Sering Dikomplain Terkait Tanggal Kedaluwarsa Produk? Solusinya Mudah!

“Barusan kurir datang dengan membawa barang yang sudah ga layak untuk dikomsumsi dan bau busuk menyengat“

“Gan ini produk gak sesuai. Di keterangan produk vanila expired Agustus 2020 malah yg datang cokelat dan expired-nya Desember 2019”

Itu tadi adalah dua contoh komplain Buyer yang sering masuk ke Pusat Resolusi Tokopedia mengenai produk kedaluwarsa. Apa kamu pernah mengalaminya? Semoga tidak ya, Seller! Saat Buyer menerima barang pesanannya, tentu yang diharapkan adalah barang sesuai harapan atau sesuai gambar toko. Ketika barang yang sampai sudah busuk atau kedaluwarsa, tentu menjadi pengalaman berbelanja yang tidak mengenakan, ya.

Bagi kamu yang menjual produk makanan, kesehatan, kosmetik, perawatan kulit, dan semacamnya, keterangan tanggal kedaluwarsa menjadi info yang sangat penting bagi Buyer. Memangnya masalah seperti apa yang sering terjadi dengan produk yang kedaluwarsa? Lalu, bagaimana mengatasi masalah tersebut? Ayo pelajari beberapa kasus berikut ini.

Masalah-masalah yang sering terjadi terkait produk yang kedaluwarsa

  1. Seller tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa di bagian deskripsi produk dan ketika produk sampai ke Buyer, barangnya sudah lewat tanggal kedaluwarsa, rusak, atau busuk.
  2. Seller tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa di bagian deskripsi produk dan ketika produk sampai ke Buyer, tanggal kedaluwarsa produknya sudah dekat. Padahal barang yang dibeli merupakan produk yang digunakan untuk jangka lama. Misalnya produk-produk skin care atau madu herbal.
  3. Seller mencantumkan tanggal kedaluwarsa di produknya, tetapi ketika sampai ke tangan Buyer, produknya memiliki tanggal kedaluwarsa yang berbeda. Misalnya Ibu Natasha membeli masker wajah di toko CobaINC dengan tanggal kedaluwarsa 20 October 2021. Namun, ketika datang produknya memiliki tanggal kedaluarsa 20 Desember 2020.

Buyer yang mendapatkan pesanannya tidak sesuai harapan tentunya akan kecewa. Selain itu, Buyer bisa mengajukan pengembalian barang (retur) & pengembalian dana (refund) atau ganti rugi di Pusat Resolusi Tokopedia. Jika tim Pusat Resolusi memutuskan bahwa Seller bersalah, Seller akan diminta untuk melakukan retur barang dan toko akan terkena penalti nilai reputasi toko serta dana akan dikembalikan ke pembeli. Tentunya kamu tidak menginginkannya, bukan?

Barang apa saja yang sebaiknya dicantumkan tanggal kedaluwarsanya?

Ada beberapa kategori produk yang sebaiknya dicantumkan tanggal kedaluwarsanya agar Buyer tidak salah paham. Berikut list produknya :

Lalu, bagaimana solusi untuk Seller sehingga terhindar dari komplain Buyer akibat barang yang dikirim kedaluwarsa?

  1. Jika kamu menjual salah satu kategori produk di atas, pastikan kamu menuliskan tanggal, bulan serta tahun tanggal kedaluwarsa produk di bagian deskripsi produk. Pastikan tanggalnya benar dan mudah dibaca oleh Buyer ya.
  2. Kirim barang sesuai dengan tanggal kedaluwarsa yang dipilih Buyer. Jika terjadi perbedaan antara tanggal kedaluwarsa produkmu dengan yang diinginkan Buyer, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu sebelum barang dikirim ya.
  3. Jika kamu menjual produk makanan atau produk yang harus dikonsumsi sesegera mungkin, jangan terima pesanan yang membutuhkan waktu pengiriman berhari-hari untuk sampai ke tangan Buyer. 

Bagaimana cara memasukkan tanggal kedaluwarsa pada deskripsi produk?

Setelah mengetahui solusinya, saatnya belajar cara menambahkan keterangan tanggal kedaluwarsa pada deskripsi produkmu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia dan masuk ke akun tokomu

  2. Masuk ke bagian ‘Daftar Produk’

  3. Pilih ‘+ Tambah Produk’
  4. Pada bagian keterangan produk, tambahkan penjelasan mengenai tanggal kedaluwarsa produkmu.

  5. Jika sudah melengkapi tanggal kedaluwarsa dan deskripsi produk lainnya, klik ‘Simpan’.

Menuliskan tanggal kedaluwarsa yang jelas pada bagian deskripsi produk merupakan win-win solution bagi Buyer maupun Seller. Buyer senang karena produknya sesuai harapan, Seller pun bahagia karena tidak harus rugi karena retur barang dan mendapat penalti reputasi toko. Ayo tambahkan keterangan tanggal kedaluwarsa sekarang juga!

Tambahkan Deskripsi Produkmu

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller