Tips untuk Ekspansi Bisnis dari Toko Online ke Toko Offline

Tips Ekspansi Bisnis Online ke Offline – Melakukan ekspansi bisnis dari toko online ke toko offline bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar tokomu. Ketika produk dan tokomu sudah mampu menguasai pasar, berarti ini saatnya kamu melakukan ekspansi bisnis. Namun, ada baiknya kamu mempelajari dulu hal-hal yang sekiranya dapat membantu kamu dalam pembangunan ekspansi bisnismu.

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika akan melakukan ekspansi bisnis dari toko online ke toko offline, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tips Ekspansi Bisnis Online ke Offline

  • Diferensiasi Produk

Bagian ini merupakan hal yang sangat penting. Kamu harus tahu ciri khas desain brand seperti apa yang ingin kamu sampaikan pesannya kepada pembeli. Kamu harus menemukan ide utama yang jadi sumber inspirasinya. Tentu ide orisinil harus kamu ciptakan terlebih dahulu agar calon pembeli dapat dengan mudah mengenali identitas kamu sebagai brand bisnis yang memiliki nilai atau poin yang unik.

Contohnya, dengan membuat desain kemasan produk yang unik, produk kamu akan mencuri perhatian saat pengunjung toko offline melihat ke rak tempat peletak produk.

  • Ikuti Pameran Bisnis

Tanpa dipungkiri, ini adalah salah satu wadah untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan mengikuti pameran bisnis yang diadakan oleh EO ternama. Expo dapat menjadi ajang untuk terhubung dengan banyak pembeli offline. Ini sebagai strategi untuk memperkenalkan produk kepada pembeli baru yang selama ini belum tahu keberadaan produkmu.

  • Tetap Gunakan Toko Online

Kamu harus membangun image di media sosial secara profesional. Hal ini sangat penting karena di era digital ini, media sosial adalah wadah kamu untuk berkarir sebagai entrepreneur yang sukses. Dengan mengolah media sosial dengan profesional, kamu juga bisa menggunakan influencer atau buzzer dengan profesi model maupun publik figur untuk digunakan sebagai pemotretan brand kamu menggunakan model.

Selain itu, kamu juga bisa lebih luas menjangkau calon pelanggan baru dari toko online, terlebih lagi jika kamu memasang iklan. Di Tokopedia, kamu bisa menggunakan TopAds iklan untuk membantumu menjangkau lebih banyak pembeli.

Maka dari itu, manfaatkan kekuatan sosial media untuk menjadi power dalam bisnis kamu sehingga bisnis milikmu bisa terus berkembang dan maju.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

  • Pantau Kompetitor

Pesaing atau kompetitor kamu dapat memberikan banyak pelajaran yang sangat berharga. Dengan kamu memantau pesaing kamu, kamu jadi lebih mengerti apa saja yang kurang dari produk yang kamu jual. Jadi jangan abaikan pesaing kamu ya! Sebaliknya, pelajari dan lihat apa yang mereka lakukan. Misalnya bagaimana mereka menggunakan media sosial, media pemasaran apa yang mereka gunakan, bagaimana mereka mempresentasikan produk mereka, dan bagaimana mereka memberikan layanan pelanggan. Kemudian cobalah untuk membuat yang lebih baik atau memperbaiki apa yang mereka lakukan.

  • Gunakan Toko Online dan Offline Secara Bersamaan

Terus lakukan promosi dan pemasaran online, karena pada dasarnya bisnis kamu berbasis online. Untuk itu, manfaatkan dengan baik semua kanal penjualan online untuk meningkatkan penjualan, sembari mengharapkan penjualan dari toko offline. 

Ini merupakan sebuah keuntungan yang harus kamu maksimalkan, karena keduanya memiliki keuntungan yang dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online Minim Resiko yang Bisa Anda Coba

Nah, itulah tips yang bisa kamu coba jika ingin melakukan ekspansi bisnis dari berjualan online ke toko offline. Seorang pebisnis muda tidak boleh malas dan cepat menyerah saat mengejar mimpi. Mengenali passion sedini mungkin juga sangat penting.

Semoga tips untuk ekspansi bisnis dari toko online ke toko offline ini berguna untukmu. Selamat menjalankan bisnis yang menguntungkan untuk kamu dan berguna untuk orang banyak. Yuk, buka toko sekarang!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller