[Informasi Toko] Ini Dia Risiko Mengganti Nama dan Domain Toko

Untuk memudahkan para Seller agar membangun branding toko yang lebih baik. Mulai tanggal 12 Oktober 2020 kini Tokopedia menyediakan fitur ubah nama dan domain toko. Pelajari selengkapnya di bawah ini.

Diperbarui 15 Nov  • Baca 1 menit

Untuk memudahkan para Seller agar membangun branding toko yang lebih baik. Mulai tanggal 12 Oktober 2020 kini Tokopedia menyediakan fitur ubah nama dan domain toko. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan matang-matang dan perhatikan terlebih dahulu.  Karena, mengubah nama dan domain toko akan berdampak pada performa SEO dan traffic pengunjung dari toko yang kamu kelola, baca selengkapnya akan dijabarkan pada ulasan di bawah ini.

Baca juga:

Risiko Mengganti Nama dan Domain Toko

Ranking SEO di search engine akan hilang

Seperti yang kita ketahui, mesin penelusuran atau search engine (Google) secara terus-menerus akan mengumpulkan data informasi berupa teks, gambar, video hingga domain/URL dari berbagai konten yang tersebar di internet. Nah, apabila kamu mengganti nama toko serta mengganti nama domain/URL. Hal ini akan berdampak pada performa SEO pada toko kamu. Nama serta domain/URL yang lama akan hilang dan sudah tak diperhitungkan lagi oleh mesin penelusuran karena sudah dianggap tidak valid.

Referensi website traffic akan hilang

Apabila kamu mengganti nama toko serta domain/URL ke sebuah domain yang baru. Maka, mesin penelusuran atau search engine (Google) akan menonaktifkan domain/URL lama. Sehingga bila alamat domain/URL toko lama kamu yang telah tersebar melalui website, blog, social media serta platform lainnya juga tidak akan bisa diakses oleh pengguna. Hal ini secara tidak langsung juga tentu akan berdampak pada pembeli yang akan kesulitan menemukan toko kamu melalui referensi yang sebelumnya sudah tersedia.

Link toko lama tidak dapat dibuka

Salah satu cara mudah untuk mengoptimalkan performa SEO dari toko kamu adalah dengan menyebarkan link toko ke berbagai platform dan media sosial di internet. Menyebarkan link toko juga dapat meningkatkan kredibilitas halaman toko di mata mesin penelusuran atau search engine (Google) sehingga ranking toko juga akan naik. 

Akan tetapi bila kamu tetap ingin mengganti domain/URL toko. Tentu saja kamu harus bersiap bila link lama yang sudah kamu sebar sebelumnya tidak dapat terbuka oleh para calon pembeli. 

Tips Jika Harus Benar-Benar Mengubah Nama Toko

  1. Bila kamu tetap ingin mengubah nama dan domain/url Toko namun tidak ingin menurunkan performa SEO yang sudah dibuat. Kamu bisa mengakalinya dengan hanya mengganti nama toko saja. Hindari mengubah atau mengganti domain/URL agar link yang sudah tersebar di internet tetap bisa diakses oleh para pengguna internet dan masih diperhitungkan oleh mesin penelusuran atau search engine (Google).
  2. Seller tidak bisa mengubah nama produk yang telah terjual, akan tetapi bila kamu ingin mengganti konsep atau strategi penjualan dengan mencoba menjual produk-produk baru, disarankan agar kamu mengunggah produk baru dengan nama dan deskripsi yang sesuai. Sedangkan untuk produk lama bisa kamu hapus atau tetap kamu pertahankan agar tetap berada di dalam etalase toko.

Nah, itu dia risiko dan tips yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin mengganti nama dan domain tokomu. Pastikan nantinya tidak akan merugikanmu ya!

Yuk, cari tahu lagi!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

top description

Mulai Berjualan dengan Ikuti Panduan Memulai Usaha di Tokopedia Yuk!

Materi Seller BaruDiperbarui 06 DecBaca 1 menit
top description

[Status Toko] Jangan Sampai Status Toko Kamu Jadi Tidak Aktif

Materi Seller BaruDiperbarui 01 DecBaca 2 menit
top description

[Asuransi] Cegah Rugi dengan Aktifkan Asuransi Pengiriman

Materi Seller BaruDiperbarui 15 NovBaca 2 menit

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual