Tarik Pembeli agar Kembali Beli di Toko Anda dengan Strategi Ini

Customer Sevice yang baik adalah ketika Anda dapat menjaga pelanggan Anda untuk kembali berbelanja ke toko!”

Salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis adalah pelayanan terhadap konsumen atau pelanggan yang juga dikenal dengan istilah customer service. Menyediakan pelayanan yang memuaskan adalah cara terbaik bagi perusahaan-perusahaan untuk menarik konsumen dan membuat mereka terus menggunakan produk Anda. Pelayanan yang memuaskan dapat pula membuat bisnis Anda berbeda bahkan memiliki kelebihan tersendiri dalam menarik pelanggan.

Sebagai penjual online, pastinya Anda ingin memiliki pelanggan yang dapat terus memberikan keuntungan, bukan? Hal tersebut bisa didapatkan jika Anda mampu mengubah pembeli Anda menjadi pelanggan tetap. Ketika sudah menjadi pelanggan tetap toko Anda, mereka akan menjadi sangat menguntungkan. Untuk mencapai tahap tersebut, berikut strategi yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan kembali ke toko online Anda:

Strategi Menarik Kembali Pelanggan Toko Online

  • Posisikan Diri Anda Sebagai Pembeli

Seringkali penjual melupakan apa yang menjadi keinginan pembeli dan lebih terfokus pada keinginannya sendiri. Untuk itu, posisikan diri Anda sebagai konsumen atau pembeli, sehingga Anda akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli.

  • Responsif, Ramah dan Ucapkan Terima Kasih

Semakin banyak penjual baru yang bermunculan, memaksa Anda untuk berpikir tentang cara bersaing dengan kompetitor. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah bersikap responsif serta menunjukkan keramahan Anda kepada pelanggan, sehingga mereka merasa nyaman saat berbelanja. Di akhir transaksi, Anda bisa menyiapkan template ucapan terima kasih kepada pelanggan yang sudah berbelanja di toko Anda. Hal tersebut bisa Anda lakukan di Tokopedia sehingga setiap pelanggan yang berbelanja di toko Anda akan merasa senang.

  • Konten yang Menarik

Konten yang menarik dapat menangkap perhatian konsumen, sehingga mereka merasa terhibur dan tidak pernah bosan dengan produk Anda. Dalam membuat konten, Anda bisa menggunakan cerita atau testimoni dari konsumen Anda yang dibungkus secara menarik.

  • Hindari Kata-kata Penolakan

Dalam berinteraksi dengan konsumen, usahakan untuk tidak mengatakan “Saya Tidak Bisa” ganti kalimat tersebut dengan “Saya akan usahakan” dan berikan solusi alternatif yang lebih baik.

  • Berikan Promosi

Siapa yang tidak suka dengan promosi? Pelanggan selalu mencari promosi menarik saat berbelanja. Melalui promosi Anda dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda. Buatlah promosi secara berkala namun tidak terus-menerus, untuk menghindari ketergantungan konsumen pada promosi. Tokopedia telah menyediakan fitur Voucher Toko dalam bentuk Cashback dan Gratis Ongkir.

BUAT VOUCHER SEKARANG

Baca juga: Atur Promo Sesuai Budget dengan Voucher Toko!

  • Hargailah Konsumen yang Komplain

Berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada konsumen yang komplain kepada Anda, karena itu adalah tanda bahwa bisnis dan toko online Anda mulai mendapatkan perhatian dari mereka. Berdasarkan sebuah penelitian, 90% konsumen yang melakukan komplain akan kembali melakukan transaksi pembelian.

Baca juga: Cara Meminimalisir Komplain di Toko Anda

  • Bangun Komunikasi

Usahakan untuk terus membangun komunikasi yang baik dengan konsumen Anda. Selalu berikan informasi yang jelas mengenai transaksi seperti pemesanan, pengiriman, pengembalian barang, dan lainnya. Apabila terjadi perubahan, komunikasikan kepada pelanggan setiap detail perubahan tersebut.

  • Buatlah Pemberitahuan

Update info terbaru seputar produk dan toko Anda secara berkala, untuk menarik perhatian pelanggan. Anda dapat memberi info terkait dengan produk baru, produk sale, dan kebijakan toko Anda. Di Tokopedia, pengumuman ini dapat anda letakkan di Cover Photo, diskusi, atau di deskripsi produk dan toko. Sekarang Tokopedia juga menyediakan Fitur Feed untuk Anda memberikan pengumuman atau sekedar update saja tentang produk.

Baca juga: Cara Ampuh Biar Konten Feed Makin Populer

  • Lakukan Hal yang Berbeda

Semakin ketatnya persaingan, sebagai pelaku bisnis Anda harus mampu mencari cara yang inovatif untuk memasarkan produk. Salah satu tips menarik pelanggan tetap yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan packaging atau kemasan yang menarik. Di Tokopedia, hal ini telah diterapkan oleh salah satu penjual. Penjual tersebut mendesain sendiri bungkus untuk packaging barang-barangnya. Ada lagi yang menggunakan kertas kado sebagai kemasannya sehingga konsumen merasa spesial ketika menerima paket. Dengan melakukan hal demikian, peluang konsumen untuk menjadi pelanggan tetap akan semakin besar.

  • Pastikan Konsumen Senang

Usahakan untuk menanyakan pendapat pembeli dan pelanggan setelah mereka mendapatkan produk Anda dan pastikan produk Anda dapat menyenangkan serta memuaskan mereka.

Jadi, dari strategi diatas bisa disimpulkan bahwa pelayanan pembeli dan pelanggan merupakan aspek penting dalam bisnis Anda. Yuk, mulai untuk terapkan strategi-strategi tersebut! Mulailah dari langkah-langkah kecil seperti ucapan terima kasih dan berikan apresiasi kepada konsumen Anda agar mereka terus berbelanja di toko Anda.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller