[PLAY] Baru! Promosi Produk dengan Video Pendek di Tokopedia PLAY

Fitur baru dari PLAY nih! Sekarang kamu bisa upload video pendek di Tokopedia PLAY.

Diperbarui 15 Des  • Baca 1 menit

Hai, Seller! Tahukah kamu? Menurut pengguna internet menghabiskan waktu untuk menonton video pendek hingga 4 jam sehari. Makanya nggak heran, banyak pengguna media sosial yang lebih sering menonton video pendek, seperti Instagram Reels.

Untuk membantumu mempromosikan produk dengan konten yang singkat, praktis, dan juga bisa mendatangkan banyak pembeli, kini kamu bisa upload video pendek di Tokopedia PLAY, lho.

Keuntungan upload video di PLAY

  1. Sebagai media promosi
    Kamu bisa membuat 1 konten video yang dapat diupload di berbagai channel promosi seperti Tokopedia PLAY, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya. Satu konten untuk digunakan di berbagai channel promosi, jadi gak perlu lagi bikin konten video untuk masing-masing media.
  2. Penonton lebih menyukai video pendek
    Konten video pendek memiliki kesempatan ditonton lebih tinggi sehingga lebih mungkin menarik perhatian penonton. Menurut data, ada lebih dari 5% penonton akan berhenti menonton konten setelah 1 menit dan lebih dari 60% penonton berhenti menonton setelah 2 menit.
  3. Waktu yang lebih efisien
    Upload video pendek dapat membantu kamu mengurangi masalah yang disebabkan oleh gangguan teknis selama Live shopping atau human error. Video juga akan lebih profesional karena kamu memiliki waktu lebih untuk mengedit dan memilih video terbaik.

Upload Video sekarang, pembeli datang kemudian

Videomu akan mengundang pembeli datang ke toko, karena video akan muncul di beberapa halaman strategis berikut.

Tips bikin video menarik di mata pembeli

1. Gunakan tema khusus

Video yang kamu buat akan jauh lebih menarik untuk pembeli tonton apabila kamu memiliki tema spesifik. Tentukan tema yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa membangkan tema tersebut menjadi konten video yang menarik sesuai dengan trend media sosial sekarang!

Contoh tema video pendek:

・5 Tipe Baju untuk First Date!

・Tips Masak Ala Anak Kos kurang dari 5 menit!

・Ngecharge Android Full cuma 10 menit? Bisa!

2. Bahas maksimum 1 sampai 2 produk per video

Agar pembeli lebih fokus ke poin penting dari produk, fokus ke satu video saja. Video yang membahas detail 1 produk saja akan membuat pembeli lebih impulsif untuk melakukan pembelian. Sampaikan manfaat terbaik langsung di produk yang kamu jual.

3. Buat clickbait di 5 detik pertama video

Lima detik pertama di video kamu itu sangat penting! Buat voice over/text semenarik mungkin di 5 detik pertama video kamu mulai, sampaikan point penting mengenai isi video kamu di awal video akan membuat calon pembeli lebih tertarik dan penasaran untuk menonton video sampai selesai, dan bisa membuat mereka semakin yakin untuk membeli produk kamu!

4. Selalu tambahkan text untuk point penting di video kamu

Text akan mempermudah calon pembeli untuk lebih memahami inti dari video kamu, terutama untuk calon pembeli yang menonton video kamu tanpa suara. Jadi mereka bisa tetap mendapatkan point menarik dari video produk yang kamu promosikan meskipun mereka tidak menyalakan suara saat scrolling dan menemukan video kamu.

Tipe konten yang disukai oleh pembeli

Tokopedia telah menyiapkan beberapa rekomendasi konten video yang bisa kamu coba.

Setelah membaca informasi di atas, sudah terbayang belum mau coba yang mana dulu? Nah, kalau sudah tau mau yang mana, yuk simak cara upload videonya di bawah ini!

Cara upload konten video di PLAY

Kamu bisa upload video dengan menggunakan handphone baik yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Berikut caranya:

Temukan halaman Tokopedia PLAY pada halaman ini:

1. Pada halaman Pilih Media, pilih video dari galeri handphone-mu, pastikan video sudah final. Kemudian klik Lanjut.

2. Isi 2 poin penting, yaitu masukkan judul dengan teknik marketing dan produk yang sesuai. Agar lebih menarik, tambahkan cover.

3. Jika sudah, klik ‘Lanjut’ dan pilih tag kemudian klik ‘Upload Video’

Mudah kan Seller? Kini, setiap kamu membuat video untuk promosi, jangan lupa upload di PLAY juga ya.

Packing produk pakai stapler

Selamat mencoba, Seller!

Yuk, cari tahu lagi!

Upload Video Sekaran

Upload Short Videomu

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual