Tips Jitu Menjalankan Bisnis Kuliner Online

Tips Bisnis Kuliner – Saat ini, membuka sebuah bisnis kuliner memang sangat digandrungi banyak orang. Kalau dulu bisnis kuliner harus memiliki toko atau gerainya, kini bisnis kuliner bisa dilakukan secara online. 

Bisnis kuliner merupakan sebuah lahan usaha yang kerap kali dianggap memberi banyak keuntungan. Dengan modal yang tak besar, kamu bisa mengambil untung hingga 100%.

Namun disamping memiliki banyak kelebihan, tentu ada kelemahan dari bisnis kuliner online ini. Contohnya seperti ketika makananmu tidak laku dan tidak bisa dijual lagi keesokan harinya. Atau banyaknya kompetitor karena banyak orang berbondong-bondong membangun bisnis makanan, mulai dari warung kaki lima, warung sederhana, restoran cepat saji, restoran mewah dan lain sebagainya.

Tapi tak perlu khawatir, Sellers! Setiap hambatan pasti memiliki solusi bila ada kemauan dan tekad yang besar. Nah, agar bisnis kuliner online Anda lebih lancar, simak tips dibawah ini.

Baca Juga: Tips dan Trik Jualan Produk Makanan & Minuman

Tips Bisnis Kuliner Online

1. Aktif di sosial media

Namanya berjualan online, tentu kamu harus aktif di media sosial. Dengan aktif dalam media sosial, kamu akan lebih update terhadap jenis makanan apa yang sedang digemari oleh masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari makanan-makanan yang sedang viral saat ini.

2. Rutin mengadakan promo dan terus mengeluarkan Inovasi baru 

Masyarakat sangat suka dengan promo. Tak jarang mereka rela antri panjang demi mendapatkan promo harga. Karena itu, buatlah jenis-jenis promo menarik untuk memikat konsumen. Selain itu, rajinlah untuk mengeluarkan menu baru agar konsumen atau pembeli kamu tidak bosan.

Baca juga: Strategi Pintar untuk Promosi Gratis Ongkir

4. Melakukan endorsement ke selebgram atau influencer

Agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui usahamu tak ada salahnya jika melakukan media promosi dengan cara ini. Tujuannya agar masyarakat lebih percaya dengan usahamu. Selain itu, orang-orang cenderung akan membeli sesuatu jika idolanya mencoba terlebih dahulu. Jadi dengan menggunakan teknik endorsement, walaupun kamu harus mengeluarkan modal lebih besar, percayalah uang tersebut akan kembali berkali-kali lipat.

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

5. Ramah terhadap pengantar makanan online

Bukan hanya ramah terhadap pelanggan, tapi kamu juga harus ramah terhadap para pengantar atau kurir online. Karena usaha kuliner online kamu akan lebih sering berinteraksi dengan pengantar online ini. Jalin hubungan yang baik dengan mereka agar usahamu dimudahkan.

6. Ikut acara bazar

Walaupun kamu lebih fokus dalam menjalankan usaha kuliner ini secara online, tapi tak ada salahnya untuk mengikuti acara bazar atau pop-up market. Karena dengan acara ini, kamu bisa lebih memperkenalkan jenis usaha kuliner yang biasanya hanya berkomunikasi melalui media sosial. Jika kamu mengikuti acara bazar kamu bisa berinteraksi langsung dengan para konsumen.

7. Terus konsisten dalam rasa

Apapun yang menu makanan yang akan diperjual belikan secara online, perhatikanlah citra rasanya. Masakan dengan rasa yang nikmat akan bertahan lebih lama dan memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Terkadang, kebanyakan pemilik bisnis kuliner selalu mengurangi bumbu atau mengganti bahan baku yang lebih murah untuk memperbanyak keuntungan dan menekan modal dan hal ini berpengaruh pada citra rasa masakan mereka. Bukan tidak mungkin, para pelangganmu akan pergi dan membeli produk lain dengan rasa yang lebih enak. 

Jenis usaha online sangat memudahkan kamu yang ingin memulai sebuah usaha. Karena bila mempunyai gerai bisnis offline tentu tak sedikit modal yang diperlukan. Tapi semua usaha pasti memiliki rintangan, dan kamu harus melewati rintangan tersebut sehingga usaha bisa makin sukses.

Yuk, mulai usaha kuliner dengan online! Dangan hanya hobi makan, salurkanlah hobimu menjadi pundi-pundi uang hingga keuntungan! Wujudkan impian memiliki usaha kuliner online dengan Tokopedia.

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller