Tips Agar Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis

Tips untuk Selalu Positif dalam Berbisnis – Bahkan jika kamu menyukai pekerjaanmu sebagai pebisnis, ada kalanya keadaan dan pikiran menjadi sedikit negatif. Mungkin terjebak oleh pelanggan yang marah, kesalahan kerja, atau tidak merasa produktif.

Meskipun memiliki sikap positif tidak selalu membuat kamu tidak terlalu stres, hal ini dapat membekali kamu dengan alat yang kamu butuhkan untuk mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat. Orang-orang mungkin tidak takut akan stres sebagai sesuatu yang membahayakan fisik, tetapi sebagai konsekuensi untuk mencapai tujuan yang lebih besar. 

Jelas, m  Namun, dengan mengikuti beberapa tips berikut, kamu dapat mempertahankan sikap positif melalui pasang surut dan meningkatkan etos kerja kamu.

Tips untuk Selalu Positif dalam Berbisnis

  • Bersyukur

Ada begitu banyak yang harus disyukuri dalam hidup, jadi mengapa tidak mengingatkan diri sendiri tentang hal itu setiap hari? Mengucap rasa syukur adalah cara luar biasa untuk tetap positif setiap hari dengan sedikit atau tanpa usaha. Kamu bisa menuliskan apa saja, dari yang sangat sederhana sampai hal besar. Yang penting adalah jadi peningat untuk bersyukur setiap hari. Dengan melatih kembali pikiran untuk memikirkan semua hal baik dalam hidup, kamu dapat mengembangkan pandangan yang lebih positif.

Baca juga: Bisnis yang Berpotensi Laku Setiap Hari

  • Manjakan Diri dengan Perawatan Diri 

Selalu penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu. Dapat terasa luar biasa melelahkan ketika kamu bekerja penuh waktu yang mengharuskan kamu untuk terus-menerus berinteraksi dengan orang-orang, entah itu klien, rekan kerja, atau manajer, dalam situasi yang sering mengalami tekanan tinggi.

Untuk terus bergerak maju dengan sikap positif, penting untuk sesekali mundur selangkah dan manjakan diri kamu dengan sesuatu yang istimewa.

Pertimbangkan cara-cara yang dapat melepas lelah, menghilangkan stres, dan memiliki sesi “me time”. Dengan membiarkan diri menikmati saat-saat bahagia dan istirahat ini, kamu dapat memastikan sikap yang lebih positif ketika bekerja.

  • Mulai Setiap Pagi Dengan Produktif

Lebih mudah mempertahankan sikap positif sepanjang hari jika kamu menerapkannya dengan benar saat membuka mata.

Alih-alih, pikirkan beberapa cara untuk menjadikan pagimu bagian terbaik dari hari kamu. Pertimbangkan untuk bangun setengah jam atau satu jam lebih awal dari biasanya. Ini berarti tidur lebih awal juga. Beri diri waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai tetapi mungkin tidak selalu punya waktu untuk itu.

Ketika pagi hari kamu lebih produktif dan tidak terburu-buru, kamu pasti akan melanjutkan hari dengan semangat yang lebih tinggi.

Baca juga: Ide Bisnis dari Hobi yang Bisa Kamu Coba

  • Tertawalah

Humor benar-benar adalah obat terbaik. Tertawa memiliki efek jangka pendek yang bagus bagi pikiran maupun tubuh. Menurut Mayo Clinic, tertawa dapat meningkatkan endorfin, menghilangkan stres, dan melepaskan ketegangan.

Dalam jangka panjang, tertawa dan pikiran positif dapat melepaskan neuropeptida, yang melawan stres dan penyakit serius lainnya. Ini juga dapat membantu kamu mengatasi situasi sulit dan, secara umum, membuatmu merasa lebih bahagia. Dengan memecahkan lebih banyak lelucon, kamu dapat membuat humor dari situasi yang berpotensi negatif di tempat kerja, dan pada saat yang sama mempersiapkan tubuh dan pikiranmu untuk pandangan yang lebih positif.

  • Beristirahat Sejenak

Dalam hari yang sibuk, terkadang sulit untuk menemukan waktu untuk istirahat yang serius. Kamu harus istirahat, dan jangan pernah merasa bahwa masa istirahat itu beban.

Bekerja terus menerus dapat membuat kamu merasa lamban dan jengkel. Istirahat, bahkan selama 30 menit, dapat memberi energi kembali dan membuat kamu lebih termotivasi untuk melanjutkan pekerjaan pada hari itu. Beri dirimu waktu untuk mengisi kembali kepositifan pikiran, dan kamu pasti akan mengakhiri hari dengan akhir yang lebih baik.

  • Memiliki Sesuatu untuk Dinanti Setelah Bekerja

Kamu mungkin lelah setelah seharian bekerja, tetapi memiliki sesuatu yang direncanakan setelah jam kerja dapat membuat hari terlihat sedikit lebih cerah. Baik itu dengan rekan sesama pebisnis, keluarga, atau teman, rencana malam yang menyenangkan dapat membuat hari berlalu lebih cepat.

Tidak harus pergi keluar untuk minum atau makan malam, atau bahkan merencanakan makan malam di rumah dengan teman-teman. Intinya adalah membuat hari-harimu menjadi lebih dari sekadar “bekerja.” Dengan menciptakan waktu yang menyenangkan beberapa hari dalam seminggu, kamu dapat menemukan cara sehat untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional.

  • Meditasi 

Meditasi mampu memperbaiki hal yang dapat menyebabkan stres sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental dan spiritual. Sebuah penelitian membandingkan kerja otak orang yang melakukan meditasi dan tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan otak di daerah yang menstimulasi optimisme dan berpikir positif. Studi lain menunjukkan bagaimana meditasi berhasil menangani stres di tempat kerja.

Berikan waktu lima menit sehari adalah awal yang baik untuk rutinitas meditasi. Tarik napas dalam-dalam dan jernihkan pikiran kamu. Metode sederhana ini mampu membantumu menemukan keseimbangan dalam hidup, serta melepaskan hal-hal negatif dan stres yang mungkin kamu alami setiap hari.

  • Fokus Pada Jangka Panjang, Bukan Jangka Pendek

Ketika konflik muncul, baik dengan sesama rekan kerja atau dengan klien, reaksi langsung kamu mungkin langsung ke pembelaan diri. Ada keinginan untuk melindungi diri sendiri dan mendapatkan rasa hormat, yang mana adalah hal yang baik. Namun, semakin banyak konflik di mana kamu mengambil bagian, semakin banyak negativitas akan mengelilingi harimu.

Sebaiknya, ambil langkah mundur dan melihat situasi dari perspektif pihak ketiga. Daripada membalas, kamu bisa berlatih berempati. Ini mungkin membantumu sampai ke akar masalah dan mengakhiri percakapan dengan nada yang positif dan ringan.

  • Dengarkan Musik yang Sesuai Dengan Suasana Hati

Tampaknya ironis, tetapi musik sedih sebenarnya dapat membantu meningkatkan suasana hati kamu. Menurut sebuah penelitian, banyak orang mendengarkan lagu sedih sebagai bentuk peningkatan suasana hati. Banyak yang menganggap musik sedih sebagai “keindahan” yang membantu orang merasa lebih baik. Selain itu, lagu-lagu sedih dapat membangkitkan ingatan, mengalihkan perhatian dari situasi negatif, dan membawa pesan yang kuat.

Sebuah studi menyatakan bahwa musik sedih dapat membangkitkan suasana hati yang positif karena kesedihan. Jadi, mendengarkan musik sedih mungkin dapat mengangkat suasana hatimu selama atau setelah hari kerja yang panjang dan sulit. 

Sekarang setelah dilengkapi dengan tips agar selalu berpikir positif, kamu dapat menempatkan diri pada jalur yang menuju sikap positif dan lebih menyenangkan dalam berbisnis. Yuk, mulai bersikap positif dalam berbisnis!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller