Kenali Tipe Pembeli dan Cara Menarik Perhatiannya

Tipe Pembeli dan Cara Menarik PerhatiannyaSetiap orang memiliki kebiasaan, rutinitas, serta sifat yang berbeda. Hal ini turut mempengaruhi cara mereka bersikap sebagai konsumen atau audience. Sebagai penjual, Anda harus tau bagaimana untuk berkomunikasi dengan mereka dalam melakukan promosi, hal ini tidak lain adalah agar pesan dalam promosi dapat mempengaruhi mereka dalam merespon sebuah komunikasi pemasaran. 

Untuk mencapai tujuan Anda, yaitu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk, yuk, simak macam-macam tipe pembeli dan cara menarik perhatian mereka. 

Tipe Pembeli dan Cara Menarik Perhatiannya

  1. Pembeli Baru

Pembeli baru adalah orang yang telah melakukan pembelian di toko Anda, namun baru melakukannya pertama kali. Walaupun mereka telah membeli produk Anda dan Anda telah mendapatkan untung, mereka tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Setelah mereka menerima produk, pastikan Anda memberikan kontak yang dapat dihubungi jika mereka menghadapi kendala. Hal ini akan membuat mereka merasa dilayani sepenuhnya dan mereka akan merasa nyaman, sehingga akan muncul keinginan untuk membeli kembali. 

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

  1. Pecinta Harga Murah

Konsumen dengan tipe seperti ini merupakan orang yang senang melakukan penghematan. Konsumen ini enggan membayar 50 ribu untuk barang yang mereka tahu harganya tidak sebesar itu. Namun konsumen seperti ini rela membayar harga yang sama jika ada diskon dari promo 50% dan harga barang aslinya 100 ribu. 

Pelanggan seperti ini juga punya kebiasaan membeli barang secara spontan, alias tanpa perencanaan karena ada diskon. Cara untuk menjaring konsumen seperti ini adalah dengan menempatkan seluruh promosi yang Anda tawarkan di banyak tempat, dengan begitu akan akan semakin banyak orang yang sadar terhadap promosi Anda. 

Baca juga: Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

  1. Pelanggan Loyal

Pelanggan yang loyal alias pelanggan setia, merupakan tipe pelanggan yang harus Anda pertahankan dan diberikan layanan yang terbaik. Pelanggan seperti ini biasanya terus melakukan pembelian ulang dan menjadikan produk Anda sebagai pilihan utama dan biasanya tidak lagi memerhatikan harga. Namun biasanya pelanggan yang loyal juga merasakan kepuasan setelah membeli produk Anda, jadi jika ingin menjaring pelanggan setia lebih banyak lagi, buatlah strategi agar mereka mau terus membeli berulang kali hingga menjadi pelanggan tetap. 

Cara menarik perhatian pelanggan yang seperti ini adalah melakukan mereka secara spesial. Mereka akan senang Anda perhatikan karena merasa dihargai, dengan begitu akan muncul perasaan emosional yang membuat dirinya terikat dengan produk atau toko Anda, yang kemudian akan mendorong mereka terus membeli. 

  1. Pembeli Potensial

Tipe pembeli seperti ini adalah mereka yang sebenarnya belum membeli produk Anda. Namun mereka memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Seperti misalnya pada toko online, mereka sudah menyukai foto produk di toko Anda, memfollow toko Anda, hingga mengunjungi website. Mereka lah yang harus dijadikan prioritas, karena sebenarnya mereka telah mengetahui toko Anda dan memiliki niatan untuk membeli.

Bagaimana agar mereka segera membeli? Pancing dengan diskon yang hanya berlaku dalam waktu singkat, atau biasa dikenal dengan flash sale. Dengan cara ini ada kemungkinan besar mereka akan bertransaksi di toko Anda. 

Baca juga: Ikutan Flash Sale: Cara Cepat Toko Dilirik Pembeli

  1. Pembeli Impulsif 

Pembeli seperti ini dapat dikatakan sebagai pembeli yang mudah tergoda dan cepat untuk memutuskan untuk melakukan pembelian. Pembeli impulsif mirip dengan pembeli yang suka harga murah, hanya saja pembeli impulsif bukan hanya dipengaruhi harga, namun juga berbagai kemudahan dan layanan yang diberikan.

Sebenarnya usaha untuk mengambil perhatian pembeli impulsif tidak sulit, Anda tidak perlu melakukan persuasi besar-besaran. Pembeli seperti ini hanya suka diberikan layanan yang baik. Misalnya saat ditanya tentang ketersediaan barang, membalasnya dengan cepat dan jelas. Lalu kemudahan layanan seperti membayar di tempat, juga turut mempengaruhi mereka untuk segera melakukan transaksi. 

Baca Juga: 5 Tipe Promosi yang Disukai Pembeli

Itulah 5 tipe pembeli dan cara menarik perhatiannya! Sudah paham kan bagaimana sikap mereka? Jangan lupa setelah ini cari tahu seperti apa tipe calon pembeli Anda dan susun strategi agar mereka dapat membeli di toko Anda dan juga bisa memaksimalkan keuntungan. Selamat mencoba!

Ingin membuat promo tokomu sendiri? Yuk, coba gunakan Voucher Toko!

BUAT VOUCHER SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller