Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Dilayani Tokopedia
  2. 4 Tips Kembangkan Bisnismu dengan Dilayani Tokopedia

4 Tips Kembangkan Bisnismu dengan Dilayani Tokopedia

Seller Dilayani Tokopedia mari kumpul! Ini dia 4 tips mengembangkan bisnis dengan Dilayani Tokopedia

Diperbarui 23 Jun Baca 3 menit

Hai, Seller Dilayani Tokopedia!

Bagaimana penjualanmu bulan ini? Agar bisnismu semakin berkembang bersama Dilayani Tokopedia, ada 4 tips menarik untukmu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Pahami pentingnya branding toko

Branding adalah adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk membangun reputasi sekaligus menciptakan loyalitas yang kuat, sehingga tokomu bisa muncul sebagai pilihan utama di kepala para calon pembeli. Dengan branding, kamu juga bisa menyampaikan hingga menanamkan nilai dan pesan utama dari tokomu secara efektif dan relevan.

Branding toko yang bagus bisa membantu menjelaskan keunggulan produkmu dengan baik, sehingga calon pembeli bisa membedakan produkmu dengan produk kompetitor. Apabila hal dapat disampaikan secara relevan dan menarik, pembeli akan memilih untuk berbelanja di tokomu.

Tips membangun branding toko yang kuat:

  1. Kenali dengan baik target pembelimu agar kamu bisa lebih mudah menentukan strategi pemasaran yang tepat.
  2. Gunakan pesan yang mudah diingat dalam menyampaikan unique selling proposition (USP) produkmu.
  3. Agar pembeli semakin familiar, tampilkan logo toko di seluruh media promosi yang kamu gunakan. Ingat, ketika membuat logo toko, elemen visualnya tidak boleh melenceng dari pesan yang ingin kamu sampaikan ke pembeli, ya!
  4. Berikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli, sehingga mereka terkesan dan tidak kapok belanja di tokomu.

Pada akhirnya, branding yang baik bisa membuat pembeli lebih merasa aman dan nyaman dalam berbelanja. Sehingga, loyalitas pembeli pun menguat, bahkan turut meningkatkan kredibilitas serta performa finansial toko.

2. Maksimalkan keuntungan yang diperoleh sebagai Seller Dilayani Tokopedia

Untuk menciptakan pelayanan yang cepat, murah, dan aman, maksimalkan operasional tokomu dengan Dilayani Tokopedia. Selain itu, manfaatkan dengan baik beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai Seller Dilayani Tokopedia, yaitu:

  1. Bebas Ongkir Dilayani Tokopedia (dengan maksimal subsidi Rp150.000)
    Tingkatkan loyalitas pembeli dengan memberi pengalaman belanja yang menyenangkan menggunakan fitur Bebas Ongkir Dilayani Tokopedia tanpa batas kuota*
  2. Jaminan pengiriman cepat dan garansi tepat waktu
    Sebagai bagian dari keunggulan Dilayani Tokopedia, pengiriman cepat termasuk prioritas utama. Hanya dalam 1-2 hari produk bisa sampai di tangan pembeli, pun terdapat garansi jaminan tepat waktu secara otomatis. Rajin-rajinlah mempromosikan keunggulan ini agar pembeli semakin tertarik membeli produkmu.
  3. Eksposur khusus di halaman Dilayani Tokopedia
    Update stok dan tingkatkan ketersediaan produk di gudang Dilayani Tokopedia, terutama untuk produk-produk unggulan, agar brand dan tokomu bisa muncul di halaman utama Dilayani Tokopedia. Bahkan, Seller yang menyerahkan 100% pesananannya kepada Dilayani Tokopedia berkesempatan mendapat eksposur khusus di bagian Top Brand Dilayani Tokopedia yang bisa ditemukan di bagian paling atas halaman Dilayani Tokopedia.
  4. Tingkatkan penjualan dengan mengikuti kampanye
    Sebagai Seller Dilayani Tokopedia, kamu akan berkesempatan mendapatkan keistimewaan khusus dengan diikutsertakan ke dalam beberapa kampanye:
    - Tambahan kuota untuk Seller Dilayani Tokopedia terpilih yang mengikuti kampanye Kejar Diskon dan Category Campaign
    - Tambahan kuota di kampanye Kejar Diskon Spesial di tanggal kembar untuk Seller terpilih
    - Tambahan slot di halaman GoPay Kebut untuk Seller yang membeli paket melalui tim kategori
    - Kumpulan Toko Pilihan khusus untuk mengembangkan penjualan di luar Jakarta
  5. Kurangi risiko kehilangan pesanan karena stok kosong dengan fitur Pengingat Stok
    Jangan sampai mendekati masa kampanye kamu masih kewalahan menyetok produk karena sudah habis. Dilayani Tokopedia akan membantu mengingatkanmu dengan fitur Pengingat Stok. Kamu bisa mengatur waktu pengingatnya sesuai dengan waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan stok ulang, lho.

Nah, manfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk meningkatkan penjualanmu, ya!

*Wajib baca: Syarat dan Ketentuan Bebas Ongkir Layanan Dilayani Tokopedia

Baca juga: Jangkau Pembeli di Berbagai Kota dengan Dilayani Tokopedia

3. Konsisten melakukan promosi melalui media sosial

Manfaatkan media sosial sebagai ajang promosi untuk meningkatkan awareness toko dan promosi produk. Agar branding di media sosial berjalan dengan efektif, desain konten media sosial harus konsisten dengan tema brand tokomu. Kamu juga bisa membuat konten khusus yang unik dan bisa menjadi ciri khas tokomu.

Selain itu, perhatikan juga beberapa hal berikut:

  1. Konsisten dalam posting konten agar terlihat aktif dan tidak dilupakan calon pembeli
  2. Rajin memberikan informasi promo yang sedang berlangsung di tokomu agar semakin menarik minat pembeli
  3. Jangan lupa gunakan deep link tokomu di bio media sosialmu agar pembeli bisa diarahkan ke tokomu di Tokopedia dengan mudah. Kamu bisa menggunakan Linktree, Shorby, dll
  4. Tanggapi komentar serta pesan yang masuk dengan cepat dan ramah untuk menjaga kualitas pelayanan tokomu

Jika ada budget lebih, kamu juga bisa memanfaatkan influencer untuk berkolaborasi mempromosikan produkmu di media sosial. Namun, pastikan beberapa hal berikut, ya:

  • Reputasi influencer harus baik dan sesuai dengan image brand toko yang sedang kamu bangun.
  • Memiliki engagement tinggi serta kemampuan menjelaskan kelebihan produk dengan baik. Pastikan untuk menyelipkan keuntungan yang bisa diperoleh pembeli jika membeli produk di tokomu yang merupakan bagian dari Dilayani Tokopedia.
  • Rate card yang ditawarkan influencer jangan sampai di luar batas budget. Kamu dapat mengakalinya dengan menawarkan sistem barter jika influencer yang kamu ajak kerja sama termasuk kategori yang masih pemula.

4. Live streaming Tokopedia PLAY sebagai strategi pemasaran interaktif

Selain posting konten di media sosial, kamu juga bisa rutin mengadakan live streaming di Tokopedia PLAY setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali. Dengan menggunakan Tokopedia PLAY, kamu jadi lebih mudah untuk menarik calon pembeli dan semakin “mendekatkan” kamu dengan mereka.

Manfaatkan live streaming untuk peluncuran produk baru, review dan penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway.

Tips menjadi pembawa acara yang interaktif:

  1. Siapkan naskah. Pastikan dari mulai konsep, susunan acara dan durasi, hingga hal-hal apa saja yang mau kamu sampaikan sudah tersusun dengan matang.
  2. Gunakan bahasa tubuh yang santai namun tetap profesional, dan selipkan humor sesekali agar tidak tegang. Perhatikan juga intonasi bicaramu agar terlihat antusias dan terdengar renyah di telinga penonton, ya!
  3. Pakai baju berwarna terang agar terlihat cerah. Usahakan polos dan tidak bermotif ramai untuk menghindari terpecahnya konsentrasi penonton dengan apa yang kamu kenakan.

Ayo, saatnya kembangkan bisnismu bersama Dilayani Tokopedia dengan melakukan beragam tips di atas!

Apakah informasi ini membantu?

Ya
Tidak

Artikel Terkait

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual