Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan logistik
  2. Baru! Tukar Produk yang Dikomplain Bisa Dijemput Tokopedia

Baru! Tukar Produk yang Dikomplain Bisa Dijemput Tokopedia

Jika kamu dan Pembeli pilih solusi Tukar Barang untuk penyelesaian komplain di Pusat Resolusi, produknya bisa Dijemput Tokopedia secara GRATIS!

Diperbarui 24 Nov • Baca 2 menit

Hai Seller, di Pusat Resolusi telah hadir fitur baru yaitu Dijemput Tokopedia, yaitu fitur penjemputan barang retur dengan proses pick up ke alamat Pembeli dan Seller sesuai kesepakatan pada Pusat Resolusi.

Jika sebelumnya Pembeli dan Seller melakukan proses pengembalian barang returnya secara manual, sekarang bisa lebih mudah kan?

Fitur ini bisa digunakan oleh semua Seller lokasinya terjangkau. Akses di aplikasi Tokopedia Seller dan hanya akan muncul apabila lokasimu terjangkau oleh kurir Tokopedia.

Siapa yang bisa menggunakan fitur Dijemput Tokopedia?

Pembeli yang bertransaksi di Tokopedia menggunakan asuransi pengiriman Tokopedia dapat memanfaatkan fitur ini saat mengajukan komplain di Pusat Resolusi.

Dari sisi Seller, fitur ini bisa digunakan via aplikasi Tokopedia Seller. Pilihan Dijemput Tokopedia akan muncul jika wilayahmu dan wilayah Pembeli memenuhi kriteria pick up yang terjangkau oleh kurir Dijemput Tokopedia. Seller bisa mengecek apakah lokasimu masuk dalam cakupan atau tidak hanya pada saat menerima komplain.

Keuntungan menggunakan Dijemput Tokopedia bagi Seller

1. Proses retur/tukar barang jadi lebih gampang

Fitur Dijemput Tokopedia mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan komplain terkait barang tidak sesuai/tidak dalam kondisi prima saat sampai di tangan pembeli. Setelah menyepakati opsi Tukar Barang, Seller bisa langsung request pick up agar produk pengganti segera Dijemput Tokopedia

2. Seller tidak perlu bayar ongkos kirim untuk retur

Jika sebelumnya proses retur dilakukan secara manual, kini Seller tidak perlu lagi membayar/klaim ongkos kirim untuk produk pengganti karena proses dilakukan langsung di Tokopedia

3. Menjamin kepuasan pembeli

Adanya opsi Dijemput Tokopedia akan mendorong pembeli untuk menyelesaikan komplain dengan cara Tukar Barang (karena tidak perlu membayar ongkir dan tetap mendapatkan produk yang dipesan), yang akan membuat Seller tetap menerima dana hasil penjualan.

Cara menukar barang agar Dijemput Tokopedia

Untuk bisa menggunakan fitur Dijemput Tokopedia atau penukaran barang dengan Kurir Tokopedia, kamu harus menanggapi komplain pembeli terlebih dahulu. Berikut langkah mudahnya.

article

article

article

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara supaya dijemput oleh kurir Tokopedia ketika proses pengembalian dan penukaran barang? Mulai sekarang, jangan lagi kirim produk manual ya Seller, nanti rugi di ongkos kirim. Tapi perlu diingat, sebelum mengirim barang, pastikan semua barang sesuai dengan permintaan pembeli dan kualitasnya bagus agar produkmu gak dikomplain pembeli.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Spesial 9-12 dan 20-31 Desember! Minimal Belanja Rp10Ribu Bisa Bebas Ongkir

Pengaturan logistikDiperbarui 06 DecBaca 1 menit
top description

Cara Mengirim Produk Kategori Berbahaya Agar Aman Sampai Tujuan

Pengaturan logistikDiperbarui 06 DecBaca 1 menit
top description

Makin Untung dengan Skema Bebas Ongkir Terbaru!

Pengaturan logistikDiperbarui 02 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual