Perhatikan Biaya Layanan Keanggotaan Seller dan Bebas Ongkir Tokopedia

Pelajari biaya layanan keanggotaan Seller dan Bebas Ongkir yang efektif mulai 2 Januari 2023

Diperbarui 06 Des  • Baca 3 menit

Hai, Seller! Terima kasih telah berjuang mewujudkan mimpimu bersama Tokopedia. Mulai 2 Januari 2023, Tokopedia memiliki beberapa penyesuaian, yaitu:

  1. Biaya layanan sesuai kategori produk terjual
  2. Biaya layanan Bebas Ongkir

Pelajari informasi selengkapnya di bawah ini.

Biaya layanan sesuai kategori produk terjual

Per 2 Januari 2023, perhitungan biaya akan sesuai kategori produk terjual. Perubahan ini berlaku untuk Seller Power Merchant PRO, Power Merchant, dan Regular Merchant. Terdapat perubahan kategori juga dan dibagi ke dalam 5 kategori grup dengan biaya layanan berbeda. Pelajari di bawah ini.

Baca juga:

Baca juga:

Tokopedia akan melakukan penyesuaian untuk produk yang berada di kategori tidak sesuai. Untuk kelancaran bisnismu, pastikan kamu mengetahui produkmu masuk ke kategori mana ya, Seller.

Simak detail produk-produk berdasarkan biaya layanannya di bawah ini!

Khusus untuk Power Merchant PRO, kamu berkesempatan mendapatkan Reward dari Tokopedia! Program Reward adalah apresiasi khusus Seller Power Merchant PRO dengan pertumbuhan terbaik. Seller yang berhasil mencapai target tertentu akan menerima nilai Reward sesuai dengan penghasilan bulanan atau peningkatan penghasilan. Reward akan dicairkan dalam bentuk kredit TopAds.

Baca juga:

Penyesuaian biaya layanan Bebas Ongkir

Per 2 Januari 2023, biaya layanan Bebas Ongkir akan disesuaikan kembali berdasarkan keanggotaan toko Seller yang menggunakan Bebas Ongkir. Pelajari di bawah ini.

Untuk info lebih rinci terkait penyesuaian Bebas Ongkir, simak di artikel berikut!

Simulasi perhitungan Biaya Layanan dan Bebas Ongkir untuk Power Merchant PRO

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai biaya layanan keanggotaan Seller dan Bebas Ongkir, simak informasinya di bawah ini. 

Hal yang sering ditanyakan

Apa saja keanggotaan Seller di Tokopedia?

Tokopedia mempunyai 3 skema keanggotaan Seller, yaitu Regular Merchant, Power Merchant, dan Official Store.

  • Regular Merchant
    Keanggotaan untuk Seller pemula yang ingin mengembangkan bisnis di Tokopedia.
  • Power Merchant & Power Merchant PRO
    Keanggotaan untuk Seller yang siap meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli dengan berbagai fitur. Seller yang konsisten memberikan pelayanan terbaik ke pembeli akan menjadi Power Merchant PRO dan berhak mendapatkan berbagai keuntungan eksklusif.
  • Official Store
    Keanggotaan Seller untuk yang punya hak merek langsung (baik atas nama perusahaan atau perseorangan) atau memegang surat distributor resmi untuk berjualan.

Kapan penyesuaian biaya layanan dilakukan?

Per 2 Januari 2023, pemotongan biaya layanan akan dilakukan secara otomatis setelah status pesanan berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’ dengan penarikan data sejak pesanan terverifikasi.

Contoh: Status Power Merchant aktif pada tanggal 2 Januari 2023 dan checkout transaksi oleh pembeli dilakukan pada tanggal 1 Januari 2023 dengan pembayaran di hari yang sama. Jika pesanan selesai pada 3 Januari 2023, biaya layanan Power Merchant tidak dikenakan pada transaksi tersebut.

Apakah biaya layanan sudah termasuk pajak?

Biaya layanan sudah termasuk Nilai Biaya Layanan dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia dan akan dibayarkan kepada Tokopedia tanpa ada pengurangan.

Pajak Penghasilan (PPh) sehubungan dengan keanggotaan Seller ini akan ditanggung, dilaporkan, dan diurus sendiri oleh Seller berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual