Tokopedia

Topik

  1. Uncategorized
  2. Tips Bikin Kartu Nama: Media Promosi, Minim Investasi!

Tips Bikin Kartu Nama: Media Promosi, Minim Investasi!

Setelah memulai usaha, hal pertama yang wajib dilakukan adalah …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Setelah memulai usaha, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencetak kartu nama. Kartu nama masih menjadi alat pemasaran yang berharga pada kalangan bisnis saat ini karena dirancang untuk memperkenalkan bisnismu kepada suatu komunitas atau perorangan. Dibandingkan dengan media promosi lainnya, kartu nama mempunyai biaya yang paling murah lho.

Mengapa kartu nama itu penting? 

Kartu nama adalah salah satu media promosi yang sangat mudah dan murah diaplikasikan, karena sifatnya yang permanen dan ringan untuk dibagikan kepada rekan-rekan dan untuk meningkatkan brand awareness toko dan produk. Ini dia alasan kenapa kartu nama penting buat bisnismu:

1. Berisi poin penting identitas usahamu

Mempunyai kartu nama akan berdampak besar bagi usaha. Kartu nama bukan saja sebagai tanda pengenal, tapi dapat merepresentasikan usaha dan sebagai media informasi atas produk yang dijual. Dalam selembar kartu nama, biasanya akan tercantum logo usaha, nama, nomor HP, dan alamat.

2. Simpel dan mudah dibawa

Kartu nama juga mempunyai fungsi sebagai brosur mini sekaligus etalase bisnis yang dapat diisi dengan informasi toko. Selain itu, bentuk kartu nama yang kecil bisa menjadi kelebihan karena mudah dibawa kemana-mana.

3. Mudah didistribusikan

Kartu nama dapat menghubungkan banyak orang. Semakin banyak yang disebar, maka semakin banyak pula peluang yang mungkin akan datang. Oleh karena itu, kartu nama bisa dijadikan media promosi yang mudah dan murah dalam penggunaannya.

4. Dapat sebagai koleksi

Berbeda dengan media promosi lainnya yang harus selalu mengikuti tren, kartu nama bersifat jangka panjang karena kartu nama yang telah dibuat dapat dijadikan koleksi bagi sebagian orang.

5. Meningkatkan citra dan menumbuhkan kepercayaan

Kartu nama dapat mencerminkan pemilik dan usaha yang sedang dijalankan. Dengan membuat kartu nama yang baik tentu akan dapat meningkatkan citra pribadi dan usaha yang kamu punya. Selain itu kamu juga bisa menumbuhkan kepercayaan dengan memberikan informasi yang unik.

5 tips mudah membuat kartu nama

1. Gunakan logo yang memikat

Bila kamu sudah mempunyai logo toko, pastikan bahwa logo tersebut sudah efisien. Logo yang efisien akan meningkatkan kemungkinan untuk dikenal. Logo yang baik harus memiliki ciri khas yang kuat, mengandung pesan yang tepat, mudah diaplikasikan, memiliki grafis yang menarik perhatian, bentuk yang sederhana, serta dapat menjangkau target yang telah ditetapkan.

2. Sertakan informasi penting untuk meningkatkan kepercayaan

Informasi yang wajib ada pada kartu nama adalah Nama, Nama Toko, Informasi Kontak, Logo serta Slogan Tokomu. Dengan hal wajib tersebut ada pada kartu namamu, maka kepercayaan akan tokomu akan meningkat.

3. Gunakan font yang simpel

Font yang simpel dan sederhana adalah kunci utama dalam sebuah kartu nama. Font yang sering digunakan adalah Sans Serif. Dengan pemilihan font yang tepat, kartu nama kamu akan terlihat profesional dan tidak berlebihan.

4. Pilih warna yang tepat

Warna mempunyai daya tarik sendiri dalam sebuah kartu nama. Dengan warna yang tepat, akan menarik minat pembaca untuk melihat dan membaca kartu nama yang kamu berikan. Gunakan warna yang aman seperti hitam, putih, atau biru; yang lebih umum dan cenderung cocok untuk berbagai macam bisnis. Tapi, jika kamu mempunyai warna sesuai dengan branding tokomu itu juga dapat digunakan.

5. Sisipkan kata motivasi di belakang kartu nama

Berikan alasan agar kartu namamu disimpan. Kamu bisa sisipkan kalimat motivasi di belakang kartu nama dengan tujuan memberikan pesan kepada pembaca untuk menyimpan kartu nama yang kamu berikan.

Contoh kartu nama yang baik:

Mau cetak kartu nama? Pakai Tokopedia Print aja!

Tokopedia Print adalah sebuah fitur terbaru Tokopedia khusus untuk membantu kamu melengkapi kebutuhan printing produk jualan. Mulai dari mencetak kemasan sampai print stiker label branding produk yang dapat dengan mudah dilakukan dari rumah melalui aplikasi Tokopedia. 

CEK SEKARANG

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kini Hadir JNE Online Booking & Cashless, Dapatkan Cashbacknya!

UncategorizedDiperbarui 25 JanBaca 2 menit
top description

BARU! Rekomendasi Kata Kunci! Iklanmu jadi Lebih Gampang Ditemukan

UncategorizedDiperbarui 21 JanBaca 2 menit
top description

Kenali Fitur Baru, Fitur Jaminan Ready Stock untuk Power Merchant, Bebas Biaya!

UncategorizedDiperbarui 19 JanBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan