5 Tips Sukses Bisnis Batik Online

Tips Bisnis Batik – Batik berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis adalah sebuah teknik menggambar diatas kain dengan memanfaatkan lilin dan canting sebagai bahan dan alat untuk membuatnya. Batik merupakan salah satu karya seni rupa terapan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pakaian. 

Denganmodel dan motif busana batik yang berkembang sangat pesat, bisnis batik juga sangat populer belakangan ini. Bagi kamu yang ingin memulai usaha batik rumahan, berikut tips sukses bisnis batik.

Tips Bisnis Batik

  • Pahami Jenis Batik

Sebelum memulai bisnis batik, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu jenis batik karena banyak sekali jenis batik yang ada di Indonesia dan setiap jenisnya memiliki arti yang berbeda-beda.

Kamu harus paham dengan motif dan asal batik tersebut karena hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menjelaskan kepada calon pelanggan dan dapat membuat pembeli semakin yakin dan tertarik dengan batik yang kamu jual.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Fashion untuk Pemula

  • Tentukan Target Market

Sebelum memulai bisnis, hal paling dasar yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target pasar. Penentuan target pasar berfungsi untuk memfokuskan produk yang akan kamu jual. Dengan menentukan target pasar di awal memulai bisnis, kamu dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis model seperti apa yang akan kamu jual.

Sebaliknya, jika kamu tidak menentukan secara pasti siapa target market kamu, maka kamu akan sulit menentukan pemasaran dan produk yang ingin dipasarkan. 

Baca juga: Optimalkan Bisnismu dengan Fitur Wawasan Pasar

  • Perhatikan Kualitas Barang

Sangat penting bagi kamu untuk menemukan suplier terpercaya yang memiliki kualitas barang terbaik dan harga yang sesuai. Hal ini sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap kepercayaan pembeli.

Tak hanya di dalam negeri saja, peminat batik pun juga berasal dari luar negeri. Maka dari itu kesempatan bagus untuk memasarkan bisnis batik kamu sampai ke mancanegara. Demi mencapai ini, kualitas barang perlu diperhatikan.

  • Aktif di Media Sosial

Kamu harus membangun image di media sosial secara profesional. Hal ini sangat penting karena di era digital ini, media sosial adalah wadah kamu untuk berkarir sebagai entrepreneur yang sukses. Dengan mengolah media sosial dengan profesional, kamu juga bisa menggunakan influencer atau buzzer dengan profesi model maupun publik figur untuk digunakan sebagai pemotretan brand batik kamu menggunakan model.

Selain itu, jika sebuah fashion item dikenakan oleh orang yang terkenal, maka akan ada banyak orang yang menginginkannya. Dengan demikian, bisnis batik kamu akan berjalan dengan lancar.

Baca juga: Mau Produkmu Diiklankan Artis? Pakai Affiliate Marketing!

  • Buka Toko Online dan Offline

Membuka toko secara online maupun offline akan menjadikan image kamu lebih terkenal di pasaran. Kamu harus memiliki tempat sebagai transaksi bisnis karena hanya dari sinilah calon pembeli bisa langsung berhubungan dengan kamu. Jika kamu belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar, maka mulailah dari yang kecil namun menarik, seperti memulai dengan membuka toko online.

Baca juga: Tips untuk Ekspansi Bisnis dari Toko Online ke Toko Offline

Jika kamu membuka toko secara online, kamu sangat dianjurkan untuk mem-posting konten atau hasil pemotretan brand batik kamu semenarik mungkin dan unik. Karena itu sangat berpengaruh sekali dalam menarik pelanggan untuk membeli jualan kamu.

Tentu saja cara diatas tidak akan berhasil jika kamu tidak benar benar berniat dalam hati untuk memulai bisnis. Seorang pebisnis muda tidak boleh malas dan cepat menyerah saat mengejar mimpi.

Semoga tips sukses bisnis batik online ini berguna untuk kamu ya, Sellers! Yuk, mulai bisnis batikmu dengan Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller