Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Kamu Coba

Strategi Pemasaran Produk – Jika kamu pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, kamu pasti pernah mengalami kesulitan untuk memasarkannya. Mungkin kamu menawarkan produk atau layanan baru terbaik, tetapi jika kamu tidak mempromosikannya dengan benar, kamu mungkin akan kehilangan uang. Berikut adalah beberapa strategi marketing untuk mempromosikan layanan atau produk baru untuk bisnis kamu!

Strategi Pemasaran Produk

  • Strategi Pemasaran Storytelling

Ganti gaya promosi kamu dengan menceritakan suatu produk yang akan kamu jual. Pernahkah kamu mendengar seseorang bercerita dan sesaat, emosi kamu terbawa oleh apa yang dia sampaikan?

Sebuah cerita terbukti secara ilmiah dapat menarik perhatian seseorang. Faktanya, sebuah cerita dapat menstimulasi aktivitas otak. Ketika kamu membaca atau mendengar cerita, neuron di otak akan menjadi lebih aktif. Itulah mengapa kamu harus menerapkan metode storytelling untuk produk yang akan kamu jual.

Menerapkan storytelling ke dalam pemasaran akan membuat produk kamu terlihat lebih hidup dan lebih terlihat seperti manusia. Hal ini memungkinkan produk kamu dapat terhubung dengan konsumen dengan cara yang lebih personal.

  • Strategi Pemasaran dengan Kontes Sosial Media

Kontes, hadiah, dan undian adalah alat yang sangat populer di kalangan pemasar berkualitas tinggi. Mengapa? Pemasar tahu bahwa kontes media sosial berfungsi!

Kontes Sosial Media adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk terhubung dengan pelanggan dan membawa lebih banyak penggemar untuk platform media sosial kamu.

Seperti contoh kamu dapat mengadakan kontes, quiz, atau undian berhadiah di platform media sosial yang kamu gunakan. Mengadakan event seperti ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam hal mempromosikan sesuatu baik itu produk barang atau jasa yang kamu tawarkan di media sosial. 

Dengan mengadakan kontes di media sosial, kamu akan mendapatkan Impresi yang tinggi dari target pasar dan pelanggan akan merasa dekat karena terlibat dalam kontes tersebut.

Sebagai contoh, dalam rangka untuk mempromosikan produk kamu misalnya berupa pakaian melalui Instagram, kamu bisa mengadakan kuis untuk membagi-bagi produk pakaian kamu. Dan hasil kuis ini akan memberikan dampak yang cukup dalam upaya untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Sosial Media: Tempat Promosi Paling Ampuh dan Terbaik

  • Strategi Pemasaran Influencer Marketing

Meminta bantuan influencer untuk memasarkan produk merupakan strategi baru di dunia marketing digital. Influencer marketing adalah cara promosi, pemasaran atau marketing yang menggunakan influencer di sosial media seperti Instagram, YouTube, Blog, Twitter dan lain sebagainya. 

Seorang influencer tentunya disukai dan dipercaya oleh followers atau audience mereka sehingga apa yang mereka pakai, sampaikan atau perkenalkan bisa mempengaruhi para followers-nya, termasuk untuk mencoba atau membeli sebuah produk.

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing Serta Keuntungannya untuk Bisnis

  • Strategi Pemasaran dengan Share di Media Sosial

Promosi di media sosial bisa dilakukan dengan cara menyebarkan konten informasi, promosi atau ilmu yang bisa memberikan manfaat kepada konsumen. Misalnya ketika akan menjual alat musik maka informasi yang bisa dibagikan adalah semua yang berhubungan dengan musik, tata cara merawatnya atau fakta menarik alat musik tersebut.

Semua itu bisa didapatkan dengan mudah dari buku, internet, dan lain-lain. Bisa juga dengan melakukan promosi dengan mengadakan giveaway atau melakukan kuis berhadiah yang menarik dengan hadiah instrumen musik dan ide-ide menarik lainnya yang bisa digunakan.

  • Strategi Pemasaran dengan Customer Review

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk lainnya yaitu dengan membiarkan pelanggan berbicara tentang produk yang kamu tawarkan. Review pelanggan di website kamu membantu meningkatkan kepercayaan calon pembeli lainnya terhadap produk kamu. Adanya review memperlihatkan kamu cukup percaya diri dengan produk yang kamu jual. 

Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan kalau banyak pelanggan  yang membaca review online dari pelanggan sebelumnya dan menganggap review online itu sama pentingnya dengan testimoni dari teman atau keluarga. Di samping memuat review, membalas review pelanggan juga akan menambah impresi dan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Review Bintang 5 dari Pelanggan

  • Strategi Pemasaran dengan Promosi dalam Toko

Kamu bisa mengadakan promo di toko kamu untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Kamu bisa mengadakan promo di hari-hari spesial seperti diskon akhir tahun, special price di hari raya tertentu, diskon selama lebaran adalah beberapa contoh promosi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan produk kamu.

  • Strategi Pemasaran dengan Memasang Iklan di E-commerce

Perkembangan bisnis e-commerce di indonesia saat ini sudah meningkat dibanding beberapa tahun yang lalu yang hanya dikuasai beberapa e-commerce saja. Banyak perusahaan-perusahaan besar hingga toko kecil mulai menggunakan e-commerce untuk menjual barangnya secara online, seperti di Tokopedia. Di Tokopedia kamu bisa menggunakan TopAds sebagai media beriklan. Dengan TopAds iklan, kamu bisa tampil teratas di halaman strategis dan lebih mudah ditemukan pembeli. Dengan begitu, beriklan jadi lebih mudah dan produk bisa langsung dilihat pembeli.

Sekarang, kamu sudah tahu kan strategi marketing yang efektif untuk kamu gunakan di era digital ini? 

MULAI BERIKLAN SEKARANG

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller