Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Admin toko
  2. 8 Tips Jadi Admin Toko Online Andal di Tokopedia

8 Tips Jadi Admin Toko Online Andal di Tokopedia

Maksimalkan peran kamu sekarang juga biar penjualan toko makin melesat.

Diperbarui 06 Oct • Baca 2 menit

Hai, selamat ya kamu sudah resmi menjadi admin toko! Kini, saatnya kamu pantau dan memaksimalkan penjualan toko sesuai dengan peranmu. Seperti yang kamu tahu, fitur Admin Toko memiliki 6 peran yang berbeda-beda. Pastikan kamu mengetahui apa saja peranmu ya.

Baca juga: Kelola Toko Bisa Dijamin Aman Pakai Fitur Admin Toko

Pelajari tips menjadi admin toko online yang cekatan berdasarkan perannya berikut ini ya.

Tips menjadi Admin Toko online berdasarkan peran

1. Admin Kelola Toko

Sebagai Admin Kelola Toko, tugasmu adalah mengatur informasi toko dan mempercantik tampilan toko agar disukai oleh pembeli. Peranmu di sini sangat penting karena citra toko dapat dilihat dari bagaimana tampilan toko saat pertama kali dilihat oleh orang lain. Maka, kamu memiliki tugas sebagai berikut.

a. Mempercantik toko dengan fitur Dekorasi Toko

Tokopedia memiliki fitur Dekorasi Toko. Pada halaman Dekorasi Toko, kamu bisa tampilkan banner/gambar promosi toko, video, dan voucher promo. Selain tampil beda, kamu juga bisa menarik lebih banyak pembeli dengan konten-konten menarik yang akan meningkatkan branding toko tempatmu bekerja. Buat banner yang menarik dan hias dekorasi tokomu secantik mungkin ya.

Baca juga: Buat Halaman Toko Menarik dengan Fitur Dekorasi Toko!

b. Mengatur lokasi toko dan layanan pengiriman toko

Mengatur lokasi toko dan layanan pengiriman toko sangat penting untuk kegiatan pengiriman dan penjemputan produk yang dilakukan oleh kurir. Pastikan lokasi toko lengkap dan disertai dengan pinpoint ya. Jangan lupa juga untuk memilih layanan pengiriman yang tersedia di lokasi tokomu.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Pengiriman di Tokopedia dan Cara Mengaturnya

c. Mengatur layanan seperti Tukar Tambah dan Bayar di Tempat (COD)

Apabila toko tempatmu bekerja menjual gadget, kamu dapat mengaktifkan fitur Tukar Tambah. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Bayar di Tempat agar pembeli bisa membayar produkmu secara tunai setelah barang sampai ke pembeli. Pelajari fitur Tukar Tambah dan Bayar di Tempat di bawah ini.

1. Pelajari fitur Tukar Tambah di sini

2. Pelajari fitur COD (Bayar di Tempat) di sini

Baca juga: Cara Mengatur Alamat Toko untuk Penjemputan Paket

d. Mengatur jam operasional toko

Kerja jadi lebih efisien dengan mengatur jam operasional toko lewat fitur Atur Jadwal Toko. Fitur Atur Jadwal Toko memudahkan kamu mengatur jadwal buka-tutup toko dan jadwal libur toko lho. Jadi, nggak perlu takut terlambat balas pesan calon pembeli deh.

2. Admin Atur Produk

Seperti namanya, admin ini berperan dalam mengatur halaman produk seperti menambah/mengubah produk dan menambah/mengubah sekaligus produk. Selain itu, admin ini juga berperan dalam mengatur Produk Unggulan dan Etalase.

Baca Juga: Pakai Fitur Produk Unggulan Biar Produk Andalan Makin Kelihatan

Pastikan kamu selalu menggunakan kata kunci saat menambah produk agar produkmu dapat ditemukan oleh pembeli di halaman pencarian. Kamu dapat mencari kata kunci sesuai dengan produk yang kamu jual di halaman Wawasan Pasar.

Baca juga: Panduan Buat Tampilan Produk Menarik, Mulai dari Nama Hingga Foto

3. Admin Ubah Stok Produk

Kamu berperan dalam mengubah dan mengatur stok produk toko. Oleh karena itu, kamu harus memahami apa saja produk yang dijual di tokomu. Pastikan kamu mengenal nama dari setiap produkmu agar tidak ada kesalahan dalam menginput informasi produk saat menambahkan atau mengedit produk.

Nggak hanya itu, pastikan jika jumlah stok produk yang ada di gudang sesuai dengan stok produk yang ada di etalase toko ya. Hindari adanya stok kosong agar tidak ada pembatalan pesanan yang dilakukan oleh pembeli.

4. Admin Iklan & Promosi

Untuk memaksimalkan penjualan tokomu, kini kamu juga bisa membuat sekaligus memantau promosi tokomu. Dengan fitur Pengaturan Iklan & Promosi, kamu bisa membuat kampanye untuk mempromosikan tokomu sesuai dengan status keanggotaan toko sekaligus memantau performa promosi tokomu.

Dengan fitur Iklan dan Promosi, kamu bisa membuat promosi menggunakan layanan TopAds maupun Voucher Toko seperti Voucher Follower, Voucher Gratis Ongkir maupun Voucher Cashback. Yuk mulai maksimalkan peran kamu dalam menjadi Admin Iklan dan Promosi!

Sebelum menggunakan fitur Pengaturan Iklan & Promosi, pelajari fitur-fitur promosi toko selengkapnya di sini.

5. Admin Balas Pesan Pembeli

Admin ini berperan dalam menjalin hubungan baik ke pembeli dengan membalas pesan dari pembeli yang berada di kolom chat dan kolom diskusi. Sebagai admin, kamu harus bersikap ramah, sabar dalam berkomunikasi dengan mereka dan paham dengan produk yang dijual dan ditanyakan oleh pembeli.

Peran admin ini sangat penting karena kecepatan membalas pesan pembeli masuk ke dalam kriteria skor performa toko lho. Jika kamu lama membalas pesan pembeli, maka poin performa toko akan berkurang.

Nah, agar hal itu tidak terjadi, kamu dapat mengaktifkan fitur Balasan Otomatis untuk membalas pesan mereka saat pesan masuk di luar jam kerjamu.

6. Admin Kelola Pesanan Pembeli

Pastikan proses pesanan dan pengiriman tepat dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan agar poin performa tokomu nggak berkurang. Kamu juga harus cekatan dalam memberikan produk dan catatan khusus yang diberikan oleh pembeli agar pesanannya sesuai dan tidak berbuah komplain.

Baca juga: Cara Baru Terima Pesanan di Tokopedia Lewat Aplikasi Tokopedia Seller

7. Admin Pantau Statistik

Dengan memantau statistik toko, kamu dapat menganalisis produk mana yang laku terjual, pendapatan kotor, pendapatan bersih, pengeluaran, dan lainnya. Jangan lupa untuk membuat laporan rinci dan buat strategi untuk bisnismu ke depannya. Di Tokopedia, ada 3 fitur Statistik yang dapat kamu pantau, yaitu Wawasan Toko, Wawasan Operasional Toko, dan Wawasan Pasar.

Baca juga: Pantau Performa Toko dengan 1 Halaman di Wawasan Toko!

8. Admin Kelola Keuangan Toko

Khusus untuk toko Official Store dapat menggunakan fitur Admin Kelola Keuangan yang bertugas untuk memantau dan menarik keuangan toko dari hasil penghasilan ke rekening yg telah terdaftar. Agar tidak ada kesalahan jumlah, kamu perlu mencatat dan memiliki data lengkap sebelum dan sesuai menarik saldo untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tips menjadi Admin Toko yang cekatan sesuai dengan peran dan tugasmu. Sebelum memulai pekerjaan, ada baiknya kamu mencari informasi penting lain yang dapat mendukung pekerjaanmu ya. Semangat!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Pahami 8 Peran Admin Toko Banyak yang BARU Nih!

Admin tokoDiperbarui 14 OctBaca 2 menit
top description

8 Tips Jadi Admin Toko Online Andal di Tokopedia

Admin tokoDiperbarui 06 OctBaca 2 menit
top description

Cara Merekrut Admin Toko Andal Agar Kinerjanya Optimal

Admin tokoDiperbarui 18 AugBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual