Tokopedia

Topik

  1. Pemasaran dan Promosi
  2. Tips Tampil Meyakinkan dan Memukau Saat Live Streaming

Tips Tampil Meyakinkan dan Memukau Saat Live Streaming

Panduan public speaking untuk live streaming Hai Seller, dalam …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Panduan public speaking untuk live streaming

Hai Seller, dalam melakukan Live Streaming, kamu tidak cukup hanya mempersiapkan peralatannya saja, tapi perlu memperhatikan gerak tubuh dan cara berbicara agar penonton betah menyaksikan Live Streaming-mu dari awal hingga akhir. Apalagi, tujuan Live Streaming-mu adalah untuk mengenalkan produkmu, maka meyakinkan calon pembeli dengan cara bicaramu saat live berlangsung sangatlah penting. Simak beberapa tips di bawah ini agar kamu bisa tampil meyakinkan saat saat Live Streaming, ya.

Baca juga: Tips Mudah Live Streaming untuk Pemula

Tips tampil live streaming dengan memukau

1. Perkenalkan diri dengan hangat

Saat live dimulai, jangan terburu-buru mengenalkan produkmu. Sapalah mereka dengan hangat dan ceria di 1 sampai 3 menit awal. Kamu bisa menanyakan daerah asal mereka untuk memantik interaksi di video Live Streaming milikmu. Selanjutnya, perkenalkan diri dan beri tahu penontonmu apa yang akan mereka peroleh dari menonton live tersebut, karena calon pembeli perlu menentukan apakah mereka akan menonton atau tidak berdasarkan menit-menit awal.

2. Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti pembelimu

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah gaya bahasa yang kamu gunakan. Gaya bahasa dapat kamu sesuaikan dengan target penontonmu. Jika target penontonmu anak muda, maka berbicaralah yang santai, jika target penontonmu ibu-ibu, maka pembawaanmu harus tenang dan lembut. Bukan hanya itu saja, berikut ini beberapa poin penting dalam menggunakan gaya bahasa.

  • Buatlah sapaan khusus untuk penontonmu seperti “teman kekinian”, “girls”,  “sobat keren”, atau lainnya.
  • Gunakan intonasi dan pelafalan yang jelas agar mudah dimengerti oleh penontonmu
  • Kamu harus responsif dan interaktif dengan cara respon langsung reaksi dari penonton yang masuk pada kolom komentar agar terjadi interaksi 2 arah
  • Berbicara secara berpengetahuan tentang topik yang kamu bahas 
  • Jangan mengulangi satu kata secara terus menerus.

3. Perhatikan bahasa tubuh

Jika melihat content creator atau presenter di televisi, mereka terlihat rileks dan tidak grogi saat berbicara. Itulah sebabnya kamu sebagai penonton merasa nyaman dan fokus pada apa yang mereka sampaikan. Berikut beberapa bahasa tubuh yang perlu kamu perhatikan saat Live Streaming berlangsung.

  • Pembawaan yang santai atau rileks akan membuat penontonmu nyaman.
  • Pastikan postur tubuhmu tegap namun tidak kaku 
  • Pastikan kamu memberikan kesan terbuka dan hangat dengan membuka tangan atau menaruh tangan di samping badan ketika berbicara
  • Kamu bisa menambahkan penekanan pada kalimat yang ingin kamu highlight dengan gestur tangan mu
  • Pertahankan eye contact ke kamera. Jangan lupa berkedip dan menoleh ke arah lain sesekali agar tidak terkesan mengintimidasi.

4. Perhatikan pakaian yang kamu kenakan

Salah satu hal yang membuat kamu percaya diri adalah pakaian yang kamu kenakan. Gunakan pakaian yang kamu sukai dan nyaman agar kamu merasa leluasa bergerak dan berekspresi. Selain itu, ada beberapa hal penting juga yang perlu kamu perhatikan.

  • Gunakan warna yang solid dan hindari menggunakan baju bermotif pola di depan kamera karena akan mengalihkan perhatian penonton 
  • Gunakan warna yang kontras dengan background agar kamu terlihat lebih mencolok di depan kamera
  • Gunakan baju berkerah agar kamu terlihat profesional tanpa terlihat berlebihan
  • Gunakan baju yang nyaman untukmu dan pastikan tidak tembus pandang

5. Selipkan sedikit humor untuk mencairkan suasana

Humor yang sesuai dan dapat diterima oleh penonton akan membuat hubunganmu dengan mereka semakin terjalin kuat. Sebuah humor juga dapat mengubah cara pandang penonton yang awalnya membosankan menjadi menyenangkan. Humor yang kamu selipkan tidak perlu sulit dan berulang, cukup sekali di sela-sela penjelasanmu sudah sangat membantumu menahan penonton untuk tidak meninggalkan Live Streaming.

6. Rutin berlatih di depan cermin

Jika kamu baru pertama kali melakukan Live Streaming, tentu tidak mudah untuk terlihat seperti profesional. Latihan secara rutin dan konsisten akan membuat kamu terbiasa dan rileks berbicara di depan kamera. Berlatihlah mengenalkan produkmu di depan cermin setiap pagi, tuliskan topik, tujuan umum, tujuan spesifik, dan poin utama. Setelah itu, berlatihlah di depan cermin. Perhatikan apa yang menurutmu kurang sehingga bisa diperbaiki di hari berikutnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tampil meyakinkan dan memukau saat Live Streaming. Selamat mencoba ya Seller!

Baca juga: Promosiin Produkmu Lewat Live Streaming di Tokopedia Play

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Tips Memanfaatkan Fitur Cashback TopPoints

Pemasaran dan PromosiDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

Tips Menjaga Angka Penjualan Saat Musim Liburan

Pemasaran dan PromosiDiperbarui 08 DecBaca 2 menit
top description

6 Tips Promosi Low-Budget untuk Toko Online

Pemasaran dan PromosiDiperbarui 08 DecBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan