itu kamu juga harus mempunyai catatan setiap pengeluaran dan pemasukan bisnismu secara jelas. 

Melakukan Evaluasi Bisnis

Dengan kamu melakukan evaluasi bisnis, pastinya kamu akan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga dapat melihat perkembangan bisnismu mulai dari pembeli, kualitas produksi, sampai kebutuhan material yang kamu butuhkan untuk menunjang bisnis online kamu. 

Tidak cukup sampai disitu, pastinya setelah kamu mengetahui kekurangan bisnismu di segala sisi, kamu harus memperbaikinya agar di kemudian hari bisnis online-mu bisa berjalan lebih baik.

Mempunyai Jalan Kedua

Memiliki beberapa plan atau rencana sangatlah penting. Setidaknya jika kamu cukup merugi, kamu mempunyai cadangan kedua agar bisa bangkit lagi. Contohnya jika kamu pada saat pertama kali kamu berjualan kamu gagal, tetapi kamu mempunyai stock untuk bangkit lagi dan mulai dengan produksi, pemasaran yang lebih di tahun kedua. Oleh karena itu,  evaluasi sangatlah dibutuhkan dan pastinya cadangan dana agar jika kamu gagal, kamu tidak gagal seutuhnya dan dapat bangkit lagi.

Baca juga: Pentingnya Business Plan dan Cara Membuatnya

Berjualan dengan Marketplace yang Tepat

Satu-satunya jalan yang aman untuk kamu berjualan adalah dengan membuka toko marketplace yang terpercaya dan mempunyai pengunjung yang ramai seperti di Tokopedia. Selain itu, memiliki toko di marketplace juga bisa memberikan kamu keuntungan dan fitur dan promo yang dapat membuat bisnis online kamu berkembang.

Baca juga: Gak Pakai Ribet, Begini Cara Buka Toko di Tokopedia

Pilihlah Pinjaman yang Tepat

Pada akhirnya, bila kamu tidak ada jalan lain, yang harus kamu lakukan yaitu menggunakan jasa pinjaman untuk bisnismu. Pilihlah pinjaman yang kamu bisa pastikan bisa membayarnya.

Pilihlah pinjaman yang mempunyai angsuran cocok untuk bisnis kamu dengan bunga yang sedikit, contohnya dengan menggunakan Modal Toko dari Tokopedia. Modal Toko adalah fasilitas pinjaman dalam bentuk Limit Kredit yang dapat digunakan oleh Penjual sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usaha, seperti untuk tambah stok, tambah varian, dan berbagai hal yang berhubungan dengan bisnismu.

Baca juga: Pinjam Modal Usaha Makin Mudah & Fleksibel dengan Modal Toko

Itu dia tips hindari bangkrut yang perlu kamu ketahui. Intinya, jika memang bisnismu lagi ada di dalam masalah, kuncinya hanyalah tetap semangat berbisnis dan jangan menyerah. Yuk, mulai berbisnis dengan Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller