[TopAds] Tips Jitu Baca Data Performa TopAds, Strategi Jualan Jadi Makin Efektif

Analisis yang tepat membuat performa iklan meningkat!

Diperbarui 09 Feb  • Baca 2 menit

Hai, Seller! Setelah iklan TopAds kamu aktif, pastinya kamu ingin mengevaluasi iklanmu agar performanya selalu maksimal dan kompetitif, bukan?

Salah satu cara paling efektif untuk mulai mengevaluasi adalah dengan membaca laporan dan data performa iklan TopAds kamu di halaman TopAds.

Yuk, simak pembahasannya!

Halaman Utama TopAds

Jika sudah pernah menggunakan TopAds, kamu dapat langsung menemukan bagian yang menunjukkan performa iklan di halaman pertama.

Di sini, kamu bisa melihat gambaran umum performa iklanmu, seperti jumlah tampil, klik, hingga kenaikan penjualan. Data-data ini dapat diatur sesuai rentang waktu tertentu yang dapat kamu tentukan, hingga 90 hari terakhir. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan filter untuk hanya melihat iklan toko, iklan produk, atau keduanya.

Klik Tombol “Download Data”

Untuk melihat rincian laporannya secara lebih mendalam, klik tombol “Download Data”. Kamu bisa memilih tipe iklan yang ingin dilihat. Kamu juga bisa melihat performa iklanmu pada dua jalur pemasaran di Tokopedia, yaitu “Pencarian” dan “Rekomendasi”.

Baca juga:

Selanjutnya, unduh data dengan mengklik “Buat Laporan”. Rincian laporanmu akan diunduh dengan format CSV agar bisa diolah lebih lanjut. Berikut contoh tampilan datanya

Data ini dapat digunakan untuk keperluan administratif maupun strategis. Contohnya, jika ingin produkmu ditingkatkan performa tampilnya di Iklan di Pencarian, maka pada Iklan Manual tambahkan “Biaya Iklan di Pencarian” untuk meningkatkan persentase tampil pada pencarian yang relevan.

Untuk Iklan Otomatis, sistem pintar TopAds akan mengoptimalkan produk apa yang paling berpotensi menghasilkan penjualan. Jika ingin mengoptimalkannya, tambahkan produk yang dapat dijual dan meningkatkan anggaran harian toko.

Tampilan dashboard Iklan Otomatis dan Iklan Manual di TopAds

Ketika mengaktifkan Iklan Otomatis atau Iklan Manual, kamu akan mendapat tampilan laporan yang berbeda. Untuk memahaminya, yuk kita bedah singkat!

Dashboard Iklan Otomatis

Berikut adalah ilustrasi dashboard Iklan Otomatis. Karena biaya iklan dan produk yang diiklankan sudah dipilih secara otomatis, di sini, kamu bisa melihat statistik performa tampil dari iklan yang ditampilkan.

Kamu juga dapat mempelajari barang apa saja yang menghasilkan klik hingga penjualan, sehingga kamu bisa menentukan apakah anggaran harianmu sudah mencukupi atau belum.

Dashboard Iklan Manual

Berikut adalah contoh dashboard iklan manual, dimana ada statistik performa tampil dan biaya iklan di sebelah grup iklan yang mengandung produk yang kamu iklankan. Tetapi, khusus untuk biaya iklan, kamu dapat memilih pengaturan “diatur Sistem TopAds” supaya biaya iklan diatur untuk memaksimalkan penjualan tanpa membuat boncos!

Pengaturan Kolom & Pengaturan Grafik

Kamu bisa mengatur data apa saja yg ingin ditampilkan di tabel dengan menggunakan tombol “Pengaturan Kolom” di samping Buat Iklan Baru.

Kamu juga dapat menampilkan grafik di bagian atas tabel dengan mengklik masing-masing variabel data tersebut dan menggantinya dengan data-data yang kamu butuhkan untuk dianalisis.

Data Tambahan dari Data Wawasan Toko

Selain dari dashboard TopAds, bisa juga pelajari lebih lanjut performa penjualan tokomu dari fitur Wawasan Toko. Di sini, kamu bisa melihat performa tokomu sebagai sumber data tambahan yang tentunya dapat membantu mengoptimalkan operasional toko secara keseluruhan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk mengoptimalkan penjualan. Selamat mencoba, Seller!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual