7 Tips Bisnis Online Basic yang Wajib Diketahui untuk Kembangkan Usaha

Tips Bisnis Online Basic Semua orang yang memulai bisnis online tentu berharap bisa mencapai kesuksesan. Namun, membuat bisnis online menjadi sukses bukanlah perkara instan. Diperlukan waktu dan usaha serta perencanaan yang matang agar bisnis online tak hanya sukses tapi juga mampu bertahan dalam persaingan.

Untuk Anda yang ingin mengembangkan usaha online yang tengah dirintis, berikut beberapa tips bisnis online yang bisa diterapkan untuk mencari lebih banyak peluang dan mengembangkan bisnis online Anda.

Tips Bisnis Online Dasar

Ketahui, Mengerti, dan Pahami Customer

tips bisnis online dasar
Sumber gambar: The Blue Diamond Gallery

Keluhan atau keinginan pelanggan atau klien mungkin tak selalu mengenakkan. Tapi, bukan berarti semua komentar dan tanggapan negative tidak ada gunanya. Keluhan dan tanggapan buruk adalah salah satu cara untuk Anda mengetahui keinginan dari pasar.

Dengan menyampaikan keluhan, itu juga berarti pelanggan tersebut mengharapkan perkembangan dari kualitas produk yang Anda miliki, yang sama artinya bahwa ada potensi untuk memperbaiki produk tersebut.

Jadilah Berbeda

Terlepas dari produk dan jasa apa yang Anda tawarkan, sangatlah penting untuk membuat pelanggan membutuhkan produk yang ditawarkan, dan hanya Anda yang menawarkannya. Hal ini bisa didapatkan dengan selalu memberikan inovasi dan tampil dengan produk unik yang berbeda.

Berikan “X” factor pada produk yang Anda miliki sehingga tak ada kompetitor yang mampu memiliki nilai lebih seperti yang produk Anda tawarkan. Selain itu, selalu ingat bahwa tampil beda bukan berarti mengesampingkan fungsionalitas serta kegunaannya. Karena, tak semua hal yang berbeda adalah yang diinginkan pelanggan.

Terus Berlatih & Belajar Hal Baru

Meskipun bisnis online yang dimiliki sudah stabil, bukan berarti Anda boleh berhenti belajar dan berlatih. Setiap saat, pasar berkembang dan kompetitor akan terus bertambah. Untuk itu, pastikan selalu update pengetahuan dan kemampuanmu agar bisnis yang dimiliki tak hanya stabil, tapi juga berkembang dan mampu bertahan.

Gunakan wawasan dan pengetahun baru untuk berinovasi dan mencoba hal-hal baru. Mulai dari cara pemasaran baru, tambahan varian produk, hingga metode penjualan baru.

Data, Data, & Data

tips bisnis online basic
Sumber gambar: Pexels

Mengerjakan hal berbau data memang terdengar membosankan. Padahal, dengan data Anda bisa memantai posisi Anda di pasaran dan juga menentukan keputusan-keputusan bisnis kedepannya. Pastikan semua hal yang terkait bisnis online memiliki data yang terukur. Mulai dari pengeluaran, transaksi, pemasukan, hingga hasil dari metode pemasaran.

Seperti saat produk dipromosikan menggunakan media sosial, selalu pantau berapa interaksi dan juga transaksi yang didapat dengan biaya tertentu, bandingkan dengan media promosi lain. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui media mana yang lebih efektif dan bisa Anda investasikan sebagai media pemasaran dan promosi.

Kembangkan Koneksi dan Bangun Relasi

Koneksi dan Relasi adalah salah satu kunci kesuksesan yang sudah cukup populer, namun cukup sulit diterapkan. Koneksi dan relasi terhadap customer adalah salah satu yang terpenting, dimana kedepannya bisnis Anda akan bergantung pada transaksi dan kesinambungan antar produk dan konsumen.

Selain pelanggan, relasi pada rekan bisnis dan juga rekan bisnis potensial juga bisa masuk dalam daftar pekerjaan rumah Anda. Mulai dari vendor, jasa pengiriman, hingga pekerja yang Anda miliki adalah rekanan yang tak kalah penting untuk memastikan bisnis online mampu berkembang.

Fokus & Konsisten

Tips bisnis online dasar selanjutnya adalah selalu fokus dan konsisten. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, apalagi jika tidak didukung data yang akurat. Kesuksesan sebuah produk tidak datang secara instan, diperlukan waktu untuk memastikan apakah produk ini sudah terjangkau pasar dan apakah pasar menyukainya.

Selama periode tersebut, fokuslah pada pengembangan dan pemasaran produk tersebut tanpa bereksperimen pada produk baru lainnya apalagi sampai pindah jalur.

Tambah Bantuan, Sebelum Keteteran

Menambah tenaga kerja mungkin membuat Anda harus mengeluarkan biaya modal. Namun, menambah tenaga bantuan di saat yang tepat justru akan membantu meningkatkan kapasitas produksi yang berujung pada meningkatnya keuntungannya. Lagipula, dengan sumber daya yang lebih, Anda bisa memantau dan memastikan kualitas dari produk, apalagi saat produk dan bisnis tengah berkembang.

Sebelum Anda keteteran karena bisnis online yang berkembang, persiapkan tenaga kerja yang memadai.


Selain tips dan trik mengembangkan bisnis online tersebut, integritas dan kejujuran adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis yang tak boleh Anda sepelekan. Selamat memulai dan kembangkan bisnis online Anda.

Pinjaman Mitra Toppers

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.