Seller Dashboard, Satu Halaman untuk Semua Aktivitas Penjualan

Seller Dashboard Tokopedia -Kebayang gak seberapa membantunya Jarvis sebagai partner Iron Man? Apa pun yang Iron Man minta, pasti Jarvis bisa kasih info dengan cepat dan akurat. Nah, mungkin itu analogi yang pas untuk menggambarkan peran Seller Dashboard atau Halaman Penjual ini bagi perkembangan bisnismu. Dengan memahami cara penggunaan Seller Dashboard, kamu bisa memaksimalkan potensi tokomu!

Apa itu Seller Dashboard Tokopedia?

Bayangkan jika kamu adalah seorang pebisnis dan kamu punya banyak asisten yang siap memberikan laporan tentang performa penjualan, info pesanan yang masuk, stok produk di gudang, dan segala macamnya. Tentu hidup jadi lebih mudah, kan? Itulah peran Seller Dashboard!

Seller Dashboard atau halaman penjual bisa sangat berguna untuk memonitoring dan mengoptimalkan penjualanmu. Kamu bisa menemukan halaman Seller Dashboard ini dengan cara:
1. Masuk ke akun toko Tokopediamu
2. Klik “Pengaturan Toko”
3. Pilih tab “Home”

Kenali bagian-bagian penting dari Seller Dashboard

Ayo cari tahu bagian-bagian penting dari Seller Dashboard agar kamu bisa menggunakannya lebih maksimal lagi.

1. Informasi penting hari ini, berisi to-do list hari ini


Di bagian ini, kamu akan mendapatkan rangkuman informasi penting dan sebisa mungkin harus kamu selesaikan hari ini. Informasinya seputar pesanan baru yang masuk, pesanan yang siap dikirim, chat dari pembeli, hingga ada tidaknya komplain dari pembeli.
space

2. Statistik toko, berisi rangkuman penjualanmu dalam satu minggu

Bagian statistik toko memberikan informasi berapa banyak pengguna Tokopedia yang datang ke tokomu, berapa banyak produk yang terjual, serta pendapatanmu dalam satu minggu. Kamu bisa menggunakan informasi dari statistik toko untuk membuat laporan keuangan tokomu atau menyusun strategi bisnis ke depannya.

Selain rangkuman penjualan, kamu juga bisa melihat produk-produk apa saja yang laris manis diburu pembeli. Kamu jadi bisa memperkirakan jumlah permintaan dan potensi penjualan yang bisa kamu dapatkan. Bisa jadi ancang-ancang buat restock produk juga tentunya.
space
space

3. Performa toko harian, sudahkah kamu memberikan pelayanan maksimal?

Di bagian ini, kamu akan diberikan informasi dan saran tentang pelayananmu terhadap pengunjung tokomu. Informasi yang diberikan seputar responmu terhadap chat pembeli, kecepatan dalam memproses pesanan, serta penalti toko. Kamu juga akan diberikan saran apakah performa tokomu hari ini sudah baik atau perlu ditingkatkan lagi.

Baca juga: 4 Tips Balas Chat Pembeli Tokopedia Dengan Excellent

4. Informasi seller dan artikel pilihan, pebisnis sejati tidak pernah berhenti belajar!


Di bagian ini, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru seputar event seller. Tokopedia sering mengadakan acara kumpul keluarga Tokopedia di berbagai kota atau acara edukasi online, seperti Obrolan Seller. Kamu bisa mengikuti event tersebut untuk menambah wawasan bisnis atau mencari relasi bisnis.

Seller Dashboard akan memberikan rekomendasi artikel-artikel terpilih seputar berbisnis di Tokopedia. Informasinya bisa berupa tips & trik jualan, update seputar fitur Tokopedia, serta peluang-peluang bisnis yang bisa memperkaya wawasanmu. Tentunya, artikelnya disesuaikan dengan kebutuhan seller.

Kesimpulannya, segala informasi yang kamu butuhkan maupun jalan pintas ke berbagai aktivitas penjualan bisa kamu dapatkan langsung dari Seller Dashboard. Jadi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya ya!

Ayo Cek Seller Dashboard

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller