Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. TokoCabang
  2. Baru! Kini Request Penarikan Barang Jadi Lebih Mudah di TokoCabang

Baru! Kini Request Penarikan Barang Jadi Lebih Mudah di TokoCabang

Buat Surat Penarikan Barang atau Withdrawal Shipment Notice (WSN) di TokoCabang kini nggak perlu manual lagi!

Diperbarui 07 Apr • Baca 3 menit

Hai Seller TokoCabang, pernah nggak saat kamu ingin melakukan penarikan barang atau Withdrawal Shipment Notice (WSN) dari gudang TokoCabang, tapi ribet karena harus request manual? Nggak perlu khawatir, untuk membuat pengalaman lebih mengesankan dalam melakukan bisnis bersama TokoCabang, Tokopedia telah memperbarui halaman TokoCabang-mu agar kamu bisa lebih mudah lagi dalam melakukan penarikan barang atau Withdrawal Shipment Notice (WSN) di halaman TokoCabang lho.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Dilayani TokoCabang, Jadi Favorit, Digratisin Bebas Ongkir

Cara Buat Surat Penarikan atau Withdrawal Shipment Notice (WSN)

Kamu bisa membuat surat penarikan barang di halaman Tokopedia Seller melalui desktop. Simak langkah mudahnya di bawah ini.

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller lalu klik ‘Surat Jalan’

article

2. Klik Tab ‘Tarik dari TokoCabang’, pada bagian Daftar Surat Jalan, pilih ‘Buat Surat Penarikan’

article

3. Jika kamu sedang mengecek sudah banyak produkmu yang usianya hampir mencapai 60 hari, kamu juga bisa membuat Surat Penarikan lewat Tab ‘Usia Produk’ di menu ‘Wawasan TokoCabang’. Pilih titik tiga, kemudian pilih ‘Buat WSN’.

article

4. Kamu akan diarahkan ke halaman ‘Buat Surat Penarikan’. Isi beberapa data di bawah ini:

a. Pilih Produk yang akan ditarik dari TokoCabang. Kamu bisa memilih tarik sebagian atau lebih dari satu barang. Untuk setiap produk, kamu juga bisa pilih untuk tarik semua atau tarik sebagian. Jika tarik sebagian, tentukan juga jumlah stok produk yang akan ditarik di masing-masing gudang cabang. Jika sudah, klik ‘Selanjutnya’.

article

b. Pilih Metode Penarikan, kamu bisa memilih untuk mengambil barang sendiri atau menggunakan kurir pribadi. Pilih juga waktu penarikan barang ya. Setelah itu klik ‘Ajukan Penarikan’.

article

c. Pengajuanmu selesai deh! Silakan tunggu hingga pengajuan penarikan barangmu disetujui. Masa persetujuan memakan waktu hingga 3 hari kerja.

article

Nah mudah kan Seller? Setelah pengajuan surat WSN selesai, tunggu status penarikan hingga disetujui. Kamu juga bisa mulai menyiapkan keperluan pick up barang seperti di bawah ini.

3 hal yang harus disiapkan saat menarik barang dari TokoCabang

article

Temukan cara klaim melalui Syarat dan Ketentuan Penarikan Barang TokoCabang di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Penarikan Barang TokoCabang

  1. Jika jumlah penarikan barang lebih dari 50 jenis produk (SKU) atau lebih dari 5,000 produk, Seller diharapkan bisa berkoordinasi dengan Tim TokoCabang dan Fulfillment Partner terlebih dahulu
  2. Untuk proses penarikan barang di kota yang sama, proses penarikan barang membutuhkan waktu 3 hari kerja sejak Surat Penarikan disetujui.
  3. Untuk proses penarikan barang di kota yang berbeda, proses penarikan barang menyesuaikan jadwal pengiriman dan waktu pengiriman di setiap kota.
  4. Penarikan barang dari luar kota dilakukan setiap hari Rabu sesuai dengan kesiapan barang dan kurir pengiriman. Jika hari tersebut libur, maka akan dikirim di hari kerja berikutnya.
  5. Jika estimasi waktu siap pick up merupakan hari libur/tanggal merah, maka barang dapat di pick up di hari kerja berikutnya.
  6. Seller diharapkan bisa melakukan pengecekan produk di gudang cabang agar Seller dapat memastikan kondisi dan jumlah barang sesuai dengan Surat Penarikan.
  7. Jika Seller tidak bisa melakukan pengecekan di gudang cabang, Seller dapat melakukan pengecekan produk di lokasi Seller dengan ketentuan jika terdapat kerusakan/kehilangan barang yang terindikasi disebabkan oleh tim gudang TokoCabang, maka Seller dapat mengajukan klaim maksimal 2 hari kerja sejak barang diambil Seller di gudang cabang.
  8. Dokumen yang harus dilengkapi adalah dengan mengisi form klaim (mengisi harga COGS), menunjukan bukti foto saat truk selesai dimuat di gudang Fulfillment Partner, saat truk baru dibuka di gudang Seller, foto box barang serta foto barang yang rusak dan kemudian semua bukti tersebut dikirimkan kepada Tim TokoCabang di Group Whatsapp.
  9. Jika form klaim sudah lengkap, tim TokoCabang akan meneruskan pengajuan klaim dalam waktu 14 hari kalender hingga klaim dibayarkan.

Nah, menarik kan Seller? Kini kamu nggak perlu lagi request secara manual dengan Excel deh. Yuk cek sekarang!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

5 Hal yang Bisa Seller Lakukan dengan Fitur Baru Lacak Surat Jalan TokoCabang

TokoCabangDiperbarui 02 DecBaca 1 menit
top description

Kembangkan bisnis dengan TokoCabang Jadi favorit, digratisin Bebas Ongkir

TokoCabangDiperbarui 04 AugBaca 2 menit
top description

Baru! Kini Request Penarikan Barang Jadi Lebih Mudah di TokoCabang

TokoCabangDiperbarui 07 AprBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual