3 Tips Untuk Berjualan Produk Elektronik Online

Tips Berjualan Produk Elektronik – Alat elektronik merupakan kategori yang cukup unik untuk dipasarkan secara online. Jenis produk yang sangat beragam membuat Merchant harus memiliki product knowledge yang baik bila ingin berhasil. Elektronik juga identik dengan barang-barang mahal, oleh karena itu, perlu kepercayaan tinggi dari pembeli agar mereka mau bertransaksi secara online. Dua hal tersebut menjadi alasan banyak Merchant merasa khawatir memperluas bisnis alat elektroniknya ke ranah maya. Sebenarnya, berjualan alat elektronik secara online tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut tips dan trik dari Tokopedia!

Tips Berjualan Produk Elektronik

Kenali Produk dengan Baik

Elektronik adalah kategori yang cukup kompleks dari sisi varian dan spesifikasi. Sebagai Merchant, sudah menjadi kewajiban Anda untuk tahu dengan baik berbagai aspek terkait produk yang Anda jual. Semakin banyak informasi yang dimiliki, semakin mudah Anda mempromosikan produk tersebut. Anda juga akan mampu mendapatkan kepercayaan calon pembeli dengan memberikan jawaban yang meyakinkan ketika mereka bertanya seputar produk. Tentunya, Anda juga tak akan membeli produk dari penjual yang tidak mengerti soal produknya sendiri, kan?

Upload Produk ke Toko Anda

Setelah memahami produk yang akan dijual, kini saatnya untuk meng-upload produk Anda. Tujuannya adalah agar produk Anda terekspos serta lebih mudah ditemukan oleh pembeli. Selain itu, upload produk juga menandakan Anda sudah siap untuk berbisnis online, hingga calon pembeli tidak ragu lagi bertransaksi di toko Anda. Di Tokopedia, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika meng-upload produk:

a. Foto Produk

Pada kategori elektronik, rata-rata pembeli sudah melakukan riset di luar situs belanja (seperti via website resmi atau situs review), sehingga mereka sudah mengetahui tampilan produk. Oleh karena itu, fungsi foto di situs belanja seperti Tokopedia adalah meyakinkan pembeli bahwa Anda memang memiliki produk tersebut. Untuk itu. Anda perlu memperlihatkan bukti, salah satunya dengan cara menyertakan kartu nama pada foto produk. Lebih baik lagi jika Anda dapat menampilkan foto stok produk tersebut.

  • Nama Produk

Nama produk adalah aspek krusial. Selain tidak bisa diganti, nama produk juga menentukan apakah produk akan muncul pada mesin pencarian atau tidak. Sebagai Merchant produk elektronik, penting untuk menyertakan jenis produk disertai nama brand brand dan kode model/tipe produk secara lengkap. Informasi tambahan seperti garansi dan warna bisa Anda sisipkan setelah informasi utama tadi. Anda juga bisa mencari referensi melalui website Tokopedia dengan mempertimbangkan suggestion atau auto completion di kolom pencarian produk.

  • Deskripsi Produk

Banyak Merchant yang memandang sebelah mata fungsi dari deskripsi produk sehingga cenderung mengabaikannya. Padahal, jika calon pembeli melihat deskripsi produk kosong, besar kemungkinan mereka akan menilai bahwa Anda kurang serius dalam berjualan. Selain itu, deskripsi produk akan membantu mesin pencari seperti Google untuk menemukan produk. Tidak mau kan kehilangan calon pembeli hanya karena Anda malas mengisi deskripsi produk?

Cara Berjualan Produk Elektronik 

Sekarang Anda sudah siap berjualan alat elektronik. Perhatikan langkah-langkah mudah berikut dan terapkan di toko Anda.

a. Promosikan Produk dengan Efektif

Promosi harus dilakukan oleh setiap Merchant agar kesempatan produk terjual jadi lebih besar. Untuk promosi di Tokopedia, Anda bisa menggunakan TopAds. Selain itu, jangan lupa bagikan informasi terbaru mengenai produk dan toko Anda melalui media sosial untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

b. Tanggapi Diskusi Produk

Diskusi biasanya dilakukan pembeli ketika ingin berbelanja di Tokopedia. Kebanyakan dari mereka akan menanyakan stok atau spesifikasi produk melalui fitur Diskusi. Sebagai Merchant yang baik, Anda harus memberikan tanggapan secara responsif dan informatif. Pembeli selalu menginginkan jawaban sesegera mungkin karena pada saat ia bertanya, keinginannya untuk membeli sedang tinggi. Kehilangan kesempatan karena pembeli terlanjur melirik toko sebelah tentunya bukan sesuatu yang Anda inginkan.

c. Proses Pesanan dengan Cepat dan Tepat

Jika menerima pesanan merupakan hal yang ditunggu-tunggu Merchant, maka mendapatkan notifikasi bahwa pesanannya sudah diproses atau bahkan dikirim adalah hal yang paling dinanti pembeli. Sebagaimana Anda ingin mendapatkan pesanan sesegera mungkin setelah meng-upload produk, secepat itu pula lah Anda sebaiknya memproses pesanan pembeli agar tidak mengecewakan mereka.

d. Kemas Produk dengan Ekstra Hati-Hati

Kebanyakan produk elektronik sangat rentan rusak dalam perjalanan. Karena itu, sebaiknya Anda mengemas barang dengan rapi dan hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa memberikan ekstra pengaman seperti bubble wrap dan dan kardus. Selain membuat produk Anda lebih aman saat pengiriman, hal ini juga bisa membuat pembeli senang karena merasa mendapat pelayanan yang memuaskan.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelahnya?

a. Beri Sentuhan Personal

Anggap pembeli sebagai teman dan lakukan hal yang membuat mereka merasa senang, contohnya, memberi informasi tentang cara instalasi dan penggunaan, atau menanyakan kesulitan yang mungkin dihadapi pembeli dalam mengoperasikan produk. Jika mereka sudah menganggap Anda sebagai teman, kepercayaan akan tumbuh, sehingga bila mereka membutuhkan rekomendasi terkait barang elektronik di kemudian hari, Anda-lah yang akan dimintai pendapat. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah kesempatan baru yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk lainnya di toko Anda.

b. Berpikir Jangka Panjang

Jangan hanya berpikir jual-putus atau transaksi sekali saja dalam berbisnis. Selalu berikan pelayanan terbaik agar Anda bisa menjadi toko yang direkomendasikan pembeli dari mulut ke mulut. Elektronik mencakup produk-produk umum yang digunakan semua orang, sehingga kesempatan Anda untuk direkomendasikan terbuka lebar. Pembeli yang puas dengan pelayanan Anda pun tanpa ragu akan berbelanja kembali ke toko Anda. Besar juga kemungkinan Anda melebarkan sayap dengan membuka cabang-cabang baru yang dikelola oleh pelanggan setia Anda sendiri. Sudah banyak penjual lain yang merasakannya, lho. Diawali dengan repeat-order, pembeli setia pada akhirnya ikut “membantu” Merchant menjual produk sebagai re-seller atau dropshipper.

Belum punya toko? Yuk, mulai bisnis elektronik-mu dengan Tokopedia! #MulaiAjaDulu

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller