[#DariNakama] Hati-Hati Boncos karena Salah Strategi Pasang Komisi Ekstra Affiliate

Tim Sales Operation Affiliate mau ngasih bocoran strategi pasang komisi yang optimal

Diperbarui 23 Jan  • Baca 2 menit

Hi Seller, tahukah kamu saat ini Dipromosikan Affiliate adalah jenis promosi yang menjanjikan? Karena kamu hanya membayar komisi untuk Affiliate setelah produkmu terjual. Masih ragu untuk mengatur komisi? Yuk simak strategi dari Jessica, Sales Operation Affiliate Tokopedia!

Gak Takut Boncos, Atur Maksimum Komisi dan Anggaran!

Saat membuat komisi dengan fitur Dipromosikan Affiliate, terdapat konfigurasi yang sangat berguna untukmu. Meskipun kamu hanya membayar komisi untuk setiap penjualan yang berhasil, dengan konfigurasi ini, kamu bisa menjaga pengeluaran untuk pemasaran afiliasi tokomu.

Kedua konfigurasi tersebut di antaranya adalah:

1. Maksimum komisi

Maksimum komisi ialah nominal komisi tertinggi yang dapat diterima oleh Affiliate untuk setiap barang yang berhasil terjual. Maksimum komisi terendah yang dapat kamu berikan ialah setidaknya Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah).

  • Apabila kamu belum memiliki komisi, kamu dapat menambahkan nominal maksimum komisi pada saat kamu sedang menentukan nilai komisi. Maksimum komisi akan berlaku untuk Affiliate yang mengikuti periode komisi-mu.
  • Apabila kamu sudah memiliki komisi, kamu dapat mengklik tombol ‘Atur’ pada Komisi Aktif yang ingin kamu berikan maksimum komisi. Maksimum komisi akan berlaku setelah 3 (tiga) hari semenjak hari dipasangnya maksimum komisi, pada pukul 00:00. Contoh: Seller menambahkan maksimum komisi pada tanggal 14 Juli, maka maksimum komisi Seller akan berlaku untuk Affiliate mulai tanggal 18 Juli, pukul 00:00.

2. Anggaran

Anggaran ialah nominal yang akan dialokasikan oleh Seller untuk komisi affiliate. Minimum anggaran yang dapat Seller tambahkan adalah Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah). Seller dapat mengecek penggunaan anggaran dan juga performa komisi pada Wawasan Komisi.

Apabila kamu sudah memiliki komisi, kamu dapat mengklik tombol ‘Atur’ pada Komisi Aktif yang ingin kamu berikan anggaran. Anggaran akan segera berlaku setelah perubahan disimpan. Kamu tidak dapat mengubah anggaran dengan nominal yang lebih kecil dari anggaran yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Nah, setelah kamu memiliki anggaran, pengeluaran komisi tidak akan melebihi anggaran yang kamu punya karena komisi tokomu akan dihentikan otomatis apabila sudah mencapai 100% anggaran.

Berapa Budget yang Direkomendasikan Tokopedia?

Menurut data Tokopedia, Seller dapat menghasilkan penjualan terbanyak dengan komisi dimulai dari 3% saja loh! Dengan komisi 3%, beberapa Seller hanya mengeluarkan anggaran sekitar 1 juta untuk komisi mereka dan mendapatkan penghasilan hingga berpuluh kali lipat. Kira-kira sesuai dengan budget tokomu nggak nih?

Jangan khawatir, ini perkiraan budget yang sesuai untuk tokomu!

Simulasi

Seller A adalah toko Power Merchant PRO kategori olahraga yang memiliki anggaran affiliate marketing sebesar Rp1 juta/bulan. Pada bulan November, Seller A akan meluncurkan produk baru dan ingin produk lebih dikenal serta dipromosikan Affiliate. Bagaimana skema pembuatan Komisi Ekstra Seller A?

Fitur Dipromosikan Affiliate dapat kamu manfaatkan agar toko atau produkmu lebih banyak dipromosikan para Affiliate, sehingga penjualan toko pun meningkat. Mulai coba fitur dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel ini:

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyebarkan informasi mengenai Komisi Ekstra Tokopedia-mu ke semua media sosial, serta melalui dan , ya!

Selamat mencoba!

Atur Komisi Kamu

Buka Page Affiliate di Desktop

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual