Mengenal Teknik Viral Marketing dan Cara Menerapkannya

Teknik Viral Marketing – Kata “viral” sedang populer belakangan ini, tapi apa itu viral? Viral adalah kata sifat dari internet yang dapat ditafsirkan untuk menggambarkan sesuatu yang cepat menjadi populer di kalangan pengguna internet dari satu user ke yang lainnya menggunakan beberapa media sosial. Ternyata, viral sendiri memiliki teknik marketingnya untuk meningkatkan demand agar memuncak secara berkala.

Seperti contohnya, fidget spinner merupakan produk viral yang berhasil memikat banyak orang untuk membeli produk ini. Dimulai dari media sosial dan dari mulut ke mulut. Kuncinya juga harus memiliki value proposition sendiri yang berbeda dari produk lain. 

Nah, berikut teknik viral marketing yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu.

Teknik Viral Marketing

  • Menciptakan Produk yang Unik

Salah satu teknik viral marketing adalah untuk mengulik ide-ide kamu dan merealisasikannya. Membuat suatu produk viral dapat kamu lihat dari segi nilainya yang berbeda dari yang lain. Produk yang unik lebih memikat banyak pelanggan. Oleh karena itu, pastikan produk yang ingin kamu buat segar dan baru di pasaran. Pastikan juga berguna untuk orang banyak.

  • Menarik Perhatian Konsumen Secara Online

Teknik marketing sekarang banyak melalui platform online, begitu pula dengan viral marketing Pastikan kamu menampilkan konten yang menarik untuk produk kamu beserta promo dan informasi lainnya seperti kelebihan, spesifikasi, desain, dan lain-lain.

  • Membuat Konten Mengenai Produk 

Membuat suatu konten mengenai produk yang kamu jual dapat memberikan banyak informasi yang mudah dipahami oleh banyak orang. Konten tersebut dapat kamu lakukan di beberapa media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, atau Facebook. Kamu juga dapat berkreasi sendiri untuk menaikkan nama produk kamu hingga viral. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukan paid promote atau endorse terhadap banyak influencer dalam waktu yang ditentukan. Dari rekomendasi influencer yang memiliki banyak followers, maka banyak orang yang sadar akan produk kamu dari manfaat, kegunaan, hingga kinerjanya. Pastikan kamu buat sekreatif mungkin dan tidak membosankan.

Kamu juga dapat memanfaatkan konten lucu pada media sosial. Seperti contohnya, kamu dapat bekerja sama dengan akun-akun lucu di Instagram untuk mempromosikan produk kamu dengan komedi yang menarik perhatian banyak orang. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Pemasaran Melalui Sosial Media

  • Variasi Produk

Untuk meningkatkan promosi dan nilai pada produk ini, maka disarankan untuk memiliki beberapa variasi dan desain yang beragam. Salah satu contohnya adalah pada produk sedotan stainless steel, mereka tidak hanya menawarkan satu warna yaitu silver saja. Tetapi, mereka juga menawarkan banyak warna yang kelihatan cantik untuk digunakan. Selain itu, banyak memiliki kantung atau pouch untuk produk ini dengan beragam desain yang unik dan lucu. 

Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan menambahkan fitur lucu pada produk kamu atau memberikan variasi pada produk kamu seperti warna, desain, gambar, dan lain-lain.

Melakukan Teknik Viral Marketing

Salah satu hal untuk mempertahankan popularitas produk kamu adalah dengan teknik khusus satu ini. Biasanya, produk viral adalah produk yang berhasil diketahui oleh rekomendasi orang lain (mouth-to-mouth), maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan teknik ini. Salah satu contohnya adalah dengan mendorong pelanggannya untuk mengundang pelanggan baru. Bagi pelanggan yang berhasil mengundang pelanggan baru untuk membeli di tokonya akan diberi reward atau penghargaan, contohnya dengan voucher atau diskon. Hal ini akan mendorong banyak pelanggan mencari pelanggan baru demi mendapatkan potongan harga dan promo yang menguntungkan. Dari sini, kedua belah pihak akan merasa diuntungkan, dan produk kamu akan terus meningkat popularitasnya.

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

Jadi, itulah beberapa teknik marketing viral yang dapat kamu terapkan. Prosesnya tentu saja tidak akan mudah seperti kelihatannya. Semuanya membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Yuk, aplikasikan teknik marketing ini, Toppers!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller