Bangun Kesuksesan Bisnis Sejak 30 Hari Awal Berjualan

Jika Anda merupakan pemain baru dalam bisnis online, pastinya Anda akan mengalami kebingungan dalam memasarkan produk dan membuat bisnis online Anda menjadi bisnis yang profitable. Bisnis Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar bisa bertahan dan bersaing dalam pasar saat ini. Berikut merupakan langkah-langkah yang akan membantu bisnis Anda dalam membentuk strategi pemasaran yang tepat:

Tips Sukses di Bulan Pertama Bisnis Online

  1. Bangun Traffic

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis adalah traffic. Traffic adalah jumlah kunjungan pada suatu toko. Sebagian besar penjual baru agak kesulitan untuk meningkatkan traffic ke tokonya. Meningkatkan traffic harus dimulai dengan mengekspos bisnis Anda secara lebih luas. Semakin luas bisnis Anda terekspos, maka semakin besar pula traffic yang akan didapatkan oleh toko Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun traffic:

  • Promosikan ke Orang Terdekat

Anda dapat memanfaatkan orang-orang terdekat, seperti orang tua, sahabat, atau rekan kerja untuk mempromosikan produk atau toko Anda secara lebih luas. Dengan begitu, jangkauan traffic toko Anda akan mulai meningkat.

  • Posting di Akun Media Sosial

Anda bisa mulai memanfaatkan forum, grup facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko Anda. Gunakan link toko Anda setiap membuat postingan.

  1. Gunakan Iklan Berbayar

Untuk menghasilkan uang, Anda juga harus rela untuk mengeluarkan uang. Dengan iklan berbayar, Anda dapat mempromosikan produk untuk target pasar yang lebih spesifik. Hal ini tentu saja membuat iklan Anda jadi lebih efektif dan efisien. Di Tokopedia, Anda dapat menggunakan fitur TopAds, yakni fitur berbayar untuk mempromosikan toko & produk Anda. Saat menggunakan TopAds, produk Anda akan muncul di halaman hasil pencarian, kategori, dan Hot List. Produk Anda akan lebih mudah dilihat oleh pelanggan. Dengan begitu, kesadaran konsumen terhadap toko Anda juga akan semakin meningkat.

  1. Buat dan Sebar Konten Menarik

Dalam membuat sebuah konten, Anda bisa memberikan hashtag atau tagline yang merupakan ciri khas bagi produk dan toko anda seperti #tokokece #produkindonesia.  Setelah Anda berhasil membuat konten, sebarkan konten tersebut ke seluruh audience Anda. Untuk bisa menjangkau seluruh audience, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan Endorser

Endorser adalah publik figur yang digunakan  untuk mempromosikan sebuah produk. Endorser ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan populer di kalangannya. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk mempromosikan produk secara luas. Biasanya Endorser juga akan mengajak pengikutnya untuk membeli produk Anda sehingga penjualan pun makin meningkat. Endorser ini dapat berupa artis, blogger, selebgram, dan sebagainya.

  • Membangun Partnership

Melakukan partnership dengan toko-toko lain (tidak harus sejenis) juga bisa dicoba. Biasanya mereka akan mempromosikan toko atau produk Anda di akun toko mereka. Dengan begitu Anda dapat menjangkau konsumen yang dimiliki oleh partner Anda.  

  1. Evaluasi dan Tingkatkan

Setelah Anda berhasil melakukan setiap langkah di atas, pastikan untuk selalu mengevaluasi jalannya langkah-langkah tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah langkah yang dilakukan sudah sesuai dengan visi Anda. Bila masih merasa kurang dengan hasil yang didapat, cobalah untuk meningkatkan setiap usaha Anda dalam menjalankan strategi tersebut. Di Tokopedia, Anda dapat memantau jalannya bisnis melalui fitur Statistik. Fitur ini membantu Anda dalam melihat hasil yang diperoleh dari strategi yang sudah Anda lakukan.

Jadi sebagai penjual baru, Anda tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan kompetitor. Dengan mengikuti 4 langkah di atas,  peluang penjualan Anda tentunya akan semakin meningkat!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller