Regulasi IMEI per 18 April 2020, Pastikan Tokomu Sesuai dengan Regulasi Tersebut

Hai Seller, mulai 18 April 2020, pemerintah berencana memberlakukan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Pengaturan Pengendalian Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung dalam Jaringan Seluler Melalui Identifikasi IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Melalui kebijakan ini, pemerintah bertujuan untuk memberantas ponsel ilegal atau black market yang beredar di pasaran. Pemilik handphone dan tablet wajib mendaftarkan IMEI perangkat gadget tersebut, melalui sistem aplikasi yang telah disiapkan pemerintah, agar dapat mengakses sinyal di Indonesia.

Bagi semua handphone dan tablet dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar secara resmi terhitung sejak 18 April 2020, maka pemerintah akan menghentikan akses ke jaringan seluler sejak awal aktivasi perangkat. Dengan demikian, hanya ponsel dengan IMEI terdaftar saja yang dapat tersambung dalam jaringan seluler. Menanggapi kebijakan tersebut, Tokopedia mengajak seluruh Seller dari kategori Handphone & Tablet Tokopedia untuk mengecek nomor IMEI yang ada di inventory toko agar transaksi di toko tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ketahui Selengkapnya Tentang Program Proteksi Produk

Berikut Informasi Penting dari Tokopedia:

  1. Seller harus memastikan bahwa barang yang dijualnya merupakan barang yang sudah lolos pengecekan IMEI agar tidak ada kendala pada transaksi pembeli. 
  2. Seller juga diimbau untuk memberikan  informasi yang jelas pada produk seperti kondisi dan spesifikasi produk pada Deskripsi Produk.
  3. Jika Pembeli mengajukan komplain karena kendala IMEI, Penjual diharapkan untuk membantu mengarahkan Pembeli ke Pusat Resolusi. Tokopedia akan membantu proses retur/refund sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Situs Tokopedia. Lihat selengkapnya di sini!

Cara Pengecekan Nomor IMEI

Kunjungi imei.kemenperin.go.id dan masukkan nomor IMEI pada kolom berikut.

Jadi, untuk Seller kategori Handphone & Tablet, dengan mengikuti regulasi dari pemerintah kamu bisa berjualan dengan nyaman tanpa kendala. 

CEK SEKARANG!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller