4 Tips Balas Chat Pembeli Tokopedia Dengan Cepat dan Tepat

Tips & Trik Balas Chat Pembeli – Hi Seller! Menurut fakta yang ada, pembeli yang puas dengan pelayanan sebuah toko akan cenderung belanja lagi di toko tersebut. Selain itu, mereka juga akan merekomendasikan ke teman-temannya. 

Di dalam bisnis online, sebagian besar proses jual beli akan dilakukan lewat chat. Oleh karena itu, kamu harus bisa melayani chat pembeli dengan semaksimal mungkin. Simak 4 tipsnya berikut ini!

4 Tips Bikin Pembeli Belanja di Tokomu

Ramah

Karakteristik pembeli tentunya beragam, ada yang sering bertanya, ada yang membalas dengan singkat. Oleh karena itu, tips paling umum dan utama dalam membalas chat pembeli adalah dengan ramah. Agar semua tipe pembeli nyaman belanja di tokomu.

Memberikan informasi lebih lengkap dari yang ditanyakan

Sebagai admin, kamu harus bijak memilih informasi apa yang harus diberikan pada buyer. Jika sekiranya informasi tersebut menguntungkan buyer dan bisa membuatnya belanja di tokomu, jangan ragu untuk diinformasikan.

Memberikan saran

Sebagian buyer sudah tahu apa yang ingin mereka beli saat mengunjungi tokomu. Namun, ada juga buyer yang masih ragu atau belum tahu pasti apa yang ingin dibeli. Tidak ada salahnya kamu memberikan saran kepada buyer. Trik ini berguna juga jika kamu lagi kehabisan produk yang diminta pembeli.

Selalu jadi orang yang terakhir membalas pesan

Usahakan kamu selalu menjadi orang terakhir yang membalas chat pembeli. Meskipun pembeli hanya membalas dengan singkat atau emotikon, kamu tetap harus membalasnya. 

Pentingnya Membalas Chat Pembeli Dengan Cepat

Selain tips and trik cara membalas chat pembeli, ada yang gak kalah penting nih, yakni kamu harus membalas semua chat pembeli dengan cepat. Nantinya, kamu bisa melihat performa harian tokomu di halaman penjual. Di bagian tersebut akan ada presentase seberapa cepat kamu membalas semua chat pembeli yang masuk.

Indikator keberhasilan tokomu termasuk memberikan performa prima adalah tingkat kecepatan membalas pesannya rata-rata 10 menit setelah chat masuk. Selain itu, indikator keberhasilan lainnya adalah kamu berhasil membalas 95% chat yang masuk. Artinya jika ada 100 chat masuk, setidaknya kamu membalas 95 chat dari pembeli.

Tentunya kamu juga mau dong kalau chatmu dibalas dengan cepat? Nah, pembeli juga sama. Pembeli pastinya akan lebih yakin dan puas dengan pelayanan tokomu jika kamu responsif dan cepat dalam membalas pesan. Bisa jadi, pembeli tersebut akan jadi pelanggan setiamu. Berikan pelayanan maksimal kepada pembeli setiap saat, ya Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller