Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Kepuasan pembeli
  2. Pusat Resolusi, Cara Tepat Menyelesaikan Kendala dengan Pembeli

Pusat Resolusi, Cara Tepat Menyelesaikan Kendala dengan Pembeli

Bagaimana cara paling tepat merespon komplain dari pembeli di Pusat Resolusi? Temukan jawabannya di sini

Diperbarui 22 Sep • Baca 2 menit

Punya kendala dengan pembeli dan merasa butuh bantuan pihak ketiga? Jangan ragu untuk menghubungi Pusat Resolusi Tokopedia, sarana untuk menyelesaikan berbagai kendala antara pembeli dan penjual. Mulai dari produk yang rusak, tidak sesuai, hingga kendala logistik, Tokopedia akan membantu menengahi dengan harapan dapat memberikan win win solution.

Atasi kendalamu dengan pembeli di Pusat Resolusi

Kamu dapat berdiskusi dengan pembeli terkait kendala yang terjadi. Kamu diperbolehkan memberikan penjelasan, mengirim bukti-bukti nyata yang bisa memperkuat argumen, lalu menyetujui solusi ataupun menawarkan solusi baru atas kendala tersebut.

article

Jika kamu setuju dengan solusi yang ditawarkan pembeli, kamu bisa klik ‘Terima solusi’. Jika tidak setuju, kamu bisa menawarkan solusi lain atau ‘Ajukan Banding’. Jika kedua belah pihak tidak juga mencapai kesepakatan, kamu nggak perlu khawatir, kamu bisa klik ‘Bantuan’ untuk meminta tim Tokopedia membantu menyelesaikannya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini ya.

Bagaimana cara merespon komplain pembeli?

Berikut beberapa video yang menjelaskan cara merespon komplain pembeli berdasarkan jenis komplain. Simak dan langsung terapkan di tokomu apabila mengalami hal serupa ya.

1. Produk belum diterima

Perlu untuk memantau seluruh pesanan hingga sampai ke tangan pembeli dengan baik. Apabila terjadi kendala pengiriman dan pembeli mengajukan komplain, jangan khawatir ya, kamu bisa melakukan langkah di video ini.

2. Produk yang dikirim kurang dari pembelian

Jangan panik apabila pembeli mengajukan komplain apabila produk yang kamu kirimkan kurang. Kamu bisa melakukan langkah berikut agar kendala kamu dan pembeli bisa terselesaikan dengan baik.

3. Produk rusak atau tidak sesuai

Penyebab kerusakan produk bisa datang darimana saja, misalnya pengiriman, kelalaian pegawai, atau bawaan dari pabriknya. Kamu tidak perlu terbawa emosi apabila pembeli mengajukan komplain untuk hal ini ya. Selesaikan masalahmu dengan pembeli dengan cara di bawah ini.

4. Selisih Ongkos Kirim

Selisih ongkos kirim bisa terjadi apabila kamu mengganti layanan pengiriman yang berbeda dari apa yang dipilih oleh pembeli. Apabila pembeli mengajukan komplain terkait hal ini, selesaikan kendalamu dengan cara di video ini ya.

Walaupun percakapan di Pusat Resolusi hanya bisa dimulai dari pembeli, kalau pembeli tiba-tiba menghilang begitu saja dan tidak melanjutkan percakapan selama lebih dari 3 hari, kamu tetap bisa klik tombol bantuan untuk meminta Tokopedia menangani kendala yang belum selesai ini, lho.

Baca juga: Cara Mengakses Pusat Resolusi

Oleh karena itu, ketika ada komplain dari pembeli terhadap produkmu, jangan ragu untuk mengarahkan pembeli ke Pusat Resolusi ya! Tim Tokopedia Care akan selalu siap sedia membantumu. Yuk selesaikan kendala antara kamu dan pembeli dengan bijak di Pusat Resolusi.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Seller Wajib Tahu: Kenali 2 Jenis Penalti Pusat Resolusi Terbaru

Kepuasan pembeliDiperbarui 05 OctBaca 3 menit
top description

Perhatikan Perhitungan Poin Penalti Terbaru Ini! Biar Skor Performa Toko Terus Meroket

Kepuasan pembeliDiperbarui 05 OctBaca 2 menit
top description

Pusat Resolusi, Cara Tepat Menyelesaikan Kendala dengan Pembeli

Kepuasan pembeliDiperbarui 22 SepBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual