8 Sumber Modal Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sumber Modal Usaha – Kebutuhan pelajar dan mahasiswa sekarang terus meningkat dan sepertinya tak cukup jika hanya mengandalkan uang dari orang tua. Sedang kuliah atau sekolah sambil memulai usaha pun menjadi tren baru dikalangan remaja untuk menjadi pengusaha muda. Selain untuk menambah pemasukan, keinginan mulai berbisnis dari usia muda juga sangatlah baik untuk masa depan. Namun kendalanya untuk para pelajar dan mahasiswa adalah modal.

Jangan biarkan status pelajar atau mahasiswa dijadikan sebuah penghambat untuk memulai usaha, kamu kini bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan modal untuk memulai sebuah usaha. Berikut ide sumber modal usaha untuk pelajar dan mahasiswa.

Sumber Modal Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa

1. Menabung dari Uang Jajan

Jika kamu mendapatkan uang jajan rutin dari orangtua, sisihkanlah 10%-20%nya untuk ditempatkan ke dalam tabungan yang terpisah. Pilihlah tabungan yang potongannya kecil atau pilih tabungan yang tak membebankan potongan bulanan kepada para nasabahnya.

2. Bekerja di Waktu Senggang

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha untuk pelajar dan mahasiswa adalah dengan bekerja di waktu senggang atau bekerja sebagai part timer. Kamu bisa bekerja di coffee shop atau di tempat makan. Jika kamu bekerja sebagai part-timer, kamu tidak hanya mendapatkan uang tetapi juga kamu akan menambah ilmu baru yang bisa kamu terapkan saat usahamu sudah berjalan.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak, kamu juga bisa mencoba freelance. Kebanyakan freelance hanya butuh modal laptop, seperti jika kamu menjadi freelance writer contohnya. Kamu bisa mengerjakan freelance-mu di akhir pekan dan tidak akan mengganggu waktu belajarmu. 

Baca juga: Ide Kerja Part-Time untuk Anak Kuliahan yang Mudah

3. Mengajukan Proposal kepada Investor

Salah satu cara cepat mendapatkan modal usaha  adalah mengajukan proposal bisnis kepada investor. Pelajar dan mahasiswa dikenal dengan kreativitas yang tinggi sehingga memungkinkan investor tertarik dengan ide-ide usaha yang diajukan. Ajukan proposal kepada perusahaan yang peduli dengan usaha-usaha kecil, terutama usaha yang dijalankan pelajar dan mahasiswa.

4. Mengikuti Lomba

kreativitas pelajar dan mahasiswa yang tinggi membuat tidak sulit untuk mengikuti lomba-lomba,terutama lomba yang menjanjikan uang sebagai hadiahnya.Cara ini patut dicoba karena jika beruntung kamu bisa mendapatkan modal dengan cara cepat.jenis -jenis lomba yang kamu bisa ikuti seperti kompetisi wirausaha mahasiswa selain kamu mendapatkan modal tapi kamu juga mendapatkan tambahan prestasi dan  ilmu yang berguna.

5. Join Modal dengan Teman

Membangun usaha dengan teman yang kamu percayai adalah ide yang bagus jika kamu minim budget untuk modal usaha. Selagi mengurangi beban, kamu juga bisa bertukar ide dan pikiran untuk menciptakan usaha yang lebih baik dan nantinya disukai banyak orang.

6. Menjual Hasil Kreativitas dan Hobi 

Menjual hasil kreativitas kamu bisa juga menjadi pilihan untuk mengumpulkan modal. Jika kamu memiliki hobi melukis, kamu bisa menjual hasil lukisan. Jika kamu memiliki hobi menjahit, kamu bisa menjual produk seperti bantal custom atau pakaian dan produk lainnya.

Baca juga: Tips dan Trik Berjualan Kategori Mainan dan Hobi

7. Menjadi Guru Bimbingan

Sambil belajar, kamu juga bisa membagikan hasilnya pada orang lain dengan menjadi guru bimbingan. Contohnya kamu bisa menjadi guru bimbingan Bahasa Inggris yang pastinya banyak yang butuh, baik siswa yang akan menghadapi ujian, maupun yang akan bekerja. Hanya saja, lebih efektif jika dilakukan secara kelompok. Mungkin kamu bisa membuat les privat untuk siswa/siswi sekolah dasar atau sekolah menengah.

8. Mengajukan Pinjaman Modal

Kini mengajukan pinjaman modal jadi lebih mudah dengan Modal Toko di Tokopedia. Modal Toko adalah fasilitas pinjaman dalam bentuk limit kredit yang dapat digunakan oleh penjual sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usaha, seperti untuk tambah stok, tambah varian, dan berbagai hal yang berhubungan dengan bisnismu.

Saat ini Modal Toko baru tersedia untuk Seller terpilih yang memiliki umur akun minimal 6 bulan dengan jumlah transaksi tertentu.

Baca juga: Pinjam Modal Usaha Makin Mudah & Fleksibel dengan Modal Toko

Itu dia cara yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan modal usaha. Persiapkan semua langkah-langkah, mulai dari menentukan usaha apa yang ingin kamu buat sampai kemana kamu akan pasarkan produk hasil usahamu. Persiapan sangat dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha agar nantinya usahamu berjalan lancar. Yuk, buka toko sekarang di Tokopedia!

BUKA TOKO SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller