Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2021
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller Advance

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengumuman
  2. Seller Wajib Tahu: Skema Keanggotaan Baru Penjual Tokopedia Mulai 14 Juni 2021

Seller Wajib Tahu: Skema Keanggotaan Baru Penjual Tokopedia Mulai 14 Juni 2021

Pelajari skema keanggotaan Seller terbaru yang akan efektif mulai 14 Juni 2021 beserta masing-masing keuntungannya.

Diperbarui 15 Jun • Baca 2 menit

Hai Seller, terima kasih telah memilih Tokopedia untuk mengembangkan bisnismu. Saat ini, sudah ada lebih dari 100 juta pengguna aktif yang berkunjung ke Tokopedia setiap bulannya. Ini adalah kesempatanmu untuk menarik pengguna aktif tersebut jadi pembeli loyal di tokomu.

Mulai 14 Juni 2021, Tokopedia memiliki keanggotaan baru yaitu Power Merchant PRO. Sehingga, Tokopedia akan memiliki 4 keanggotaan Seller yaitu Regular Merchant, Power Merchant, Power Merchant PRO, dan Official Store. Ada keuntungan baru juga untuk Regular Merchant dan Power Merchant! Pelajari informasi selengkapnya di bawah ini.

Perkenalkan, Power Merchant PRO!

Power Merchant PRO adalah keanggotaan baru khusus Seller terbaik Tokopedia yang konsisten memberikan pelayanan memuaskan ke pembeli. Oleh karenanya, Power Merchant PRO berhak mendapatkan lebih banyak keuntungan eksklusif, antara lain:

  • Biaya Bebas Ongkir lebih ringan, 1,5% per produk terjual dengan Bebas Ongkir
  • Peningkatan ranking pencarian
  • Ongkir Spesial untuk kurir Same Day & Instan
  • Badge toko eksklusif Power Merchant PRO
  • Layanan Prioritas Tokopedia Care
  • Keuntungan yang terus bertambah sesuai Level Toko

Baca juga: Seller Wajib Tahu: Skema Baru Skor Performa Toko, Mulai 31 Mei 2021

Semua keuntungan ini bisa bikin tokomu lebih diminati pembeli hanya dengan biaya layanan 1,5% untuk setiap produk terjual. Untuk bisa terpilih dan diundang menjadi Power Merchant PRO, tokomu harus memenuhi kriteria. Jika kamu sudah mendapatkan undangannya, segera konfirmasi di halaman Tokopedia Seller atau klik di sini agar tokomu bisa langsung menikmati semua keuntungannya mulai 14 Juni 2021.

Tonton video penjelasan Power Merchant PRO di sini.

Pelajari Selengkapnya

Banyak keuntungan tambahan untuk Power Merchant!

Mulai 14 Juni 2021, Power Merchant bisa menikmati tambahan keuntungan, seperti:

  • Biaya Bebas Ongkir jadi lebih ringan, turun dari 2,5% ke 2,25% per produk terjual dengan Bebas Ongkir
  • Bebas biaya layanan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online untuk pembeli
  • Bisa upload video di Halaman Produk
  • Akses eksklusif siaran live shopping dengan Tokopedia PLAY

Hanya dengan biaya layanan sebesar 1,25% per produk terjual.

Sebagai Power Merchant, tokomu bisa lebih sering dikunjungi hingga 4,3 kali lipat, menerima pesanan lebih banyak hingga 5 kali lipat, dan meningkatkan penjualan hingga 5,5 kali lipat lho!

Pelajari Selengkapnya

Keuntungan baru Regular Merchant

Mulai 14 Juni 2021, Regular Merchant dapat jualan bebas biaya layanan untuk 100 transaksi pertama, setelahnya biaya layanan hanya 0,5% per produk terjual.

Dalam skema ini, Regular Merchant bisa menikmati keuntungan baru yang akan bikin pembeli makin tertarik belanja di tokomu. Berikut keuntungan baru yang bisa bikin tokomu makin dikunjungi pembeli:

  • Bisa kasih pembeli Bebas Ongkir
    Tahukah kamu bahwa Bebas Ongkir adalah promo favorit pembeli? Berdasarkan data Tokopedia per April 2020, penjualan di toko dengan Bebas Ongkir terbukti meningkat hingga 50% dibandingkan dengan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir. Mulai 14 Juni 2021, Regular Merchant bisa mengaktifkan Bebas Ongkir dengan biaya layanan sebesar 3% maksimal Rp10.000 per produk terjual dengan Bebas Ongkir.
  • Bebas biaya layanan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online untuk pembeli
    Sebelumnya, pembeli yang berbelanja dengan pembayaran kartu kredit non cicilan dan kartu debit online akan dikenakan biaya layanan 1.5%. Namun, mulai 14 Juni 2021, pembeli yang berbelanja dengan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online tidak perlu lagi membayar biaya layanan.

Selain itu, Regular Merchant tetap bisa menikmati banyaknya pilihan metode pembayaran, kemudahan mengatur toko, keamanan bertransaksi, dan akses ke fitur-fitur Tokopedia seperti Dekorasi Toko, Voucher Toko, serta bonus kredit TopAds hingga 3% dengan auto top up.

Baca juga: Cek Skema Baru Bebas Ongkir!

Pelajari Selengkapnya

Rangkuman skema keanggotaan baru Seller di Tokopedia

Hai Seller, di bawah ini adalah rangkuman skema keanggotaan penjual Tokopedia yang akan efektif mulai 14 Juni 2021 beserta masing-masing keuntungannya.

article

Tokomu juga selalu bisa menjadi Official Store di Tokopedia. Cek infonya di sini.

Hal yang sering ditanyakan

1. Bagaimana cara jadi Power Merchant PRO?

Keanggotaan Power Merchant PRO adalah keanggotaan berbasis undangan. Seller yang sudah memenuhi kriteria akan mendapatkan undangan untuk menjadi Power Merchant PRO yang dikirimkan setiap hari Senin. Seller juga dapat mengecek kelayakan toko pada halaman Pengaturan Power Merchant di sini.

Berikut persyaratan untuk menjadi Power Merchant PRO:

  • Verifikasi data diri dengan upload KTP
  • Skor Performa Toko minimal 70
  • Minimal 3 pesanan selesai dalam 30 hari terakhir
  • Minimal pendapatan bersih Rp350.000 dalam 30 hari terakhir
  • Toko tidak sedang dalam moderasi

2. Apa perbedaan Power Merchat dan Power Merchant PRO?

Power Merchant PRO adalah skema keanggotaan khusus Seller terbaik Tokopedia dengan berbagai keuntungan eksklusif. Dengan menjadi Power Merchant PRO, kesempatan menjangkau lebih banyak calon pembeli jadi lebih besar berkat akses ke berbagai fitur promosi dan beragam keuntungan eksklusif yang terus bertambah sesuai level toko. Hanya Seller terpilih sesuai kriteria yang akan berkesempatan untuk diundang menjadi Power Merchant PRO.

Power Merchant adalah skema keanggotaan untuk Seller yang siap meningkatkan penjualan & kepercayaan pembeli dengan berbagai fitur untuk memaksimalkan bisnis. Untuk menjadi Power Merchant, Skor Performa Toko harus mencapai minimal 60 dan Seller dapat upgrade Power Merchant sendiri tanpa undangan.

Baca juga: Seller Wajib Tahu: Skema Baru Skor Performa Toko, Mulai 31 Mei 2021

3. Kapan pemotongan biaya layanan dilakukan?

Pemotongan biaya layanan akan dilakukan setelah status transaksi berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’. Namun, sistem akan menggunakan tarikan data sejak transaksi terverifikasi.

Contoh sebagai berikut:

Status Power Merchant aktif pada tanggal 14 Juni 2021, checkout transaksi pembeli dilakukan pada tanggal 13 Juni 2021 dan pembayaran diselesaikan di hari yang sama. Pesanan tersebut selesai pada tanggal 15 Juni 2021. Saat status transaksi ini selesai, biaya layanan Power Merchant tidak akan dikenakan karena transaksi terverifikasi sebelum 14 Juni 2021.

4. Apakah biaya layanan sudah termasuk pajak?

Biaya layanan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dan akan dibayarkan kepada Tokopedia tanpa ada pengurangan. Pajak Penghasilan (PPh) sehubungan dengan skema keanggotaan penjual ini akan ditanggung, dilaporkan, dan diurus sendiri oleh Seller berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

5. Apakah saya bisa menggunakan Bebas Ongkir tanpa keanggotaan khusus?

Mulai 14 Juni 2021, semua keanggotaan Seller di Tokopedia dapat mengaktifkan Bebas Ongkir. Biaya layanan Bebas Ongkir akan dipotong saat transaksi selesai hanya untuk pesanan dengan Bebas Ongkir.

6. Apakah Regular Merchant bisa menjadi Power Merchant?

Bisa. Regular Merchant dapat upgrade menjadi Power Merchant dan menikmati berbagai keuntungannya. Upgrade tokomu di sini.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Skema dan Keuntungan Baru untuk Regular Merchant

PengumumanDiperbarui 15 JunBaca 2 menit
top description

Seller Wajib Tahu: Skema Keanggotaan Baru Penjual Tokopedia Mulai 14 Juni 2021

PengumumanDiperbarui 15 JunBaca 2 menit
top description

Info COVID-19: Peraturan Pemotongan Biaya Layanan Power Merchant dan Official Store

PengumumanDiperbarui 14 AprBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual