Tokopedia

Topik

  1. Pengaturan produk
  2. Risiko Salah Penempatan Kategori Produk Pada Performa Toko 

Risiko Salah Penempatan Kategori Produk Pada Performa Toko 

Guna meningkatkan penjualan dan ranking toko kamu pada mesin penelusuran (search engine), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat, deskripsi produk yang lengkap dan juga membuat konten berupa gambar dan video yang menarik bagi calon pembeli. Seperti di antaranya adalah menempatkan produk dalam kategori yang benar.

Diperbarui 19 Jan • Baca 2 menit

Hai, Seller!

Guna meningkatkan penjualan dan ranking toko kamu pada mesin penelusuran (search engine), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat, deskripsi produk yang lengkap dan juga membuat konten berupa gambar dan video yang menarik bagi calon pembeli. Seperti di antaranya adalah menempatkan produk dalam kategori yang benar. 

Kategori produk adalah sebuah sistem yang digunakan agar mempermudah proses klasifikasi data produk yang ada. Sehingga nantinya akan memudahkan calon pembeli dalam mencari produk yang mereka inginkan.

Memilih kategori yang secara asal saat kamu mengunggah produk pada Etalase Toko kamu tentu saja akan mempengaruhi berbagai macam hal yang malah membuatmu rugi. Seperti di antaranya:

Risiko Salah Penempatan Kategori Produk

Produk sulit ditemukan oleh mesin pencarian 

Ingatlah bahwa mesin penelusuran selalu berusaha untuk menampilkan hasil pencarian terbaik bagi para penggunanya dengan cara melakukan proses crawling, indexing dan ranking secara berkala dari ribuan konten yang tersebar di internet. Salah satu cara yang paling penting agar meningkatkan visibilitas toko kamu pada mesin pencarian adalah dengan menggunakan kata kunci yang sesuai baik pada judul dan deskripsi produk yang kamu unggah. Hal ini juga termasuk dalam pengaplikasian jenis kategori produk yang kamu lakukan. 

Nah, apabila kamu menempatkan produk pada kategori yang tidak sesuai maka mesin pencarian akan kesulitan menemukan produk yang kamu jual karena menganggapnya kurang relevan dengan produk yang dicari oleh pengguna. 

Produk tidak muncul di halaman pencarian website Tokopedia

Sama halnya seperti mesin pencarian, Tokopedia juga berusaha menampilkan sebuah hasil pencarian terbaik dan tepat bagi para calon pembeli. Saat calon pembeli mengetikkan kata kunci produk pada tab search bar yang ada. Maka sistem website dari Tokopedia akan menampilkan berbagai macam pilihan produk yang sesuai dengan kategori produk tersebut. Maka dari itu, bila kamu menggunakan nama produk dan kategori produk yang kurang sesuai. Hal ini akan membuat produk kamu sulit muncul pada halaman pencarian di website Tokopedia dan mendapatkan jumlah pengunjung yang rendah.

Baca juga: Tempatkan Produk di Kategori yang Tepat, Klik pada Produk Meningkat

Contoh produk yang tidak ditempatkan pada kategori yang sesuai dan mendapatkan visibilitas pengunjung rendah: 

Contoh calon pembeli yang menggunakan search bar pada halaman website Tokopedia untuk mencari sebuah produk:

Performa TopAds kurang maksimal

Bila kamu sedang berlangganan TopAds dari Tokopedia, tentu saja kamu pasti menginginkan hasil yang maksimal untuk meningkatkan visibilitas dan produktivitas penjualan toko. Hal itu semua akan terasa lebih baik jika kamu memasukkan kategori produk yang sesuai. Bagaimana pun TopAds bekerja dengan berdasarkan pada kata kunci yang kamu gunakan. Apabila kamu salah mengaplikasikan kata kunci yang ada maka performa TopAds tersebut juga akan berkurang. 

Produk dinonaktifkan dari Tokopedia

Jika kamu mengunggah produk pada kategori yang tidak sesuai dengan produk tersebut dan menjual produk yang dilarang dengan menggunakan kategori secara asal. Maka produk kamu kemungkinan besar dapat dinonaktifkan oleh Tokopedia. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengunggah produk yang kamu jual sesuai dengan kategorinya. Selain dapat terhindar dari berbagai macam hal yang merugikan performa toko kamu di atas. Menempatkan produk di dalam kategori yang sesuai juga dapat mendatangkan berbagai keuntungan seperti: 

  1. Lebih mudah untuk ditampilkan
    Menempatkan semua produk dalam toko kamu pada kategori yang sesuai. Akan membuat produk toko kamu akan lebih mudah ditampilkan baik dalam mesin pencarian (Google) maupun pada website Tokopedia itu sendiri karena memiliki kata kunci (keyword) yang relevan sesuai dengan pencarian. Hal ini berkaitan dengan cara kerja mesin pencarian (Google) yang akan menampilkan konten berkualitas yang di dalam salah satu tolak ukurnya adalah penggunaan kata kunci (keyword) yang relevan.
  2. Mudah terlihat saat filter kategori diaktifkan
    Selain itu, para calon pembeli biasanya memiliki kebiasaan menggunakan filter pencarian produk terkait guna memudahkan mencari produk yang mereka inginkan. Nah, bila kamu menggunakan kategori produk yang sesuai dengan produk yang kamu jual maka hal ini juga dapat meningkatkan visibilitas produk kamu di mata calon pembeli lho. 
  3. Mendapat jumlah pengunjung lebih besar
    Rata-rata tayangan produk pada hasil pencarian dengan rincian kategori yang benar memiliki hasil lebih tinggi 15 kali lipat dari kategori yang salah.Sehingga tentu saja hal ini akan meningkatkan prosentase penjualan toko kamu.
  4. Menambah jumlah klik
    Tak hanya dapat meningkatkan jumlah tayangan dari pengunjung saja. Menempatkan kategori produk yang sesuai juga dapat menambah peningkatan jumlah klik halaman produk hingga rata-rata 49 kali lebih tinggi serta klik tambah ke keranjang rata-rata 116 kali lebih tinggi.. 

Untuk itu, usahakanlah agar menempatkan produk dalam kategori yang seusai ya, Seller! 

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Lengkapi Deskripsi Produkmu dengan Fitur Spesifikasi

Pengaturan produkDiperbarui 27 JanBaca 2 menit
top description

Baru! Video Edukasi Seller Tokopedia: 3 Cara Memberi Nama Produk Jualan di Tokopedia

Pengaturan produkDiperbarui 26 JanBaca 2 menit
top description

BARU! Video Edukasi Seller Tokopedia: 7 Rahasia Dapatkan Orderan Pertama Saat Baru Buka Toko di Tokopedia

Pengaturan produkDiperbarui 25 JanBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan