Bocoran 5 Tipe Pembeli di Tokopedia! Seberapa Kenal Kamu?

Sstt, ada bocoran tipe pembeli, nih! Jangan lupa maksimalin sebelum keduluan Seller lain.

Diperbarui 06 Apr  • Baca 2 menit

Hai Seller tahukah kamu, dalam menentukan target sasaran bisnis yang tepat, kamu harus tahu terlebih dahulu siapa saja yang berbelanja di Tokopedia. Gimana kamu bisa membuat promosi atau strategi bisnis yang tepat kalau kamu tidak tahu karakter mereka, kan? Untuk itu, Tokopedia akan memberikan bocoran tipe pembeli di Tokopedia. Simak di bawah ini ya!

5 Tipe pembeli di Tokopedia

1. Promo hunter: belanja banyak saat ada promo

Tipe pembeli ini berani ngabisin waktu lama di Tokopedia demi mendapatkan promo yang cocok untuknya. Mereka akan membeli produk secara banyak untuk memenuhi ketentuan promo. Misalnya nih, ada promo “beli 2 diskon 10%”, nah mereka akan membeli 2 produk itu biar bisa dapat diskon 10%.

Biasanya, mereka akan mengunjungi halaman toko untuk mengetahui promo yang diberikan oleh toko. Tidak terlalu peduli dengan ulasan produk, karena mereka membeli produk karena promonya. Hayo, siapa nih yang masih malas pasang promo di Dekorasi Toko?

2. Fokus ke produk: si paling tahan godaan promo

Sumber: pexels.com/Lizasummer

Tahu persis apa yang ingin mereka beli, oleh karena itu tidak perlu memeriksa atau menjelajahi produk lain, ulasan, dan toko. Berhubung mereka datang ke Tokopedia dengan memikirkan produk, durasi hingga masuk ke keranjang dan pemesanan agak cepat. Kemungkinan besar, tipe pembeli seperti ini tidak begitu mencari promo untuk memutuskan pembeliannya.

3. Impulsive Buyer: yang penting punya dulu daripada menyesal

Apakah ini tipe pembeli yang suka tiba-tiba kaget pesanannya sudah dalam pengiriman?

Tipe pembeli satu ini biasanya melakukan pemesanan karena tertarik dengan visual produk yang menarik di halaman pencarian produk. Mereka berpikir bahwa "ini adalah produk yang bagus, saya harus membeli ini" dan membeli produk tersebut tanpa pikir panjang, tanpa mempertimbangkan promo. Kemungkinan karena spontanitas, mereka tidak sempat mencari promo yang ada.

4. Perlu bukti: Si paling jatuh cinta pada ulasan yang banyak

Sumber: pexels.com/cupofcouple

Tipe pembeli yang satu ini "harus melihatnya untuk mempercayainya". Kemungkinan besar mereka akan membeli suatu produk jika produk tersebut terbukti baik secara kualitas berdasarkan ulasan yang diberikan. Ketika mereka menemukan produk yang dicari memiliki ulasan yang banyak dan baik, maka langsung dibeli tanpa memilih produk lainnya.

5. Tipe Pemilih: Raga boleh lelah, tapi scrolling gak boleh nyerah!

Sumber: pexels.com/shvetsproduction

Tipe ini selalu menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan antara produk sebelum benar-benar membeli. Kalau belum ketemu atau pas di hati, masih terus scrolling sampai menemukan yang pas.

Biasanya mereka akan mengunjungi halaman produk dari masing-masing produk yang muncul di pencariannya. Berbeda dengan pembeli yang memerlukan bukti, pembeli ini tidak membandingkan produk berdasarkan ulasan, melainkan apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk mereka atau tidak.

Nah, itulah 5 tipe pembeli di Tokopedia. Setelah mengetahui 5 tipe ini, kamu harus manfaatkan untuk membuat promosi, launching, atau strategi bisnis yang lebih dekat dengan pembeli.

Selamat mencoba ya Seller.

Baca juga:

Perbaiki Info Produk

Info Produk Baik, Bisa Dilirik

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual