Tips dan Trik Berjualan Kategori Mainan dan Hobi

Mainan & hobi adalah salah satu kategori dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi di Tokopedia. Secara umum, mainan & hobi identik dengan anak-anak. Namun, seiring perkembangan era, hal ini sudah tidak berlaku lagi mengingat banyak orang dewasa mulai menggandrungi mainan. Biasanya, mainan yang diincar orang dewasa cenderung menjadi hobinya. Misalnya berupa mainan mobil (diecast), action figure, lego, remote control, drone, atau model kit seperti gundam atau gunpla.

Tentunya, hal tersebut menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin memulai bisnis online di kategori ini. Dengan kata lain, pasar Anda semakin bertambah lebar dan peluang Anda juga semakin besar dalam kategori mainan & hobi. Nah, berikut adalah petunjuk singkat bagi Anda yang berminat menjadi penjual mainan online di Tokopedia.

Tips dan Trik Berjualan Kategori Mainan dan Hobi

Mulailah dengan Penelitian Sederhana

Langkah pertama, Anda bisa mencoba lakukan penelitian singkat di Tokopedia mengenai beberapa jenis mainan. Sebagai contoh lego terlaris, action figure terbaru, atau diecast mobil termahal di Tokopedia. Dengan melakukan langkah ini, Anda bisa melihat kisaran harga pasar di Tokopedia saat ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa menentukan besaran profit yang bisa Anda peroleh.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo!, atau Bing untuk mengetahui mainan apa yang sedang banyak dicari. Cara ini sangat mudah karena Anda hanya perlu mengetik “mainan” atau “jual mainan” di kolom pencarian lalu melihat usulan-usulan yang keluar dari mesin pencari tersebut.

Persiapkan dengan Matang

  • Foto Produk

Ambil foto produk yang paling sesuai dengan mainan yang ingin Anda pasarkan! Foto produk yang baik adalah nyawa bagi penjual mainan online. Anda juga sebaiknya memperhatikan bahwa “karakter” setiap produk itu berbeda. Untuk mainan bermerek yang sudah banyak dijual oleh penjual lain, ada baiknya Anda juga memasukkan foto yang diambil sendiri di samping foto resmi yang diperoleh dari produsen. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli Anda. Selain itu, optimalkan jumlah foto yang diunggah di situs Tokopedia agar pembeli bisa melihat produk dari berbagai sudut pandang.

  • Nama dan deskripsi produk

Tulislah identitas nama produk dengan lengkap mencakup merek, warna, tipe atau seri dari produk yang Anda jual. Anda bisa menggunakan sudut pandang pembeli untuk memberikan nama produk yang menarik. Pikirkan dengan baik, kata-kata apa yang sekiranya akan diketikkan oleh calon pembeli di kolom pencarian untuk menemukan produk yang diinginkannya. Anda kemudian bisa menggunakan kata-kata tersebut dalam penamaan produk yang Anda jual.

Ambil langkah sederhana seperti saat melakukan penelitian di awal untuk mengetahui kata kunci apa yang juga tepat dan sering digunakan customer. Misalnya, Anda berjualan mobil mainan berbahan logam atau yang dikenal dengan istilah “diecast mobil”. Ambil istilah skala, warna, tipe, dan merek produsen dari mainan tersebut sebagai nama produk Anda sehingga produk Anda jadi lebih mudah dicari calon pembeli.

Setelah membuat nama produk yang tepat, berikan deskripsi produk yang jelas, menarik, dan mudah dibaca oleh calon pembeli Anda. Deskripsi produk yang dilengkapi dengan ukuran, merek, bahan, dan garansi atau bahkan cara penggunaannya merupakan poin penting yang bisa dimanfaatkan dalam berjualan online, khususnya di Tokopedia.

Berikan Kesan Manis dalam Setiap Penjualan

Ingat, dalam berjualan mainan online, Anda juga harus memperhatikan packing atau kemasan dari produk yang akan dikirimkan ke pembeli. Meski sederhana, hal ini kerap luput dari perhatian penjual. Padahal, pengemasan penting mengingat sebagian besar konsumen mainan online adalah kolektor yang sangat mementingkan keutuhan box atau packaging resmi dari mainan tersebut.

Jadi, gunakanlah packing yang aman dan dipastikan dapat melindungi box serta produk yang Anda jual. Harapannya, dengan memperhatikan pengemasan, pembeli akan merasa puas dengan pelayanan Anda. Barang pesanan dapat tiba dengan selamat tanpa mengurangi estetika dan manfaat dari barang tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai berjualan mainan online di Tokopedia!

Bagikan Artikel

Komentar untuk artikel ini sudah ditutup.