[Tokopedia Hijau] Langkah Kecil Bikin Bumi Senang!

Dalam rangka Hari Hutan Sedunia pada 21 Maret 2023, apa yang sudah kamu melakukan untuk bumi?

Diperbarui 15 Agt  • Baca 1 menit

Kondisi hutan dunia saat ini

Menurut Global Forest Resources Assessment 2020, dunia kehilangan sekitar 178 juta hektar hutan, terutama karena konversi lahan pertanian, urbanisasi, dan pembangunan infrastruktur. Ini menandakan, semakin modern kehidupan bumi, semakin terkikisnya lahan hutan.

Namun, masih belum terlambat untuk menolong bumi dan hutan kok. Menurut survei dalam , 75% generasi milenial rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk yang ramah lingkungan. Ini bisa menjadi peluangmu mengambil hati mereka dengan memberikan pelayanan yang ramah lingkungan bersama Tokopedia Hijau.

Jadilah Green Seller Tokopedia Hijau!

adalah usaha yang tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Idealnya, prinsip ini diterapkan di seluruh siklus bisnis, mulai dari pembuatan konsep hingga pembuangan.

Namun, kamu bisa menjadi Green Seller secara bertahap, misalnya dimulai dari mengganti bubble wrap dengan paper wrap. Langkah kecil ini pasti sudah sangat dihargai dan menarik hati pembeli.

Berikut adalah 4 panduan dasar untuk menjadi Green Seller.

1. Produk

2. Kemasan

Kemasan yang kamu perlu gunakan tidak hanya aman untuk barang tapi juga terhadap lingkungan. Untuk mengetahui alternatif kemasan ramah lingkungan kamu bisa baca

3. Pengelolaan sampah

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah kemasan, misalnya menawarkan program pengembalian kemasan. Pembeli bisa mengembalikan kemasan kosong kepadamu agar sampahnya dikelola dengan benar, atau untuk diisi ulang. Seller juga bisa bekerja sama dengan penyedia jasa pengangkutan sampah untuk mengumpulkan kemasan kosong dari produk kamu.

4. Carbon offset

Usaha rumahan bisa menghasilkan emisi, misalnya melalui penggunaan listrik atau penggunaan gas ketika kamu memasak bahan untuk berjualan.

Maka dari itu, Seller Hijau perlu melakukancarbon offset, yakni mengompensasi emisi yang dihasilkan dengan cara menanam pohon atau mangrove, memberikan akses air ke daerah sulit air, melakukan daur ulang, membuat kompos, atau sekadar berdonasi kepada organisasi yang bergerak dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Dengan mengikuti salah satu atau beberapa kriteria di atas, kamu telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan sudah menjadi bagian dari Seller Hijau!

Jika kamu sudah menerapkannya, jangan lupa tunjukkan branding ini di tokomu ya, Seller!

Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan PaprikaLiving.com

Yuk, cari tahu lagi!

Materi 2

Inspirasi alternatif kemasan

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual