Tips Mengatasi Banyaknya Order di Bulan Ramadan

Cara Mengatur Order di Bulan Puasa – Di bulan yang suci, ada berkah melimpah. Momen Ramadan menjadi sumber penghasilan terbesar setiap tahunnya bagi sebagian merchant. Minat belanja mengalami peningkatan signifikan diiringi dengan daya beli yang memadai. Pernyataan tersebut didukung berbagai data yang dipublikasikan oleh berbagai media. Google merilis laporan statistik pada tahun 2015 terkait penjualan online yang menunjukan bahwa bidang industri fashion, travel, elektronik, telekomunikasi, dan gadget mengalami peningkatan pencaharian secara signifikan saat bulan Ramadan.

Karena tingginya permintaan dari masyarakat, hargapun ikut melambung. Para merchant bisa mendapatkan keuntungan lebih. Namun, di balik derasnya pelanggan ada satu hal yang patut dipertanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya sanggup mengatasi lonjakan permintaan?”

Di saat permintaan sedang memuncak, acap kali merchant kewalahan dan kesulitan melayani setiap pesananan sehingga ada pelanggan yang kecewa dan memberikan feedback negatif pada toko tersebut.

Sebenarnya, Anda mampu untuk mengatasi ledakan order jika Anda telah merancang upaya antisipasi. Selain merancang upaya antisipasi, berikut ini adalah tips mengatasi banyaknya order di bulan Ramadan agar pelanggan tidak kecewa dari Tokopedia.

Baca juga: Tips Tingkatkan Omzet Penjualan dengan Pinjaman Modal

Tips Mengatasi Banyaknya Order di Bulan Ramadan

Memperbaharui informasi ketersediaan barang secara berkala

Faktor penentu keberhasilan dari mengatasi banyaknya order di bulan Ramadan adalah memenuhi kebutuhan pelanggan akan informasi ketersediaan barang (supply) secara langsung atau paling tidak, berkala dan berkesinambungan.

Banyak pelanggan merasa kecewa setelah mengisi keranjang belanja mereka namun sesudah melakukan pembayaran, mereka baru mendapatkan informasi bahwa barang yang dipesan telah habis akibat kesalahan merchant tidak memperbaharui informasi ketersediaan barang.

Sumber gambar: Max Pixel

Ekspansi jasa kurir

Lonjakan order di bulan Ramadan cenderung menyebabkan beberapa jasa kurir dan pengiriman barang mengalami keterlambatan, terutama jasa kurir terkenal. Oleh karena itu, manfaatkan perusahaan logistik baru yang masih berkembang namun memiliki reputasi baik untuk bekerjasama dengan Anda. Tokopedia menyediakan berbagai opsi jasa pengiriman agar Anda dapat memilih berbagai opsi mengirimkan pesanan tepat waktu pada pelanggan di bulan Ramadan. Jangan ragu untuk mencoba dan melakukan ekspansi.

Merancang rencana alternatif

Dalam menjalankan bisnis, selalu dibutuhkan rencana alternatif sebagai bentuk solusi lain jika solusi utama gagal. Setiap pebisnis harus memiliki banyak rencana cadangan karena situasi pasar bisa diprediksi namun tidak ada prediksi yang akurat 100 persen. Sebagai contoh, jika sistem distribusi barang First In First Out tidak berhasil, gunakan sistem distribusi lain yang sesuai dengan jenis barang yang Anda jual.

Merekrut tenaga bantuan

Jika Anda merasa kewalahan dan kekurangan pegawai dalam melayani order membludak di bulan Ramadan, jangan ragu untuk mempekerjakan tenaga bantuan. Anda bisa mengontrak pegawai untuk bekerja selama periode Ramadan hingga menjelang Idul Fitri untuk membantu Anda melayani peningkatan order di bulan Ramadan. Anda bisa memanfaatkan fitur “Admin Toko” yang untuk memberikan orang lain ruang untuk membantu melayani pengunjung toko online Anda.

Baca juga: Kewalahan Mengelola Toko? Delegasikan Pekerjaan pada Admin Toko

Memanfaatkan teknologi dan otomasi

Saat ini ada berbagai teknologi yang dapat mempermudah Anda dalam melayani pelanggan, dimana Anda tidak perlu repot memantau satu per satu pesanan setiap saat, akan tetapi teknologi secara otomatis menyaring pesanan dan membuatkan laporan pemesanan sehingga Anda tinggal melakukan pengiriman saja. Teknologi dan otomasi ditujukan untuk efisiensi waktu pelayanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sudahkah kamu mempersiapkan gelombang pasang permintaan menjelang bulan Ramadan mendatang?

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller