Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Tambah produk
  2. Seller Handphone/Tablet Wajib Tambahkan Informasi Status Sinyal di Tokopedia

Seller Handphone/Tablet Wajib Tambahkan Informasi Status Sinyal di Tokopedia

Saat upload produk handphone/tablet, Seller wajib mengisi kolom terkait status Status Sinyal

Diperbarui 05 Nov • Baca 1 menit

Untuk memberikan pengalaman bertransaksi di Tokopedia yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan peraturan tersebut, Seller kategori handphone dan tablet wajib mencantumkan Status Sinyal (Sinyal Aktif dan Sinyal Belum Aktif) di Tokopedia saat upload produk. Simak selengkapnya di bawah ini.

Peraturan dan arahan Tokopedia terkait informasi Status Sinyal

Demi mengatur keamanan dan kenyamanan antara penjual dan pembeli, mulai 13 September 2021 bagi Seller yang menjual produk kategori Handphone & Tablet terdapat kolom wajib diisi saat upload terkait spesifikasi Status Sinyal. Saat pengisian, terdapat 2 pilihan kategori Status Sinyal yang perlu dipilih yaitu:

  1. Sinyal Aktif
    Saat memilih tipe Status Sinyal “Sinyal Aktif” artinya perangkat elektronik yang seller jual bisa terhubung ke jaringan operator di Indonesia. Jika terjadi kendala, pembelimu bisa mengajukan refund atau retur melalui Tokopedia care.
  2. Sinyal Belum Aktif
    Saat memilih tipe Status Sinyal “Sinyal Belum Aktif” artinya perangkat elektronik yang belum dipastikan bisa terhubung ke jaringan operator di Indonesia. Pastikan Seller sudah mengingatkan calon pembeli perihal status sinyal yang belum aktif.

Cara mengisi Status Sinyal saat upload produk

Setelah mengetahui tipe Status Sinyal, Seller perlu menambahkan informasinya pada saat upload produk. Penambahan informasi ini bisa dilakukan melalui desktop, aplikasi Tokopedia, maupun Tokopedia Seller. Berikut caranya:

Pengisian status Sinyal di desktop

1. Masuk ke halaman toko, kemudian pilih Tambah Produk.

article

2. Pada halaman Tambah Produk, isi informasi terkait gambar produk. Kamu bisa upload hingga 5 gambar.

article

3. Setelah menambahkan gambar, di halaman informasi produk kamu perlu isi informasi produk seperti Nama, Kategori, dan Spesifikasi. Pada Spesifikasi inilah kamu perlu menambahkan keterangan Status Sinyal sesuai produkmu.

article

4. Setelahnya, kamu hanya perlu melengkapi informasi terkait Detail Produk, Harga, dan Pengiriman. Klik tombol Simpan dan produk kamu pun sudah bisa muncul di toko!

article

Pengisian Status Sinyal melalui aplikasi Tokopedia

1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu klik ‘Akun’. Klik ‘Akun Toko’, lalu pilih ‘+ Tambah Produk’ pada box produk.

article

2. Kamu akan diarahkan ke halaman tambah produk. Klik ‘Mulai’ untuk menambahkan informasi terkait foto produk, nama produk, kategori, spesifikasi dan kondisi.

article

3. Pada bagian spesifikasi, kamu wajib mengisi Status Sinyal, dan keterangan pendukung lainnya seperti Merek, Memory Ram, Penyimpanan, Ukuran Layar, Resolusi, Tipe Garansi, Graphic Card, dan Periode Garansi.

article

4. Di kolom Status Sinyal, kamu perlu memilih satu di antara 2 pilihan yang ada.

article

5. Setelah memilih, klik simpan untuk menampilkan produkmu di toko.

article

Tipe penanganan yang terjadi jika ada kendala terkait Sinyal

Jika ada kendala terkait status Sinyal, Tokopedia turut membantu Seller untuk membuat solusi. Berikut jenis penanganan masalah yang bisa dilakukan Seller berdasarkan kategori status registrasi Status Sinyal:

  1. Sinyal Aktif
    Tokopedia akan membantu menghubungkan dan memfasilitasi Seller & buyer. Tokopedia akan meminta Seller untuk memastikan sinyal selalu terhubung dan eskalasi sinyal jika terjadi kendala. Tokopedia akan menjadikan informasi yang diisi Seller pada saat upload produk sebagai acuan penanganan resolusi.
    Seller dianjurkan memberikan garansi waktu untuk sinyal, sewaktu-waktu sinyal hilang. Seumpama jika sinyal menjadi tidak aktif setelah pembelian beberapa bulan, maka Tokopedia tetap akan meminta Seller untuk memastikan sinyal terhubung kembali.
    Jika Seller tidak menanggapi eskalasi, Tokopedia berhak untuk menahan dana Seller sebagai pilihan refund.
    Jika tidak terdapat dana pada saat akan refund, Tokopedia berhak untuk membuat toko dalam pengawasan. Seller tidak berhak untuk meminta dana buyer untuk adanya penambahan dana extra untuk pengaktifan sinyal.
  2. Sinyal Belum Aktif
    Tokopedia akan membantu menghubungkan dan memfasilitasi Seller & buyer. Tokopedia akan menjadikan informasi yang diisi Seller pada saat upload produk sebagai acuan penanganan resolusi.
    Selain itu, Seller tidak berhak untuk meminta dana buyer untuk adanya penambahan dana extra untuk pendaftaran pajak/sinyal.

Nah, itu dia informasi lengkap terkait penyertaan informasi Sinyal pada saat upload produk di kategori Handphone & Tablet. Ketentuan ini berlaku bagi Seller baru maupun lama. Bagi yang sudah upload produk handphone maupun tablet sebelumnya tanpa memasukan Sinyal , Seller tetap diminta untuk mengisi saat melakukan edit produk. Jadi, pastikan status Sinyal kamu sebelum upload ya!

Baca juga: Seputar Kebijakan IMEI

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Seller Handphone/Tablet Wajib Tambahkan Informasi Status Sinyal di Tokopedia

Tambah produkDiperbarui 05 NovBaca 1 menit
top description

Cara Tambah Produk di Tokopedia

Tambah produkDiperbarui 21 SepBaca 1 menit
top description

6 Alasan Kamu Harus Pakai Fitur Varian!

Tambah produkDiperbarui 27 AugBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual