Tips dan Langkah Mudah Berjualan Produk Perawatan Bayi

Tips Berjualan Produk Perawatan BayiProduk perawatan bayi merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena banyak ibu muda yang saat ini baru memiliki bayi lebih memilih untuk  berbelanja secara online.

Dalam berbisnis sendiri, seringkali kita dituntut untuk kreatif demi menggiring konsumen untuk membeli, Terutama produk  bayi. Dalam menjual produk perawatan bayi, dari peralatan makan hingga bisnis baju bayi memerlukan strategi khusus karena target marketnya yang sempit, yaitu umumnya ibu yang mempunyai bayi.

Alangkah baiknya untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis perawatan bayi mencermati tips berikut ini!

Tips Berjualan Produk Perawatan Bayi

  1. Menjual Produk Dengan Berbagai Kisaran Harga

Hal ini sebenarnya berlaku untuk hampir semua jenis bisnis, termasuk produk perawatan bayi. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat menjaring calon pembeli luas. Harga yang terjangkau adalah hal penting yang menjadi pertimbangan calon pembeli. Mengapa hal ini baik untuk dilakukan? Karena saat mereka terjaring untung membeli produk dengan harga murah, tidak menutup kemungkinan nantinya ada pembelian lainnya dengan produk yang berbeda. 

Tokopedia menyediakan fitur sortir berdasarkan harga. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk melihat harga jual toko lain untuk produk-produk yang serupa dengan yang Anda jual. Anda tidak perlu khawatir jika menemukan toko lain yang menjual produk serupa dengan harga yang sangat rendah. Harga yang termurah bukan berarti pasti nilai penjualan yang baik, dan Anda akan menemukan hal ini ketika Anda menggunakan fitur sortir yang ada.

Baca juga: Cara Menentukan Harga yang Tepat untuk Produk Anda

  1. Mengikuti Tren 

Bukan hanya produk dewasa saja, produk perawatan bayi juga terus berkembang variasinya. Hal ini didorong oleh kebutuhan dan inovasi saat ini. Mulai dari peralatan makan berbahan silikon anti jatuh, bangku makan, dan produk bayi lainnya yang semakin inovatif. Selain itu, bisnis baju bayi perempuan dan laki-laki juga dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Dengan begitu, toko anda perlu menyediakan produk yang mengikuti tren. Sehingga, toko anda akan lebih menonjol dibandingkan toko lainnya yang tidak mempunyai produk yang sedang tren tersebut. Anda dapat memanfaatkan fitur Hot List dari Tokopedia untuk mengetahui produk yang sedang tren dikalangan konsumen.

  1. Foto Produk

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Maka peran orangtua dalam memilih produk perawatan bayi untuk anaknya sangat detail. Karena melakukan pembelian secara online, pasti pertama pembeli akan melihat produk dari foto dari berbagai sisi, terutama untuk bisnis baju bayi dan produk bayi seperti stroller dan box bayi. Kualitas foto juga perlu anda perhatikan. Jika tidak memiliki peralatan canggih untuk memfoto produk anda, anda dapat memanfaatkan foto di luar ruangan dengan cahaya matahari. Yang terpenting adalah foto produk terlihat jelas dari berbagai sisi.

Baca juga: Foto Produk Terbaik, Buat Pembeli Tertarik

  1. Kelengkapan Produk

Dalam memilih produk perawatan bayi, mungkin sebagian besar para orang tua tidak hanya membeli satu jenis produk saja. Untuk mengetahui produk apa saja yang harus dijual toko Anda agar lebih unggul dari toko lain adalah dengan melakukan research kecil-kecilan. Anda bisa mengunjungi toko perawatan bayi lain dan mencari produk apa yang stocknya habis atau sedikit. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelian pada kategori produk tersebut berarti cukup tinggi. Kemudian Anda dapat menyetok produknya lebih banyak di toko Anda, sehingga orang yang kehabisan di toko lain akan beralih ke toko Anda.

  1. Mengemas Sebagai Bingkisan

Hal ini mungkin jarang dipikirkan oleh penjual perawatan bayi lainnya. Saat bayi baru lahir atau berulangtahun, seringkali konsumen membelikan bingkisan mulai dari pakaian, alat makan, hingga mainan. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis untuk Anda sebagai penjual oroduk perawatan bayi. Anda dapat mengemas produk secara menarik untuk diberikan kepada kerabat pembeli. Selain itu, dengan melakukan cara ini membuat toko Anda menonjol dibandingkan dengan toko lain yang tidak memberikan pelayanan ini.

Baca juga: Kemasan Yang Mengesankan, Kunci Kesuksesan!

4  Langkah Mudah untuk Berjualan Produk Perawatan Bayi

  • Nama Produk = Keyword

Kini saatnya Anda mengunggah foto produk yang sudah Anda ambil. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penamaan produk karena ini akan berpengaruh terhadap muncul atau tidaknya produk Anda di halaman pencarian. Anda dapat menggunakan rumus ini: (Jenis)+(Merk)+(Keterangan)+(Kata Promosi). Misalnya untuk produk sepatu bayi, Anda dapat menamainya “Sepatu Bayi Perempuan CARTER Prewalker Termurah”.

Baca juga: Tokomu Lebih Mudah Ditemukan Pembeli dengan SEO, Gratis!

  • Kelompokkan Produk di Etalase

Agar calon pembeli tidak bingung saat mencari produk di toko Anda, kelompokkan produk dengan baik. Misalnya untuk produk seperti mangkuk, sendok, atau gelas, masukkan ke etalase dengan nama “Peralatan Makan Bayi”. Anda juga bisa mengelompokkan produk berdasarkan kelompok usia. Misalnya, “Baju Bayi Usia 0-­3 Bulan”, “Baju Bayi Usia 3-­6 Bulan”, dan seterusnya.

  • Deskripsikan Produk Sejelas Mungkin

Menulis deskripsi produk dengan detail adalah hal yang penting Anda lakukan karena calon pembeli tidak bisa melihat produk Anda secara langsung. Dengan mencantumkan deskripsi yang lengkap, kemungkinan komplain dari pembeli tentang ketidak sesuaian produk yang diterima bisa di minimalisir. Jika Anda menjual baju bayi, lengkapi deskripsinya dengan detail mengenai bahan baju, ukuran yang tersedia, warna, motif, hingga keamanan dan kesehatan dari pemakaian produk. Anda juga bisa menyertakan perkiraan ukuran panjang dan berat bayi untuk setiap produk.

  • Diskusi Produk

Calon pembeli yang tertarik dengan produk Anda akan bertanya seputar detail dan ketersediaan produk dalam fitur “Diskusi Produk”. Kecepatan dan keramahan Anda dalam menjawab pertanyaan akan menjadi nilai tambah bagi calon pembeli dalam memilih toko Anda.

Setelah Penjualan

  • Pengemasan dan Pengiriman

Jika Anda mendapatkan pesanan baru, Anda memiliki waktu 2 hari untuk meresponnya dan 3 hari untuk mengirim pesanan serta memasukkan nomor resi. Tambahkan sentuhan personal dalam paket yang Anda kirim seperti memberi bonus, ucapan terima kasih, atau lainnya sesuai kreativitas Anda.

  • Ulasan

Pembeli dapat memberikan ulasan atau review terhadap produk Anda. Sebagai penjual, Anda juga dapat memberikan feedback berupa penilaian serta komentar terhadap ulasan pembeli. Berikan penilaian positif serta ucapan terima kasih kepada pembeli yang telah berhasil bertransaksi di toko Anda agar pembeli merasa dihargai dan mempertimbangkan untuk kembali berbelanja di toko Anda.

Jadi, begitulah tips menjual produk bayi. Tips ini dapat membuat kamu percaya diri untuk bersaing dengan para penjual produk perawatan bayi lainnya, Mudah bukan? Yuk tingkatkan penjualan kamu dengan mengikuti tips dari Tokopedia! Semoga tips di atas bisa membantu mengembangkan bisnis online di kategori produk perawatan bayi. Selamat mencoba dan selamat berjualan, Merchants!

BUKA TOKO SEKARANG

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar