Seller Wajib Tahu: Skema Pengurangan Stok Terbaru

Kamu perlu tahu ini supaya tidak kaget saat stok produk tiba-tiba kembali

Diperbarui 16 Agt  • Baca 2 menit

Hai, Seller!

Pernahkah kamu mendapat komplain dari calon pembeli, terutama saat Flash Sale, yang sudah membayar tapi tetap kehabisan produk?

Tokopedia tidak mau kamu kehilangan calon pembeli. Oleh karena itu, kini ada skema baru pengurangan stok produk untuk memastikan bahwa pembeli yang sudah membayar produk terlebih dahulu bisa mendapatkan produk sesuai dengan stok yang tersedia.

Adanya skema baru ini diharapkan bisa meminimalisir komplain para pembeli yang sudah bayar tetapi stok produk keburu habis. Nah, bagaimana bedanya dengan skema sebelumnya? Ayo, kita lihat contohnya di bawah ini!

 Skema Lama Skema Baru
Order TerverifikasiPembeli melakukan pembayaran --> pemeriksaan order oleh sistem --> order terverifikasi --> terjadi pengurangan stok produkPembeli melakukan pembayaran --> terjadi pengurangan stok produk --> pemeriksaan order oleh sistem --> order terverifikasi  
Contoh Order TerverifikasiToko Anugerah menjual celana jeans dengan total stok sebanyak 10. Pada pukul 11:00:00, Atika membeli 2 potong celana jeans dan melakukan pembayaran, kemudian lolos pengecekkan oleh sistem pada pukul 11:01:00. Order pun terverifikasi. Sehingga telah terjadi pengurangan stok produk sejumlah dua (-2) di sistem Tokopedia pada pukul 11:01:00. Maka dari itu, total celana jeans di Toko Anugerah kini tersisa 8 potong.Toko Anugerah menjual celana jeans dengan total stok sebanyak 10. Pada pukul 11:00:00, Atika membeli 2 potong celana jeans dan melakukan pembayaran sehingga telah terjadi pengurangan stok produk (-2) di sistem Tokopedia. Maka dari itu total celana jeans di Toko Anugerah kini tersisa 8 potong. Pesanan Atika kemudian lolos pengecekkan oleh sistem pada pukul 11:01:00. Order pun terverifikasi.
Order Tidak TerverifikasiPembeli melakukan pembayaran --> Pengecekkan order oleh sistem --> Order tidak terverifikasi --> Tidak terjadi pengurangan stok produk Pembeli melakukan pembayaran --> Terjadi pengurangan stok produk --> Pengecekkan oleh sistem --> Order tidak terverifikasi --> Stok produk dikembalikan
Contoh Order Tidak TerverifikasiToko Anugerah menjual celana jeansdengan total stok 10 potong.  Pada pukul 11:00:00 Atika membeli dua potong celana jeans dan melakukan pembayaran, namun tidak lolos pengecekkan oleh sistem pada pukul 11:01:00. Order pun tidak terverifikasi. Sehingga tidak terjadi pengurangan stok di sistem Tokopedia. Maka dari itu, total stok celana jeans Toko Anugerah tetap ada 10 potong. Toko Anugerah menjualan celana jeans dengan stok sebanyak 10 potong. Pada pukul 11:00:00 Atika membeli dua potong celana jeans dan melakukan pembayaran sehingga terjadi pengurangan pada stok celana jeans Toko Anugerah sejumlah dua (-2) di sistem Tokopedia. Namun, pada pukul 11:01:00 order dinyatakan tidak lolos pengecekkan sehingga stok toko dikembalikan (+2) ke dalam sistem Tokopedia. Maka dari itu stok celana jeans Toko Anugerah kembali menjadi 10 potong.

Baca juga:

Namun, perlu diingat juga apabila ternyata setelah melalui proses pengecekan dinyatakan tidak lolos, maka pembelian dibatalkan otomatis, ya. Oleh karena itu, Seller jangan kaget kalau stok produk yang tadinya sudah berkurang tiba-tiba kembali.

Nah, sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi ada pembeli yang komplain. Jangan lupa untuk update stokmu secara berkala, ya! Selamat berjualan!

Baca juga:

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual