Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Kebijakan Tokopedia
  2. Baru: Standar Pelayanan Operasional Official Store Tokopedia

Baru: Standar Pelayanan Operasional Official Store Tokopedia

Mari terus berusaha dan berkembang untuk mewujudkan kualitas toko terbaik

Diperbarui 13 May Baca 3 menit

Hi, Seller Official Store kebanggaan Tokopedia!

Sebagai partner bisnis terpercaya Tokopedia, kami ingin memastikan bahwa toko kamu memberikan pelayanan yang terbaik dengan terus menjadi Official Store terpercaya bagi pembeli.

Salah satu upaya yang Tokopedia lakukan adalah terus mengingatkanmu untuk tetap menjaga kualitas toko dengan senantiasa mempertahankan serta meningkatkan performa tokomu sesuai standar operasional Official Store Tokopedia.

Apa itu Standar Pelayanan Operasional Official Store?

Standar pelayanan Official Store adalah standar minimal yang harus dipenuhi oleh Seller agar dapat melanjutkan aktivitasnya sebagai Official Store di Tokopedia. Standar pelayanan tersebut dirancang berdasarkan masukan pembeli dengan tujuan untuk menjadikan Official Store penjual yang paling dipercaya dan diminati oleh pembeli Tokopedia.

Perhatikan Standar baru Operasional Official Store Tokopedia

Per tanggal 15 Februari 2022, Tokopedia akan memberlakukan standar operasional baru Official Store dengan rincian sebagai berikut:

article

Baca juga:

Skor Performa Toko, Skema Penilaian Kualitas Pelayanan Toko

Perhatikan Aturan Baru Security Deposit Agar Kualitas Toko Tetap Terjaga

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Toko

Kamu bisa cek laporan Performa Toko di Halaman Tokopedia Seller

article

Baca juga:

Kelola Toko dengan Tepat, Performa Toko Bisa Meningkat!

Hati-hati Abaikan Pesanan Pembeli, Cek Risikonya!

Penalti terhadap pelanggaran Standar Operasional Official Store

Semua matriks selain Security Deposit akan ditinjau oleh tim Tokopedia dalam kurun waktu 1 (satu) bulan sekali pada awal bulan berikutnya. Kamu dapat melihat performamu secara real-time di Halaman Tokopedia Seller. Tokopedia juga akan mengirimkan pemberitahuan secara berkala apabila performamu mendekati batas bawah kriteria minimal.

Apabila terdapat pelanggaran terhadap salah satu atau lebih matriks pada Standar Operasional Official Store pada periode 1 bulan, kamu perlu mendiskusikan rencana perbaikan dengan Relationship Manager-mu.

Jika dalam kurun waktu 3 bulan setelah pelanggaran pertama terjadi, kembali terulang pelanggaran atas matriks yang sama, maka tokomu akan dipertimbangkan untuk di-downgrade dari Official Store Tokopedia.

Simulasi Pelanggaran Standar Operasional Official Store

Pelanggaran terhadap Standar Operasional Official Store berlaku untuk masing-masing matriks yang dilanggar. Simak contoh kasusnya berikut ini.

1. Berdasarkan laporan operasional bulan Maret, Toko A memiliki Skor Toko sebesar 68. Pada awal April, Relationship Manager Toko A akan menginfokan kepada Toko A mengenai matriks performa yang tidak memenuhi standar dan membahas rencana untuk meningkatkan matriks tersebut di bulan selanjutnya.

2.1. Pada laporan operasional bulan April, Toko A memiliki Skor Toko sebesar 69. Pada awal Mei, Toko A akan dipertimbangkan untuk di-downgrade dari Official Store.

2.2. Pada laporan operasional bulan April, Toko A memiliki Skor Toko sebesar 71 sehingga Toko A tidak akan mendapat peringatan lebih lanjut dari Tokopedia.

2.3 Pada laporan operasional bulan April, Toko A memiliki tingkat kesuksesan pesanan 93%. Pada awal Mei, Relationship Manager Toko A akan menginfokan kepada Toko A mengenai matriks performa yang tidak memenuhi standar dan membahas rencana untuk meningkatkan matriks tersebut untuk bulan selanjutnya.

3. Berdasarkan laporan operasional bulan Mei, Toko A memiliki Skor Toko sebesar 68. Pada awal Juni, Toko A akan dipertimbangkan untuk di-downgrade dari Official Store.

Itu tadi beberapa hal yang harus Seller Official Store pahami mengenai Standar Operasional Official Store. Apabila kamu melanggar Standar Operasional Official Store di atas, mohon hubungi Relationship Manager atau Pusat Bantuan untuk menindaklanjuti hal ini. 

Ayo terus jaga performa tokomu dan berikan pelayanan terbaik untuk pembelimu!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Baru: Standar Pelayanan Operasional Official Store Tokopedia

Kebijakan TokopediaDiperbarui 13 MayBaca 3 menit
top description

Perhatikan Aturan Baru Security Deposit Agar Kualitas Toko Tetap Terjaga

Kebijakan TokopediaDiperbarui 28 AprBaca 3 menit
top description

PENTING! Perhatikan Daftar Barang Terlarang di Tokopedia yang Dapat Dikenakan Penalti

Kebijakan TokopediaDiperbarui 28 MarBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual