Tips Pilih Layanan Pengiriman Sesuai Toko dan Produk yang Dijual

Pilih kurir yang tepat agar pengiriman maksimal

Dalam berbisnis online, pengiriman memegang peranan penting. Semua pembeli pasti ingin produk yang mereka pesan sampai dengan baik dan tepat waktu. Oleh karena itu, penting bagi Seller untuk memilih pengiriman sesuai jenis produk yang dijual.

Contohnya, produk makanan basah atau cairan tentu memiliki kebutuhan packing/durasi pengiriman yang berbeda dengan produk elektronik atau fashion. Untuk membantumu menentukan jenis pengiriman yang tepat sesuai  produk yang kamu jual, simak tabel berikut.

Sudah menemukan kurir yang tepat dengan produkmu? Kini atur pengiriman agar tidak terjadi kendala saat proses pengiriman ya.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Pengiriman di Tokopedia

Tips atur pengiriman dengan tepat

1. Gunakan fitur AWB (Air Waybill) Otomatis dan Non-Tunai

Selain kecepatan pengiriman, ketepatan dalam memproses orderan adalah nilai lebih yang bisa membuat performa tokomu naik. Dengan menggunakan fitur AWB Otomatis dan Non-Tunai, proses pengiriman menjadi lebih cepat dan akurat. Kamu tidak perlu lagi memasukkan alamat pembeli secara manual karena semua sudah terisi secara otomatis.

Untuk melihat layanan pengiriman yang terdapat AWB Otomatis dan Non-Tunai, simak di sini. 

2. Hitung berat paket dengan tepat

Berat volume adalah berat yang didapatkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan ukuran volume barang yang akan dikirim. Perhitungan ini didasarkan pada kondisi berat aktual barang ringan, tetapi memakan tempat (volume besar).

  • Untuk menentukan jumlah berat barang saat pengiriman, ada dua jenis berat yang harus dihitung, yaitu berat aktual produk dan berat volumetrik paket. Saat paket diberikan pada kurir, kurir akan mengambil berat tertinggi di antara dua berat tersebut. 
  • Berikut cara menghitung berat volumetrik:  
    • Partner Logistik Express: P x L x T (cm) dibagi 6.000.
    • Partner Logistik Cargo: P x L x T (cm) dibagi 6.000.
  • Setelah berhasil menghitung berat aktual dan berat volumetrik, seller harus memasukkan berat tertinggi pada bagian “Berat” di halaman “Tambah Produk”.
  • Tips perhitungan berat aktual dan berat volumetrik:
    • Perhitungan berat harus mengikutsertakan packing (bubble wrap/packing kayu/ kardus/ yang lainnya) agar tidak terjadi perbedaan berat antara yang dicantumkan pada PDP dengan yang sebenarnya (aktual)
    • Terutama untuk volumetrik, penjual melakukan perhitungan volume dalam bentuk paket siap kirim alias sudah di-packing. Hal ini untuk menghindari kesalahan perhitungan volume, misalnya menjual wallpaper dan karpet; volume dihitung saat produk tersebut sudah digulung.

3. Perhatikan Packing, Asuransi, dan Label pengiriman 

Pengemasan produk yang baik dan benar adalah kunci dari kepuasan pelanggan. Untuk menjamin keamanan produkmu, berikut tipsnya:

  1. Kemas produk dengan aman menggunakan lapisan tambahan seperti koran, kardus, styrofoam, atau bubble wrap.
  2. Gunakan kemasan box apabila membutuhkan.
  3. Isi ruang kosong di sekitar produk.
  4. Tutup box dengan rapat untuk menjamin keamanan produk.

Dengan mencetak label pengiriman, Seller bisa mendapatkan kemudahan dalam penulisan alamat dan mengurangi kesalahan penulisan karena alamat sudah sesuai dengan faktur. 

Untuk mengantisipasi kerusakan dan kehilangan produk oleh layanan logistik, Seller disarankan untuk mengaktifkan layanan asuransi. Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine dalam menyediakan asuransi yang dapat melindungi orderanmu dari masalah saat proses pengiriman. Info selengkapnya bisa kamu baca di sini

Jika kamu berhasil memproses orderan dengan baik, performa tokomu bisa meningkat lho! Performa Toko yang baik bisa menarik banyak pembeli untuk berbelanja di tokomu. Jadi, tunggu apa lagi? #MulaiAjaDulu

Atur Pengiriman

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller