Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Sales & Marketing
  2. 8 Strategi untuk Meningkatkan Target Penjualan

8 Strategi untuk Meningkatkan Target Penjualan

Diperbarui 19 May • Baca 2 menit

Untuk mencapai target penjualan Anda bukanlah hal yang mudah. Nah, untuk membantu Anda meningkatkan target penjualan, berikut adalah strategi terbaik untuk mencapai target penjualan yang bisa Anda lakukan.

Strategi untuk Meningkatkan Target Penjualan

1. Planning

Rencanakan hari Anda untuk membantu memastikan Anda tetap fokus. Merencanakan waktu menjadikan hari Anda terorganisir dengan baik, sehingga lebih banyak yang bisa Anda lakukan, termasuk untuk fokus dalam meningkatkan target penjualan.

2. Lakukan Auditing

Waktu Anda sangatlah berharga sehingga membuang waktu pada peluang yang tidak akan menjadi keuntungan bagi bisnis Anda akan sangat merugikan. Lakukan auditing secara berkala dan pastikan fokus dan waktu Anda dihabiskan untuk peluang yang menghasilkan keuntungan untuk mencapai target penjualan.

3. Hindari Gangguan

Gangguan akan selalu ada di sekitar Anda dan dapat mengalihkan perhatian Anda dalam mencapai target. Pastikan tim bisnis Anda fokus dan menghindari gangguan apa pun. Ini tidak berarti Anda harus menjadi pendiam dan tidak melakukan apa-apa selain fokus, tetapi pastikan sebagian besar waktu Anda melakukan aktivitas yang cenderung menghasilkan hasil untuk mencapai target.

4. Coba Pendekatan yang Berbeda

Jika Anda melakukan hal yang sama terus-menerus tetapi mengharapkan hasil yang berbeda, itu tidak akan terjadi. Jika Anda telah berjuang untuk mencapai target tetapi tetap melakukan hal yang sama dan mengikuti proses yang sama Anda tidak akan berkembang.

Cobalah pendekatan yang berbeda, dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah strategi Anda berhasil atau tidak.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Bersaing dengan Penjual di Tokopedia

5. Berikan Referral

Strategi lain untuk mencapai target adalah dengan menggunakan pelanggan lama dan yang sudah ada untuk mendapatkan referral. Peluang ini cenderung memiliki rasio konversi tinggi. Jadi berikan diskon untuk pelanggan lama jika mereka berhasil membujuk temannya untuk beli di toko Anda juga menggunakan referral.

6. Gunakan Sosial Media

Jika Anda tidak menggunakan media sosial dalam proses bisnis Anda, Anda ketinggalan banyak hal. Sosial media dapat membantu Anda dalam hal marketing, menyuguhkan konten yang menarik, dan membantu Anda mengidentifikasi lebih banyak potensi customer selagi membangun hubungan yang jauh lebih baik dengan mereka.

Baca juga: Media Sosial, Salah Satu Sarana Promosi Toko Paling Efektif

7. Menargetkan Promosi

Promosi bisa membantumu meningkatkan target penjualan. Buatlah konsumen tertarik melalui iklan promosimu. Tentu kalian harus membuat sebuah promosi efektif agar bisa menekan budget serta mampu membuat orang-orang tertarik.

Lewat promosi kalian bisa menciptakan sebuah engagement terhadap pembeli dengan produk. Ketika engagement telah terjalin, maka bisa dibilang target penjualan akan berhasil.

8. Gunakan Pengingat Visual

Anda mungkin sudah banyak memikirkan plan dan ingin mengeksekusinya, tetapi lebih baik simpan juga pengingat visual di meja Anda untuk mengingatkan Anda tentang target yang ingin Anda capai sebagai motivasi juga.

9. Aplikasikan Metode SMART

SMART adalah kepanjangan dari specific, measurable, attainable, realistic dan time bounded. Mari kita bahas satu per satu. Dimulai dulu dari spesific. Target penjualan harus memiliki dasar pencapaian pasti dan tidak mengambang.

Lalu, measurable. Target penjualan harus bisa diukur dengan mudah, apakah sudah tercapai atau belum. Kemudian attainable, ketika menentukan target penjualan, harus yakin bahwa kamu mampu meraihnya. Keempat realistic, nah, target pun harus realistis ya, Sellers. Hasil spektakuler juga harus berimbang dengan kualitas yang ditawarkan.

Terakhir, time bounded. Target penjualan harus ada batas waktu, seperti kapan kalian akan mencapai target tersebut, atau kapan waktu untuk mengeksekusi rencana-rencanamu.

10. Pantang Menyerah

Dalam proses berbisnis pasti semua orang menghadapi masalah. Untuk menghadapi masalah dan tetap mencapai target tidaklah mudah. Tetapi janganlah menyerah dan dorong diri Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Itu dia 8 strategi meningkatkan target penjualan. Ayo mulai tingkatkan target penjualan Anda dari sekarang untuk mencapai goal yang Anda impikan! 

Belum memiliki toko? Yuk buka toko sekarang di Tokopedia untuk jualan yang lebih mudah dan aman!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

6 Cara Memaksimalkan Performa Facebook CPAS

Sales & MarketingDiperbarui 05 OctBaca 4 menit
top description

Pakai Facebook CPAS, Jangkau Lebih Banyak Pembeli Potensial!

Sales & MarketingDiperbarui 05 OctBaca 3 menit
top description

Mengenal Internet Marketing Tokopedia untuk Meningkatkan Kunjungan Produk

Sales & MarketingDiperbarui 12 JulBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual