Tips Bisnis “Jastip” atau Jasa Titip Online Yang Menguntungkan

Tips Binsins Jastip – Jasa titip “jastip” beli barang merupakan ide bisnis yang sedang marak di dunia online. Dengan modal kecil, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Untuk modal, kamu bisa menggunakan uang konsumen sebagai modal awal dengan cara menerapkan sistem pembayaran down payment. Konsumen mengirimkan uang sejumlah total harga barang yang sudah ditentukan, lalu penjual membeli dengan uang tersebut.

Cara bisnis jastip pun tidak sulit, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya perjalanan domestik maupun ke luar negeri dan membelikan barang titipan pembeli. Lalu, dapat keuntungannya dari mana? Kamu bisa menetapkan tarif untuk setiap barang, di luar harga barang tersebut. 

Untuk kamu yang suka traveling ke luar negeri dan mengunjungi pameran-pameran unik atau berburu diskon, jasa titip merupakan peluang bisnis yang cocok untuk kamu. Jalan-jalan sambil berbisnis ringan terdengar sangat menyenangkan, kan? Simak beberapa tips jastip di bawah agar bisnis jastip kamu bisa laris manis!

Tips Bisnis Jastip

  • Ketahui Target Pasar

Target pasar paling pas untuk kamu yang baru memulai bisnis ini adalah teman-teman, keluarga, dan kerabat di akun sosial media kamu. Biasanya, orang-orang yang malas memikirkan antrian, biaya pengiriman dari luar negeri, dan orang yang sangat sibuk akan mencari jasa titip online. 

Baca juga: Tentukan Target Pasar yang Sesuai dengan Fitur Statistik Toko

  • Tentukan Jenis Barang yang Ingin Dijual

Cari tahu mengenai produk apa saja yang jarang ditemukan, tetapi diinginkan dan dicari oleh banyak orang. Produk kosmetik atau fashion merupakan salah satu contoh jenis barang yang paling banyak peminatnya. Apalagi terdapat banyak produk yang tidak masuk ke dalam negeri atau sedang habis stok.

Kamu juga bisa menawarkan jasa titip untuk produk dari pameran atau acara khusus yang diadakan di dalam negeri. Biasanya, banyak orang yang malas beramai-ramai datang dan lebih senang menggunakan jasa titipan online dan membayar biaya tambahannya.

  • Lakukan Promosi

Di era yang serba digital ini, terdapat banyak platform untuk kamu yang ingin mempromosikan bisnis jasa titip kamu. Mulai dari Twitter, Instagram, Facebook, dan platform e-commerce seperti Tokopedia. Pastikan untuk selalu mencantumkan spesifikasi dasar barang yang jelas, dari berat, bentuk, harga, dan kualitas produk. Lebih baik lagi, kamu bisa juga mencantumkan kelebihan dan kekurangan produk yang dijual di bagian deskripsi produk, agar konsumen bisa mempertimbangkan sendiri tanpa harus bertanya panjang lebar.

Mulai promosi sekarang dengan Voucher Toko Tokopedia!

Buat Voucher Sekarang

Baca juga: Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

  • Ketahui Peraturan dari Tempat yang Dikunjungi

Biasanya, beberapa negara dan maskapai penerbangan yang akan kamu kunjungi memiliki peraturan tersendiri mengenai limit bagasi dan jenis barang yang bisa dibawa. Jadi, kamu harus memikirkan dan memperhitungkan jenis barang yang dijual, agar perjalanan kembali ke dalam negeri tidak terganggu. Kamu bisa menetapkan batas kuota pembelian untuk setiap produk yang tidak bisa dibeli dalam jumlah terlalu banyak.

  • Patok Harga yang Terjangkau 

Untuk mendapatkan keuntungan, pelaku bisnis jastip harus menentukan harga di luar harga asli barang. Hal ini dilakukan untuk menutupi biaya jasa, konsumsi, dan perjalanan yang akan ditempuh oleh penjual. 

Kamu bisa mengkategorikan biaya berdasarkan jenis barang yang dibeli. Misalnya, untuk produk kosmetik biaya yang dikenakan adalah Rp 15.000 per produk, lalu untuk produk fashion biaya yang dikenakan adalah Rp 10.000 per produk. Agar konsumen lebih tertarik lagi, kamu bisa mengadakan promo seperti mengenakan biaya Rp 25.000 untuk tiga produk kosmetik, misalnya.

  • Selalu Update Tren dan Diskon di Tempat Tujuan

Hal ini berkaitan juga dengan tips sebelumnya mengenai promosi yang menarik dan produk yang ingin dijual. Agar toko ramai pengunjung, kamu harus selalu update tren barang yang sedang dicari dan juga memperbarui katalog produk, jika terdapat diskon terbaru. 

  • Tanggap dalam Membalas Pertanyaan

Sebelum dan ketika memesan barang titipan, pasti konsumen memiliki banyak pertanyaan baik mengenai spesifikasi barang atau permintaan khusus lainnya. Tugas kamu sebagai penjual yang baik adalah menanggapi pertanyaan dan permintaan konsumen sesegera mungkin. Hal ini sangat diperlukan agar konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan dan akan kembali lagi untuk jastip berikutnya yang akan kamu adakan.

Itu dia, berbagai macam tips untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis jasa titip online luar negeri dan acara-acara khusus. Jangan lupa untuk menghitung biaya operasional seperti konsumsi, transportasi, dan tenaga yang digunakan untuk mencari barang permintaan konsumen.

Ternyata tidak sulit kan, untuk memulai bisnis jastip? Tunggu apalagi, segera buka toko dan mulai bisnis jasa titip online-mu di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller