Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Regular Merchant
  2. Skema dan Keuntungan Baru untuk Regular Merchant

Skema dan Keuntungan Baru untuk Regular Merchant

Mulai 14 Juni 2021, Regular Merchant dapat menikmati bebas biaya layanan untuk 100 transaksi pertama, setelahnya biaya layanan hanya 0,5% per produk terjual.

Diperbarui 28 Jun • Baca 2 menit

Hi Seller, terima kasih telah memilih Tokopedia untuk mewujudkan mimpimu. Tahukah kamu, Tokopedia telah menjangkau 98% kecamatan di Indonesia, dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya? Ini adalah kesempatanmu untuk menjangkau calon pembeli dari seluruh Indonesia.

Setiap Seller yang baru memulai bisnis di Tokopedia otomatis memiliki keanggotaan Regular Merchant. Sebagai komitmen Tokopedia dalam membantu UMKM mengembangkan bisnis online, mulai 14 Juni 2021, Regular Merchant dapat berjualan dengan bebas biaya layanan hingga 100 transaksi pertama dan menikmati tambahan keuntungan yang akan bikin pembeli makin tertarik belanja di tokomu, salah satunya dengan menyediakan Bebas Ongkir, promo favorit pembeli.

Simak selengkapnya di bawah ini.

Keuntungan baru Regular Merchant mulai 14 Juni 2021

Regular Merchant kini bisa menikmati keuntungan yang akan bikin pembeli makin tertarik belanja di tokomu, seperti:

  • Bisa kasih pembeli Bebas Ongkir
    Tahukah kamu bahwa Bebas Ongkir adalah promo favorit pembeli? Berdasarkan data Tokopedia per April 2020, penjualan di toko dengan Bebas Ongkir terbukti meningkat hingga 50% dibandingkan dengan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir.
    Nah, Mulai 14 Juni 2021, Regular Merchant juga bisa mengaktifkan Bebas Ongkir dengan biaya layanan sebesar 3% (maksimal Rp10.000) per produk terjual dengan Bebas Ongkir.
  • Bebas biaya layanan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online untuk pembeli
    Sebelumnya, pembeli yang berbelanja dengan pembayaran kartu kredit non cicilan dan kartu debit online akan dikenakan biaya layanan 1.5%. Namun, mulai 14 Juni 2021, pembeli yang berbelanja dengan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online tidak perlu lagi membayar biaya layanan.

Keuntungan berjualan yang bisa terus kamu nikmati

Nikmati juga keuntungan lainnya dari Regular Merchant seperti di bawah ini.

1. Banyak metode pembayaran

Temukan berbagai pilihan pembayaran untuk aktivitas transaksimu.

2. Kemudahan mengatur toko

Cek pesanan, tambah produk, atur stok, semua serba mudah dan cepat.

3. Keamanan terjamin

Pilihan terpercaya untuk bertransaksi dengan lebih aman dan nyaman.

4. Akses fitur-fitur Tokopedia

Regular Merchant dapat memanfaatkan Dekorasi Toko untuk membuat tampilan toko lebih menarik, serta Voucher Toko untuk membuat promo sendiri agar calon pembeli semakin tertarik bertransaksi.

Semua keuntungan di atas dapat dinikmati dengan bebas biaya layanan hingga 100 transaksi pertama. Setelahnya, biaya layanan dikenakan hanya 0,5% per produk terjual.

Sebagai Seller Tokopedia, kamu juga bisa meningkatkan penjualan & kepercayaan pembeli dengan upgrade toko ke Power Merchant.

Pendapatan toko meningkat lebih dari 50% setelah jadi Power Merchant

article

Jadi toko terpercaya dengan fitur-fitur khusus Power Merchant

Jika upgrade ke Power Merchant, tokomu bisa mendapatkan akses ke berbagai fitur berikut.

article

Syarat mudah jadi Power Merchant

Untuk menjadi Power Merchant, kamu hanya perlu dua syarat berikut:

1. Miliki skor Performa Toko minimum 60

Skor Performa Toko adalah penilaian berdasarkan kualitas pelayananmu kepada pembeli. Tingkatkan Skor Performa Tokomu minimum 60 untuk bisa upgrade ke Power Merchant. Baca selengkapnya mengenai Skor Performa Toko di sini.

2. Verifikasi toko dengan cara upload KTP dan foto diri dengan KTP

Lakukan verifikasi toko dengan cara upload KTP dan foto diri dengan KTP. Verifikasi toko hanya bisa dilakukan melalui aplikasi pada Android dan iOS, ya. Pastikan kamu menyiapkan KTP asli, bukan berbentuk scan atau fotokopi.

Yuk upgrade tokomu jadi Power Merchant untuk tingkatkan penjualan & kepercayaan pembeli!

Hal yang sering ditanyakan

1. Bagaimana perhitungan 100 pesanan selesai dilakukan?

Perhitungan 100 pesanan selesai bebas biaya layanan dilakukan apabila ada pesanan yang mencapai status selesai setelah 14 Juni 2021 00.00 WIB, terlepas dari waktu checkout atau verifikasi pesanan.

Contoh:

Pembeli A dan B melakukan checkout pesanan pada tanggal 10 Juni 2021, 17.00 WIB. Pembeli A menggunakan kurir instan, dan pesanan terselesaikan pada tanggal 13 Juni 2021, 18.00 WIB. Pembeli B menggunakan kurir reguler, dan pesanan terselesaikan pada tanggal 15 Juni 2021, 21.00 WIB. Hanya pesanan dari pembeli B yang akan terhitung dalam kuota 100 Pesanan Selesai.

2. Apa yang terjadi ketika toko saya sudah mendekati 100 Pesanan Selesai?

Pemotongan biaya layanan akan dilakukan saat status toko sudah memenuhi 100 Pesanan Selesai atau lebih. Sistem akan menggunakan tarikan data saat pesanan terverifikasi.

Contoh:

Seller memiliki 99 transaksi selesai per 15 Juni 2021, pukul 11.00. Pada pukul 11.05, pembeli A dan B melakukan checkout transaksi baru, dan pembeli C melakukan checkout pada pukul 18.00. Pukul 17.00, pesanan ke-100 terselesaikan. Pesanan dari pembeli A dan B tidak dikenakan biaya, karena jumlah pesanan selesai pada saat terverifikasi belum mencapai 100. Pesanan dari pembeli C akan dikenakan biaya, karena checkout terjadi setelah kuota 100 Pesanan Selesai terpenuhi. Biaya layanan akan dikenakan pada waktu status

3. Kapan pemotongan biaya layanan Regular Merchant dilakukan?

Pemotongan biaya layanan akan dilakukan setelah status transaksi berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’ setelah pesanan mencapai 100 transaksi mulai 14 Juni 2021 pukul 00.00 WIB. Seller tidak perlu melakukan apapun, karena sistem akan otomatis memotong saldo Seller ketika status pesanan berubah menjadi ‘Pesanan Selesai’.

4. Apakah biaya layanan Regular Merchant sudah termasuk pajak?

Biaya layanan Regular Merchant sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dan akan dibayarkan kepada Tokopedia tanpa ada pengurangan. Pajak Penghasilan (PPh) sehubungan dengan skema keanggotaan penjual ini akan ditanggung, dilaporkan, dan diurus sendiri oleh Seller berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

5. Apakah saya bisa menjadi Power Merchant?

Bisa, Seller dapat upgrade toko menjadi Power Merchant dan menikmati keuntungan dari Power Merchant. Upgrade tokomu di sini.

6. Bagaimana program Power Merchant membantu saya meningkatkan penjualan?

Berbisnis dan berjualan memang memiliki banyak tantangan. Seller harus memperhatikan pergerakan pasar dan kompetitor, kualitas produk yang dijual, pelayanan kepada pembeli, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi Power Merchant mengelola toko akan semakin mudah dengan berbagai fitur eksklusif untuk menjangkau banyak calon pembeli. Power Merchant akan mendapat badge Power Merchant yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Terbukti, Power Merchant lebih sering dikunjungi hingga 4,3 kali lipat, menerima pesanan lebih banyak hingga 5 kali lipat, dan meningkatkan penjualan hingga 5,5 kali lipat berdasarkan data Tokopedia tahun 2021.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Skema dan Keuntungan Baru untuk Regular Merchant

Regular MerchantDiperbarui 28 JunBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual